Berita Terkini

Mendag Serahkan Bantuan Ratusan Unit Sarana Perdagangan


Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menyerahkan bantuan sarana perdagangan secara simbolis berupa ratusan gerobak dagang, rombong motor, tenda dagang dan kotak pendingin (coolbox) kepada 18 Bupati/Walikota dari Provinsi Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta pada kunjungan kerja di Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Rabu (29/1/2020).

Memperindag menekankan, penyerahan bantuan berupa gerobak dagang, rombong motor, tenda dan coolbox merupakan bukti keberpihakan Pemerintah Pusat terhadap usaha mikro kecil untuk meningkatkan kinerja perdagangannya. Selain itu, ini juga sebagai upaya mendorong tumbuhnya pusat-pusat kuliner di berbagai wilayah tersebut.

“Kami harapkan, pemberian bantuan ini menjadi stimulus bagi Pemerintah Daerah untuk dapat mendukung pemberdayaan usaha mikro sehingga dapat terus maju dan berkembang. Kami juga mendukung rencana beberapa Pemda yang akan merelokasikan para pedagang kecil berdagang di suatu area yang baru dan higienis yang tentunya ditunggu-tunggu para pedagang,” ujar Agus, dalam arahannya di pendopo rumah dinas Bupati Blora .

Bantuan sarana usaha yang diserahterimakan kepada 18 (delapan belas) Kabupaten/Kota di wilayah Jawa Tengah dan DIY yaitu sebanyak 450 unit gerobak dagang, 115 unit rombong motor, 125 unit tenda dan 290 unit coolbox, dengan rincian Kabupaten Blora mendapatkan 50 unit gerobak dan 10 unit tenda, Kabupaten Pekalongan mendapatkan 50 unit gerobak, 10 unit tenda dan 40 unit coolbox. Kota Tegal mendapatkan 10 unit tenda.

Kemudian Kabupaten Kebumen mendapatkan 10 unit tenda. Kabupaten Jepara mendapatkan 50 unit gerobak, 25 unit rombong motor, 10 unit tenda dan 50 unit coolbox. Kabupaten Banyumas mendapatkan 10 unit tenda dan 50 unit coolbox. Kabupaten Banjarnegara mendapatkan 10 unit tenda.

Kabupaten Purbalingga mendapatkan 20 unit rombong motor, Kabupaten Cilacap mendapatkan 30 unit gerobak. Kabupaten Purworejo mendapatkan 30 unit rombong motor. Kabupaten Boyolali mendapatkan 50 unit gerobak, 10 unit tenda dan 30 unit coolbox.

Berikutnya, Kabupaten Wonogiri mendapatkan 50 unit gerobak, 20 unit rombong motor dan 10 unit tenda, Kabupaten Demak mendapatkan 20 unit gerobak dan 10 unit tenda. Kabupaten Sukoharjo mendapatkan 100 unit gerobak dan 10 unit tenda. Kabupaten Kendal mendapatkan 10 unit tenda dan 10 unit coolbox.

Selanjutnya, Kota Pekalongan mendapatkan 40 unit coolbox. Kabupaten Bantul mendapatkan 50 unit gerobak, 20 unit rombong motor, 5 unit tenda dan 20 unit coolbox. Kabupaten Kulonprogo mendapatkan 50 unit coolbox.

Para pelaku usaha yang mendapatkan bantuan sarana usaha, kata Memperindag, dapat memanfaatkan bantuan tersebut secara tepat dan sebaik mungkin untuk meningkatkan pendapatan, serta mendukung pertumbuhan ekonomi secara regional.

“Pemberian sarana perdagangan merupakan langkah awal untuk mendorong pedagang kecil menjadi pelaku usaha menengah untuk kemudian kami bantu lagi dari tingkat menengah menjadi pelaku usaha besar. Inilah wujud nyata upaya Kemendag menjalankan amanat Presiden untuk menjunjung ekonomi kerakyatan,” tegasnya.

Dikatakannya, pemerintah akan memberi bantuan Kredit Usaha Rakyat (KUR) melalui lembaga perbankan seperti BRI.
Pada kesempatan yang sama Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Drs. Suhanto, MM dalam laporannya menyampaikan bahwa PKL yang dulu disebut Pedagang Kaki Lima, maka sekarang dinamakan Pedagang Kreatif Lapangan.

“Bantuan sarana usaha yang diberikan kalin ini adalah bagian kecil dari bantuan yang tahun sebelumnya sudah dibagikan sehingga bisa dimanfaatkan untuk sarana usaha khususnya PKL,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Blora Djoko, pada kesempatan yang sama, setelah menerima bantuan sarana usaha secara simbolis langsung diserahkan kepada perwakilan pedagang dengan disaksikan oleh Memperindag dan Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Drs. Suhanto, MM serta Kepala Disperindag Provinsi Jawa Tengah yang hadir mewakili Gubernur Ganjar Pranowo.

“Terimakasih kepada Pak Menteri Perdagangan,” ucap Bupati Blora. (Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    KPU Blora Resmi Tetapkan Perolehan Kursi Parpol dan Caleg Terpilih Pemilu 2024
    03 Mei 2024 Jam 06:21:00

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blora resmi menetapkan perolehan kursi partai-partai...

    Berbusana Adat Jawa Tengah, Bupati Blora Pimpin Upacara Peringatan Hardiknas 2024
    02 Mei 2024 Jam 20:06:00

    Bupati Blora Arief Rohman memimpin upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024...

    Kesempatan Bagi ASN Isi Jabatan Dewan Pengawas Perumda Air Minum Tirta Amerta Blora
    02 Mei 2024 Jam 15:35:00

    Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Amerta Kabupaten Blora membuka kesempatan bagi...