Seputar Blora

Diduga Fosil Banteng, Diselamatkan dari Bantaran Sungai Kapuan Kecamatan Cepu


Forum Peduli Sejarah Budaya Blora (FPSBB) melakukan penyelamatan fosil yang diduga banteng di tepian sungai Kapuan, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, atau tepatnya di Kedung Wedus di bantaran sungai Kapuan.

Penyelamatan dilakukan karena dikawatirkan tergerus air karena memasuki musim penghujan, sehingga perlu diselamatkan.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora Slamet Pamuji, SH. M.Hum melalui Kepala Bidang Kebudayaan Budi Riyanto, S.Pd., MA., dan Kepala Seksi Kesejarahan dan Purbakala Bidang Kebudayaan Dinporabudpar Eka Wahyu Hidayat, S.Pd membenarkan adanya penyelamatan fosil yang diduga fosil banteng.

Penyelamatan itu dilakukan setelah beberapa hari FPSBB dilibatkan Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran yang mengadakan kegiatan pengumpulan data terkait potensi situs dan sebaran temuan melalui survei dan ekskavasi di Situs Kapuan yang berada di wilayah Kecamatan Cepu, Kab. Blora.

Kegiatan itu dilaksanakan 12 hari mulai 12 Oktober 2021 sampai 21 Oktober 2021 dengan 9 personel dan melibatkan tenaga lokal dari FPSBB.

"Dari riset itu ditemukan beberapa titik fosil yang masih insitu, atau masih berada di lokasi," kata Eka Wahyu Hidayat, Minggu (24/10/2021).

Karena waktunya pendek, BPSMP Sangiran belum sempat menyelamatkan, sehingga FPSBB berkoordinasi dengan Dinporabudpar serta BPSMP Sangiran, dan diijinkan untuk melakukan penyelamatan.

"Identifikasi sementara, jenis fosil diduga adalah banteng. Jadi masih ada scapula yang melekat dengan kaki banteng," ujarnya.

Dugaan itu diperkuat karena tidak jauh dari lokasi tersebut, sekitar 50 meter sebelumnya telah diketemukan fosil kepala banteng yang kini disimpan di Rumah Artefak Blora.

Setelah berhasil diangkat, Sabtu (23/10/2021), temuan fosil itu disimpan di Rumah Artefak Blora. Selanjutnya akan dilakukan ekskavasi dilakukan penelitian lebih intensif.

Diinformasikan sebelumnya, BPSMP Sangiran melakukan kegiatan dipimpin Ketua Tim, Haris Rahmanendra SS.

Ia menjelaskan kegiatan di Situs Kapuan itu merupakan lanjutan dari tahun 2019 pada lokasi yang sama.

Pada 18 Juni 2019 hingga 29 Juni 2019 silam, BPSMP Sangiran telah melakukan kegiatan Kajian Potensi Cagar Budaya di situs tersebut.

Kajian yang dilakukan diharapkan dapat menunjukkan jenis-jenis fauna, pemahaman karakteristik budaya, lapisan tanah Kala Pleistosen di Situs Kapuan, dan persebaran temuan secara lateral maupun vertikal. (Tim Dinkominfo).

    Berita Terbaru

    Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar PGP, Bupati Blora Minta Guru Semakin Kreatif dan Inovatif
    24 April 2024 Jam 00:58:00

    Bupati Blora H. Arief Rohman secara resmi membuka Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar, Program...

    PENGUMUMAN PENGADAAN CALON DEWAN PENGAWAS PERUMDA AIR MINUM TIRTA AMERTA KABUPATEN BLORA
    23 April 2024 Jam 10:55:00

    Perumda Air Minum Tirta Amerta Kabupaten Blora membuka kesempatan bagi ASN untuk mengisi...

    Kolaborasi, BBWS Bengawan Solo dan DPUPR Blora Atasi Longsoran Sungai di Desa Panolan, Gadon dan Kelurahan Ngelo
    22 April 2024 Jam 18:35:00

    Jajaran Bidang Operasi dan Pemeliharaan (OP) Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo...