Berita Terkini

Pemkab Blora dan Pemkot Tangerang Selatan Sepakat Jajaki Kerjasama


Pemerintah Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Rabu (1/12/2021) melaksanakan kunjungan kerja ke Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Banten.

Kunjungan ini dilakukan untuk melakukan penjajakan kerjasama pembangunan SDM, ekonomi dan pelayanan publik.

Hal ini diungkapkan Bupati H. Arief Rohman, S.IP., M.Si., ketika dihubungi, Kamis (2/12/2021), sepulang dari Tangsel.

“Iya, kemarin kita bersama Pak Asisten Pemerintahan dan Kesra, dan beberapa dinas terkait seperti Bappeda, dan Dindukcapil, melakukan kunjungan kerja ke Tangsel dan diterima oleh Wakil Walikota Tangsel, Mas Pilar Saga Ichsan,” ucap Bupati Arief.

Menurut Bupati, disana pihaknya melakukan beberapa diskusi untuk sama-sama mengembangkan potensi daerah baik yang ada di Tangsel maupun di Blora agar bisa dikerjasamakan.

“Kita tahu Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Tangsel sangat tinggi dengan skore 81,36, tertinggi di Provinsi Banten. Kemudian pelayanan administrasi kependudukannya juga bagus, sehingga kita belajar kesana,” tambah Bupati.

Yang mana menurut Bupati, IPM ini dipengaruhi besar dari faktor pembangunan ekonomi, kesehatan, dan pendidikan.

“Selanjutnya kita ingin menjalin kerjasama pengembangan produk usaha mikro kecil menengah (UMKM). Tangsel memiliki pangsa pasar dan jaringan perdagangan yang luas karena merupakan kota bisnis penyangga ibukota. Oleh karena itu kita ingin produk-produk UMKM kita bisa ikut dipasarkan kesana,” lanjut Bupati.

Pihaknya juga menyatakan ketertarikannya dengan Universitas Pamulang (Unpam) yang ada di Kota Tangsel untuk menjalin kerjasama pembangunan pendidikan.

Karena berdasarkan paparan Wakil Walikota Tangsel, perguruan tinggi ini memiliki banyak mahasiswa dengan biaya perkuliahan terjangkau sampai wisudanya dilaksanakan sebulan sekali.

“Kita juga tertarik akan menjalin kerjasama dengan Unpam, semakin banyak perguruan tinggi yang kerjasama dengan kita maka bisa mendukung terwujudnya program satu desa dua sarjana untuk peningkatan SDM Kabupaten Blora,” ungkap Bupati.

Sementara itu, terpisah, Wakil Walikota Tangsel, Pilar Saga Ichsan, sosok pimpinan muda millennial sekaligus seorang arsitek ini tertarik dengan potensi alam Blora dan pengelolaan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) yang ada di Blora.

“Kami ini tidak punya hutan, tidak punya sawah, apalagi gunung. Laut juga tidak punya. Oleh sebab itu pembangunan SDM di Tangsel menjadi yang utama. Kita berharap dengan Blora nanti bisa menjalin kerjasama pengolahan potensi alamnya, seperti kayu jati, aneka kerajinan, hingga pengelolaan BLUD nya. Kita juga siap terbuka memberikan ilmu pelayanan adminduk. InshaAllah akan kita sampaikan ke Pak Walikota yang juga teman Pak Bupati Blora, agar bisa dilakukan kunjungan balasan ke Blora,” terang Pilar.

Menurut Bupati Arief, acara kemudian dilanjutkan dengan dialog teknis tentang pelayanan BLUD, kesehatan, dan administrasi kependudukan. Kedua pimpinan daerah ini juga melakukan tukar menukar cinderamata berupa plakat. (Tim Dinkominfo/ Prokompim).

    Berita Terbaru

    Kalaksa BPBD Blora : Pos Komando Tanggap Darurat Bencana 2024 Dilaksanakan Lintas Sektoral
    15 April 2024 Jam 13:43:00

    Pemerintah Kabupaten Blora mendirikan pos komando tanggap darurat bencana banjir, tanah longsor...

    Jelang Lebaran Ketupat 2024, Penjual Janur Kelapa Bermunculan di Pasar Tradisional
    12 April 2024 Jam 12:24:00

    Penjual janur kelapa mulai bermunculan di pasar tradisional Blora, Jawa Tengah menjelang Lebaran...

    Aman dan Lancar, Pengamanan Idulftri 1445 H dan Arus Mudik Polres Blora Diapresiasi Bupati
    11 April 2024 Jam 09:49:00

    Bupati Blora Dr. (Chand) H. Arief Rohman, SIP, M. Si menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan...