Pemkab Blora dan BPPT Lakukan Pembahasan Teknis Pemanfaatan Aplikasi SIMRAL


Pemerintah Kabupaten Blora sedang mengkaji kemungkinan membangun kerjasama dengan Badan Pengkajian Dan Penerapan Teknologi (BPPT) Jakarta untuk peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Khususnya, dibidang teknologi informatika dan komunikasi (TIK) dalam rangka menuju Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) sebagai salah satu dimensi yang harus dicapai dalam pembangunan Blora Smart City.

Demikian hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Blora, Drs. Sugiyono, M.Si ketika mengikuti pembahasan teknis pemanfaatan aplikasi SIMRAL (Sistem Informasi, Manajemen, Perencanaan, Penganggaran dan Pelaporan) di Pemerintah Kabupaten Blora bertempat di ruang rapat Cipta 3 Pusyantek BPPT Lantai 8 gedung II BPPT, Jakarta, Rabu (31/7/2019).

“Banyak produk-produk teknologi BPPT yang bisa dimanfaatkan di Kabupaten Blora, antara lain teknologi dalam rangka untuk menyempurnakan dan memantapkan integrasi sistem informasi perencanaan, penganggaran, penatausahaan dan pelaporan,” jelasnya.

Menurut Kadinkominfo Blora, pembahasan tersebut menyangkut MOU antara Pemkab Blora dengan BPPT, perjanjian kerjasama antara Dinkominfo dan Pusyantek (Pusat pelayanan Teknologi) BPPT.

“Dengan pembahasan teknis yang dilanjutkan kerjasama nantinya banyak hal yang akan diperoleh Pemkab Blora,” ujarnya.

Selain Kadinkominfo Blora Sugiyono, pada pembahasan teknis yang dipimpin oleh Asisten I Setda Blora, Purwadi Setiono mewakili Bupati Blora Djoko Nugroho tersebut diikuti oleh staf khusus bupati Blora bidang IPTEK, Pemberdayaan Masyarakat, Penanggulangan Kemiskinan, Kearifan Lokal, Djati Walujastono, Kabag Tapem Setda Blora Kiswoyo, Kabag Administrasi Pembangunan Setda Blora Pitoyo Trusingtyas Sarojo, Kepala Bappeda Blora Samsul Arif dan Kepala BPPKAD Blora Maskur yang diwakili Kabid Akutansi, Susi.

Perjanjian kerjasama terkait penggunaan sistem perencanaan anggaran penatausahaan dan pelaporan di Pemkab Blora, menurut Kepala Dinkominfo Blora, rencananya akan dimulai tahun 2019 hingga tahun 2022.

Pembahas dari BPPT disampaikan oleh Abdul Latif, M.Eng selaku head of marketing managemen division beserta tim.

Untuk diketahui, pembahasan teknis tersebut menindaklanjuti hasil kunjungan Pemkab Blora di kantor BPPT Jakarta terkait penggunaan aplikasi SIMRAL pada Kamis (28/3/2019) dan Sosialisasi Produk Jasa Teknologi BPPT dan penjelasan tentang SIMRAL yang berlangsung di kantor BPPKAD Blora, Rabu (26/6/2019). (Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    Dinas Pendidikan Kabupaten Grobogan Studi Tiru Penanganan ATS di Blora
    19 April 2024 Jam 16:58:00

    Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora Sunaryo, S.Pd.,M.Si, menjelaskan Sistem Informasi...

    Hasil Seleksi Administrasi Calon Direksi PT. Blora Patra Energi (Perseroda) Periode 2024 - 2026
    18 April 2024 Jam 17:41:00

    Pengumuman  Hasil Seleksi Administrasi Calon Direksi PT. Blora Patra Energi (Perseroda)...

    Hasil Seleksi Administrasi Calon Dewan Pengawas Perumda Blora Wira Usaha Masa Jabatan 2024 - 2028
    18 April 2024 Jam 17:09:00

    Pengumuman  Hasil Seleksi Administrasi Calon Dewan Pengawas Perumda Blora Wira Usaha Masa...