Berita Terkini

Wisata Waduk Tempuran Dilengkapi Fasilitas Sepeda Air


Daya tarik wisata Waduk Tempuran di Desa Tempuran, Kecamatan Blora Kota, kini semakin lengkap dengan hadirnya fasilitas sepeda air. Fasilitas bantuan dari ITS Surabaya ini diserahkan kepada Bupati H. Arief Rohman, SIP., M.Si., Selasa sore (2/8/2022) kemarin.

Penyerahan dilakukan Dekan Fakultas Teknologi Kelautan (FTK) ITS, Dr.Eng Trika Pitana, S.T., M.Sc., kepada Bupati di dermaga Segoro Madu, Waduk Tempuran. Tampak mendampingi Kepala Dinas Porabudpar dan Kades Tempuran.

Setelah melakukan penandatanganan hibah aset sepeda air, dilakukan pengguntingan pita, dan percobaan penggunaan sepeda air di Waduk Tempuran oleh peraga. Yakni dua orang mahasiswa ITS Surabaya, yang seminggu terakhir melaksanakan pengabdian masyarakat di Desa Tempuran.

“Sepeda airnya ada dua unit. Ini merupakan tindak lanjut permohonan Pak Bupati agar ITS bisa ikut memberikan pendampingan wisata di Desa Tempuran. Sehingga kita buatkan sepeda air. Awalnya ingin perahu, namun nanti perawatannya mahal, sehingga kita cari jalan tengah sepeda air,” ungkap Dekan FTK, yang juga alumni SMAN 1 Blora ini.

“Desain dan uji teknisnya kita dari ITS yang susun, namun untuk bahannya ini kita buat dan kita rakit di Blora. Kebetulan ada teman yang punya bengkel mesin di Blora, sehingga ini buatan lokal Blora juga,” sambungnya.

Untuk tahap awal ini, menurutnya, kapasitas sepeda air ini hanya bisa digunakan oleh penumpang dengan berat badan maksimal 55 kg.

“Wajib memakai pelampung, dan tidak bisa digunakan berdua. Hanya satu orang satu sepeda. Ini juga bisa untuk olahraga karena menjalankannya manual dengan putaran pedal kaki, seperti halnya naik sepeda di darat,” sambungnya.

Sementara itu, Bupati Arief Rohman, mengucapkan terimakasih kepada ITS yang telah melaksanakan pengabdian masyarakat di Desa Tempuran.

“Maturnuwun Pak Dekan, dan tim. Ini merupakan tindak lanjut kerjasama Pemkab Blora dengan ITS Surabaya, yang beberapa waktu lalu kita jalin MoU dengan Pak Rektor. Semoga ini bermanfaat untuk mendukung pengembangan wisata di Desa Tempuran, ayo Dolan Tempuran,” ucap Bupati.

“Tidak hanya sepeda air, ITS ini rupanya juga melaksanakan pelatihan ecoprint, kemudian pelatihan pembuatan konten video promosi wisata, dan pelatihan pembuatan desain kemasan produk UMKM. Terimakasih Pak Dekan yang sudah ikut membangun kampung halaman,” lanjut Bupati.

Bupati yang akrab disapa Mas Arief inipun berharap kerjasama dengan ITS Surabaya ini tidak berhenti di Desa Tempuran saja.

“Masih ada 270 desa lainnya di Kabupaten Blora yang perlu pendampingan potensi untuk mendorong pertumbuhan ekonominya. Semoga kedepan ITS bisa menyentuh desa-desa lainnya juga,” pungkas Bupati.

Acara kemudian ditutup dengan foto bersama dengan para pengguna sepeda air di dermaga Segoro Madu Waduk Tempuran. Turut hadir Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati, ST., MM., Ketua Dekranasda Hj. Ainia Sholichah, SH., M.Pd.AUD., M.Pd.BI., Kepala Bappeda, dan Kades Tempuran. (DINKOMINFO BLORA/Prokompim).

    Berita Terbaru

    Perempuan Diajak Ikut Berperan Dalam Pembangunan Politik di Indonesia
    13 Agustus 2022 Jam 18:00:00

    Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati, ST, MM membagikan pengalamannya selama berkecimpung dalam...

    Sebanyak 288 Jemaah Haji Kabupaten Blora Tiba dengan Selamat dan Sehat di Kampung Halaman
    13 Agustus 2022 Jam 17:44:00

    Sebanyak 288 jemaah haji Kabupaten Blora tahun 2022 akhirnya tiba kembali di kampung halaman....

    Infografis Monitoring Data COVID-19 dan Update Vaksinasi, Sabtu 13 Agustus 2022
    13 Agustus 2022 Jam 16:45:00

    Informasi terkini tentang monitoring data Covid-19 dan vaksinasi serta peta zonasi risiko...