Dinkominfo Blora dan Fakultas Geografi UGM Kerjasama Penyusunan Masterplan Smart Eco Village


Dinas Komunikasi dan Informati (Dinkominfo) Kabupaten Blora, Jawa Tengah bersama Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta menandatangani perjanjian kerjasama (PKS) penyusunan masterplan Smart Eco Village di Kabupatrn Blora.

Penandatanganan kerjasam dilaksanakan oleh Kepala Dinkominfo Blora, Drs. Sugiyono, M.Si dengan Dekan Fakultas Geografi UGM, Prof. Dr. Muh. Aris Marfai, S.Si, M.Sc, Jumat (27/9/2019) di ruang dekan setempat.

Kadinkominfo Blora menyampikan PKS ini merupakan tindak lanjut Nota Kesepakatan Bersama antara Pemerintah Kabupaten Blora dengan Universitas Gadjah Mada Nomor 4179/UN1.P/DIT-KUI/DN/2018 dan Nomor: 119/1736/2018 tanggal 11 Juli 2018 tentang Penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi Universitas Gadjah Mada di Kabupaten Blora dan sebagai implementasi quick win Masterplan Smart City Kabupaten Blora.

“Tujuan PKS ini adalah untuk menyusun grand desain dalam bentuk Masterplan Smart Eco Village melalui infrastruktur cerdas dengan memanfaatkan teknologi, guna menciptakan tatanan desa yang efektif dan efisien, inovasi cerdas pelayanan publik ke segala lapisan masyarakat dan membantu dalam membangun desa yang lebih berkelanjutan di bidang ekonomi, sosial, dan lingkungan,” jelasnya.

Pemerintah Kabupaten Blora, dalam hal ini Dinkominfo sangat berterimakasih kepada UGM, dalam hal ini Fakultas Geografi yang bersedia kerjasama dalam rangka mewujudkan peningkatkan pelayanan publik.

“Sekaligus upaya kita untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Blora,” ucapnya.

Dengan letak geografis yang kurang menguntungkan, lanjutnya, Kabupaten Blora harus berjuang keras dan sangat memerlukan dukungan dan partisipasi aktif dari berbagai pihak.

Pada kesempatan yang sama, Dekan Fakultas Geografi UGM, Prof. Dr. Muh. Aris Marfai, S.Si, M.Sc menyampaikan, pihaknya akan berkomitmen untuk menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Kabupaten Blora.

“Dengan demikian kerjasama ini diharapkan tidak hanya berhenti pada penyusunan masterplan smart eco village saja tetapi harus bisa mewujudkannya,” katanya.

Hasil implementasi konsep smart eco village, menurutnya, harus bisa dirasakan oleh masyarakat. Oleh karena itu kepada tim penyusun diminta untuk benar-benar terjun ke lapangan untuk menggali potensi, permasalahan dan kebutuhan masyarakat serta mampu memberikan solusi yang smart (cerdas). Manfaatkan semaksimal konsep dan program Tri Dharma Perguruan Tinggi di Kabupaten Blora.

Penandatangan PKS dihadiri/disaksikan oleh jajaran Fakultas Geografi UGM, di antaranya Wakil Dekan, sejumlah dosen tim penyusun Masterplan Eco Village. Kemudian, jajaran Dinkominfo Blora oleh Kabid Teknologi Informatika dan Kasi Aplikasi serta staf terkait. (Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    Indeks SPBE Meningkat, Bupati Blora : Ayo Sesarengan Bangun SPPBE yang Lebih Baik
    27 Mei 2024 Jam 20:45:00

    Bupati Blora Arief Rohman menghadiri undangan di istana negara dalam rangka mengikuti acara SPBE...

    KIPAS PAKAI SDA, Inovasi Penanganan Longsoran di Dukuh Kali Klampok Desa Jomblang
    27 Mei 2024 Jam 14:13:00

    Pemerintah Kabupaten Blora melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) berkolaborasi...

    Setelah Tembus 100, Kini Dewis Bangowan Lolos 50 Besar ADWI 2024
    27 Mei 2024 Jam 06:34:00

    Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf ) mulai melakukan penilaian dalam...