Seputar Blora

Putra Almarhum Bupati Blora Dukung Sesarengan Mbangun Blora


Ziarah dan tabur bunga di makam almarhum Bupati Blora yang dilakukan Pemkab Blora di Yogyakarta dan Surakarta disambut dengan suka cita dan kekeluargaan oleh putra-putri serta keluarga almarhum Bupati Blora, Kolonel Inf. Purn. Soepadhi Joedodarmo dan Kolonel Inf. Purn. Srinardi, Kamis (2/12/2021).

Kegiatan itu dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-272 Kabupaten Blora.
Kedua keluarga itu mengenang masa-masa ketika orang tuanya bertugas sebagai pucuk pimpinan Kabupaten Blora.

Tidak hanya itu, masa remaja hingga sekolah, persahabatan dan sebagian kehidupan yang dijalani di Blora, membuatnya sulit melupakan Blora meski sudah memasuki usia paruh baya.

Herlambang, salah satu putra almarhum Bupati Soepadhi Joedodarmo mengungkapkan, secara pribadi sangat mengesankan, apalagi banyak saudara-saudara dari Blora yang hadir di makam mendiang bapaknya di Yogyakarta.

"Mengapa saya katakan, saya sangat terkesan, karena usia 272 tahun, saya membaca sejarahnya, Blora itu 272 tahun yang lalu tepatnya 1749. Nah, 11 Desember-nya itu sama dengan tanggal lahir bapak saya," ucapnya, di Yogyakarta.

Kemudian, tambahnya, Blora saat itu di bawah Kasultanan Yogyakarta.

"Sekarang ini, kita ada di Yogya, itu yang paling mengesankan dari saya. Ya, sebuah kebetulan yang sangat menarik untuk saya pribadi," kenangnya.

Herlambang menyebut, secara pribadi tidak bisa lepas dari Blora.

"Punya sahabat di sana. Beberapa hari lalu, saya dan kakak saya bertemu dengan teman SD dari Blora. Sebelumnya lagi teman SD saya, sekarang jadi sutradara juga ada di Yogya. Kami masih sangat dekat, betapa mengesankan kehidupan kami dulu di Blora, dengan segala keterbatasannya saat itu, tahun 1973 sampai 1977 saya ada di Blora," ungkapnya.

Menyimak tagline Sesarengan Mbangun Blora, Herlambang mengapresiasi dan mendukung serta mendoakan pimpinan, pejabat serta warga masyarakat Blora semua agar selalu bersinergi bersama membangun Blora, diberikan kesehatan serta keberkahan untuk memajukan Blora.

"Kita bersama-sama untuk Sesarengan Mbangun Blora," ucapnya.

Sementara itu prosesi ziarah berlangsung khidmat di pusara Soepadhi Joedodarmo dengan dipimpin Kepala Kemenag Blora HM Kafit, S.Ag., M.Pd., yang diikuti oleh rombongan dari Blora.
Di antaranya, Plt Asisten Administrasi Setda Blora Drs. Sugiyanto, M.Si, Asisten Ekonomi Pembangunan Hariyanto, S.IP., M.Si., Kepala Kesbangpol Blora Wahyu Jatmiko, SSTP dan Kabag Kesra Setda Blora A. Mahbub Djunaidi,S.Pd., M.Si.

Untuk diketahui, almarhum Bupati Soepadhi Joedodarmo menjabat Bupati Blora tahun 1973 -1979. Dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusumanegara Yogyakarta.

Setelah berpamitan, rombongan ziarah dari Blora meluncur, menuju ke TMP Kusuma Bhakti Kecamatan Jebres, Kota Surakarta untuk melaksanakan kegiatan yang sama di makam almarhum bupati Kol. Inf. Purn. Srinardi, yang menjabat Bupati Blora tahun 1966-1973.

Setiba kompleks TMP Kusuma Bhakti, kedatangan rombongan dari Blora diterima oleh Sri Danudjo (Nunung), putra almarhum Bupati Blora Srinardi.

Selanjutnya, dilaksanakan ziarah, doa dan tabur bunga bersama di pusara almarhum Bupati Blora Srinardi.

Sama seperti di TMP Kusumanegara Yogyakarta, ziarah dan doa bersama di TMP Kusuma Bhakti dipimpin Kepala Kemenag Blora HM Kafit serta diikuti rombongan yang sama pula.

Sementara itu Sri Danudjo (Nunung), putra almarhum Bupati Blora Srinardi, usai prosesi ziarah dan tabur bunga mengungkapkan, mengulang kembali perjuangan Srinardi ketika menjadi Bupati Blora, pertama yang ditangani yaitu pembangunan jalan.

"Kemudian membangun jalan-jalan tembus. Nglangitan dulu tidak ada jalan. Sehingga semangat untuk membuka isolasi daerah ini, bisa memberikan semangat kepada Pak Bupati dan jajarannya sekarang, sehingga Blora semakin maju, semakin moncer," jelasnya.

Dikatakannya, dayany harus tinggi, karena Blora itu luas sekali, wilayahnya luas, desanya banyak.

