Seputar Blora

Petugas Operasi Pemeliharaan Daerah Irigasi DPUPR Blora Kembali Bersihkan Sungai Grojogan


Petugas gabungan Operasi dan Pemeliharaan (OP) Daerah Irigasi (DI) Bidang Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) kembali gotong-royong melaksanakan bersih-bersih sungai Grojogan, Kamis (4/8/2022).

Selain menjadi kegiatan yang dilakukan secara  berkala bersih-bersih sungai Grojogan kali ini dilakukan dalam rangka menyambut peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia (HUT ke-77 RI) di Kabupaten Blora.

Mereka saling bekerja sama membawa sejumlah peralatan membersihkan tanaman liar, memungut sampah di sungai serta melakukan penyemprotan di seputar sungai (kali) Grojogan.

“Jadi ini dalam rangka kegiatan rutin OP, bersih-bersih sungai Grojogan, terus dalam rangka menyambut HUT ke-77 RI atau menyambut 17 Agustus,” kata Hetty Novitarini, ST., MM, Sub Koordinator OP dan Kerja Sama Bidang Sumber Daya Air (SDA) DPUPR Blora.

Pihaknya mengimbau kepada semua warga masyarakat supaya menjaga kebersihan di sepanjang sungai Grojogan.

“Sehingga nanti sungai Grojogan ini nanti bisa terlihat bersih, soalnya terletak di dalam kota, dan kalau bersih dipandang juga nyaman dan bagus. Dan yang perlu diperhatikan oelh semua warga masyarakat, jangan membuang sampah di sungai,” tambahnya.

Hal yang sama disampaikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Ir. Samgautama Karnajaya, MT., melalui Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Surat, ST, MT.

Pihaknya mengimbau masyarakat Blora untuk tidak membuang sampah di sepanjang saluran drainase di aliran Sungai Grojogan.

Diungkapkannya, warga masyarakat sudah sering diingatkan untuk meningkatkan kesadaran terhadap lingkungan sekitar, terlebih kesadaran untuk tidak membuang sampah sembarang tempat.

“Kami sudah sering menyampaikan ini, baik pada berbagai pelaksanaan hajat masyarakat, kegiatan sosialisasi, maupun lewat pemberitaan media massa agar masyarakat tidak sembarangan membuang sampah di lingkungan sekitar," ungkapnya.

Apalagi, membuang sampah di saluran drainase yang bisa menyebabkan saluran tersumbat dan menimbulkan genangan air bahkan bisa terjadi banjir.

Meski demikian, dalam kenyataannya, kata Surat, masih banyak menemukan sampah di sungai. Seperti sampah rumah tangga, potongan seng dan kayu yang menyebabkan aliran sungai tak berjalan lancar. Padahal, pemerintah telah menyiapkan truk pengangkut sampah yang beroperasi setiap harinya.

“Dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) maupun kami sudah menyiapkan truk pengangkut sampah yang beroperasi setiap harinya, waktu buang sampah juga sudah kami tentukan. Kami minta untuk mengumpulkan sampah dalam kantong plastik atau karung dan meletakkannya di depan rumah, kami yang akan mengangkut sampah tersebut,” ungkapnya.

Pihaknya berharap, pemerintah desa untuk ikut mengedukasi masyarakat agar tidak membuang sampah di sepanjang sungai.

Wilayah tiga desa/kelurahan sepanjang aliran Sungai Grojogan mulai dari Tegalgunung, Tempelan dan Temurejo diharapkan bisa duduk bersama mengedukasi warganya tentang pentingnya tidak membuang sampah sembarangan.

Sementara itu petugas OP, meskipun terbersit aura lelah, justru semakin kompak dan giat membersihkan serta mengumpulkan sampah dilandasi dengan ungkapan sepi ing pamrih, rame ing gawe, semangat tanpa sambat.

Salah satunya diungkapkan oleh Sulasi petugas dari OP Bruk Kecamatan Ngawen Kabupaten Blora. Ia mengaku menjadi petugas OP sudah empat tahun, tetapi kebersamaan dengan sesama rekannya menjadi penyemangat sehingga terjalin kekeluargaan yang baik.

“Buang sampah di sungai itu sebenarnya tidak boleh, tapi namanya orang banyak, padahal petugas OP itu tidak bisa melakukan aktivitas membersihkan sampah di sungai tiap hari,” kata Sulasi.

Dirinya mengajak kepada warga masyarakat supaya lebih sadar, membuang sampah ada tempatnya sendiri, bukan di sungai. (DINKOMINFO BLORA).

    Berita Terbaru

    Perempuan Diajak Ikut Berperan Dalam Pembangunan Politik di Indonesia
    13 Agustus 2022 Jam 18:00:00

    Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati, ST, MM membagikan pengalamannya selama berkecimpung dalam...

    Sebanyak 288 Jemaah Haji Kabupaten Blora Tiba dengan Selamat dan Sehat di Kampung Halaman
    13 Agustus 2022 Jam 17:44:00

    Sebanyak 288 jemaah haji Kabupaten Blora tahun 2022 akhirnya tiba kembali di kampung halaman....

    Infografis Monitoring Data COVID-19 dan Update Vaksinasi, Sabtu 13 Agustus 2022
    13 Agustus 2022 Jam 16:45:00

    Informasi terkini tentang monitoring data Covid-19 dan vaksinasi serta peta zonasi risiko...