Berita Terkini

Pemanfaatan Limbah Industri di Blora Diharapkan Bisa Entaskan Pengangguran


Bupati Blora, H. Arief Rohman,S.IP., M.Si berharap, upaya pemanfaatan limbah industri di Blora yang sedang dirintis oleh DPC Barisan Muda Wirausaha Indonesia (BMWI) Kabupaten Blora, bisa entaskan pengangguran dan menghasilkan pendapatan bagi warga.

Hal itu dikemukakan Bupati saat membuka pelatihan pemanfaatan limbah industri yang berkelanjutan untuk kesejahteraan bagi pemberdayaan masyarakat, di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Jumat (30/5/2022).

Pelatihan diselenggarakan oleh DPC Barisan Muda Wirausaha Indonesia (BMWI) Kabupaten Blora, bekerja sama dengan Pemkab Blora dan Pemerintah Desa. Direncanakan akan berlangsung selama 2 hari ( 20 - 22 Mei 2022).

Menurut Bupati apa yang diprakarsai BMWI Blora merupakan langkah inovatif bagi masyarakat kita.

"Beberapa waktu lalu, teman teman DPC ini cerita ke saya dan saat di klaten dengan beberapa opd melihat secara langsung home industri sana yang mana sangat bagus dan mengentaskan pengangguran, dan ini secara ekonomi menghasilkan pendapatan, diharapkan diadakan di blora ini dengan potensi yang ada bisa bermanfaat, " papar Bupati Arief.

Diakui, ika dilakukan pelatihan di Blora dengan pemanfaatan limbah yang dilakukan oleh para pemuda, ini tentu akan sangat bermanfaat.

"Saya berharap nantinya akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat, kami juga tunggu setelah pelatihan nanti bisa di praktekan dan terlihat hasilnya.".

Nantinya dari dinas terkait bisa mendampingi, dalam pelatihan, mengingat potensi UKM di Blora bagus untuk dikembangkan.

"Termasuk inovasi terkait limbah ini juga potensi. Kalau produk sudah ada, nanti dinas bisa ikut membantu pemasaran dan sebagainya. Kalau perlu nanti dibuatkan ruang bagaimana produknya bisa disebarluaskan yang nantinya bisa bermanfaat, " harap Bupati.

Ketua Apdesi, Agung Heri Susanto berharap semangat dari peserta ini nantinya bisa menjadi pionir/contoh di Desa maupun Kecamatan. "Kami harap nanti ada evaluasi pasca pelatihan ini, dan kami nanti bersama kades akan melihat apa hasil yang dilakukan pelatihan ini, " katanya.

Agung juga meminta para peserta untuk menunjukkan hasil karya nyata sehingga semua pelatihan yang dilakukan kedepan bisa bermanfaat dalam kemajuan kegiatan di Desa dan mampu memberikan sumbangsih untuk Blora.

Ketua DPC BMWI Blora, Roy Kurniadi menjelaskan, pelatihan pelatihan pemanfaatan limbah industri di Blora diikuti oleh sekitar 100 peserta yang berasal dari desa.

"Pelatihan akan dilaksanakan selama 2 hari. Untuk pembukaan di pendopo dan dilanjutkan pelatihan di BLK Blora. Para peserta akan dilatih membuat kerajinan dari limbah," jelas Roy Kurniadi.

Hadir dalam pembukaan pelatihan, Ketua BMWI Jawa Tengah, Ketua Apdesi Blora, Ketua Karang Taruna Blora, Kepala Dinas Sosial, Dinas DLH, dan narasumber. ((Tim Liputan Prokompim Blora)

    Berita Terbaru

    Umat Katolik Blora Mengenang Sengsara dan Wafat Yesus Kristus Dalam Ibadat Visualisasi Jalan Salib
    29 Maret 2024 Jam 10:04:00

    Umat Katolik Blora mengikuti visualisasi Jalan Salib yang digelar di Gereja Paroki Santo Pius X...

    Bupati Arief Minta Pemprov Jateng Tuntaskan Jalan Provinsi di Blora
    28 Maret 2024 Jam 19:39:00

    Bupati Blora, Arief Rohman, S.IP., M.Si minta Pemprov Jateng untuk tuntaskan pembangunan jalan...

    RAPAT PARIPURNA PENYAMPAIAN LKPJ BUPATI BLORA AKHIR TAHUN ANGGARAN 2023
    28 Maret 2024 Jam 16:31:00

    Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora, Jawa Tenggah menggelar rapat paripurna...