"Perlu kerja keras, semangat Sesarengan Mbangun Blora," ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kabag Kesra Setda Blora A. Mahbub Djunaidi,S.Pd., M.Si., mengatakan, apa yang telah dilakukan almarhum Bupati Srinardi untuk Blora sangat luar biasa.

"Terimakasih kepada Pak Nunung dan keluarga. Jasa ayahanda luar biasa. Pak Bupati Blora titip salam untuk keluarga. Kita doakan semoga keluarga diberikan kemudahan apa yang diselesaikan. Mohon doa restu Pak Bupati dalam mengawal pembangunan Blora, berdaya unggul dan berdaya saing," kata A. Mahbub Djunaidi.

Diinformasikan sebelumnya, dengan mengusung tema "Bangkit Berjuang Sesarengan Mbangun Blora" rangkaian kegiatan peringatan Hari Jadi ke-272 Kabupaten Blora tanggal 11 Desember 2021 dilaksanakan.

Setelah diawali acara pembuka dengan pertunjukan wayang kulit secara virtual
yang dihelat Dinas Kominfo Blora di balai desa Jipang, Kecamatan Cepu Minggu (28/11/2021), kemudian dilanjutkan rangkaian kegiatan kedua yakni ziarah dan tabur bunga ke makam Bupati Blora terdahulu di luar kabupaten setempat.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Blora, A. Mahbub Djunaidi,S.Pd., M.Si mengemukakan kegiatan ziarah dan tabur bunga ke makam Bupati Blora yang berada di luar kabupaten Blora telah disepakati Sekretaris Daerah Kabupaten Blora Komang Gede Irawadi, SE, M.Si selaku ketua panitia peringatan Hari Jadi Kabupaten Blora ke-272.

“Kegiatan ziarah dan tabur telah disepakati Sekretaris Daerah Kabupaten Blora selaku ketua panitia peringatan Hari Jadi ke-272 Kabupaten Blora. Koordinatornya dari Bagian Kesra. Seperti tahun sebelumnya, kita gelar ziarah dan doa serta tabur bunga bersama di masing-masing makam," jelasnya di Blora, Rabu (1/12/2021).

Menurutnya, ziarah dan tabur bunga telah menjadi agenda rutin tahunan menjelang peringatan Hari Jadi Blora.Namun pada tahun ini berbeda dari sebelumnya karena dilaksanakan di massa pandemi Covid-19.

Dari kantor Bupati Blora perjalanan menuju Semarang ke makam almarhum Bupati Blora Soekardi Hardjoprawiro, MBA yang menjabat bupati 1989-1999 di TPU Salaman Moyo Kec. Semarang Barat.

Kemudian dilanjutkan ke makam Almarhum Bupati Soekirno Sastro Dimejo yang menjabat Bupati Blora tahun 1960-1966 di TPU Jangkang Kelurahan Jomblang Kec Candisari, Semarang.

Dari Semarang, kemudian dilanjutkan ziarah dan tabur bunga menuju kabupaten Temanggung ke makam almarhum Bupati H. Soemarno,SH yang menjabat Bupati Blora tahun 1979-1989.

Setelah itu, pada Kamis (2/12/2020) ziarah dan tabur bunga dilanjutkan ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusumanegara Yogyakarta.
Yaitu makam almarhum Bupati Soepadhi Joedodarmo yang menjabat Bupati Blora tahun 1973-1979.

Berikutnya menuju ke TMP Kusuma Bhakti Kecamatan Jebres, Kota Surakarta untuk melaksanakan kegiatan yang sama di makam almarhum bupati Srinardi, yang menjabat Bupati Blora tahun 1966-1973.

"Semoga Allah SWT selalu memberkahi kita semua, berkat kita mendoakan pimpinan kita, Allah SWT juga memberkati pimipinan kita yang sekarang, sehingga tujuan Bapak Bupati kita yang sekarang untuk menjadikan Blora yang unggul dan berdaya saing diijabah (dikabulkan) Allah SWT, Amin," ungkap A. Mahbub Djunaidi,S.Pd., M.Si.

Ziarah dan tabur bunga diikuti perwakilan dari Kementerian Agama Blora, Kesbangpol, Setda Blora dan Dinkominfo Blora. (Tim Dinkominfo Blora).

    Berita Terbaru

    Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar PGP, Bupati Blora Minta Guru Semakin Kreatif dan Inovatif
    24 April 2024 Jam 00:58:00

    Bupati Blora H. Arief Rohman secara resmi membuka Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar, Program...

    PENGUMUMAN PENGADAAN CALON DEWAN PENGAWAS PERUMDA AIR MINUM TIRTA AMERTA KABUPATEN BLORA
    23 April 2024 Jam 10:55:00

    Perumda Air Minum Tirta Amerta Kabupaten Blora membuka kesempatan bagi ASN untuk mengisi...

    Kolaborasi, BBWS Bengawan Solo dan DPUPR Blora Atasi Longsoran Sungai di Desa Panolan, Gadon dan Kelurahan Ngelo
    22 April 2024 Jam 18:35:00

    Jajaran Bidang Operasi dan Pemeliharaan (OP) Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo...