Seputar Blora

Kepala Desa dan Perangkat Diminta Paham Ancaman Hukum Pungutan Liar


Kanit Binmas Polsek Tunjungan Polres Blora Aiptu Bambang Dwi Purnomo menggelar Sosialisasi Sapu Bersih Pungutan liar (Saber Pungli) di Pendopo Kecamatan Tunjungan, Kabupaten Blora, Kamis (30/1/2020).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh Kepala Desa beserta perangkat, anggota BPD serta perwakilan masyarakat Kecamatan Tunjungan.

Dalam kegiatan sosialisasi Saber Pungli tersebut, masyarakat terlihat sangat antusias dan menyambut baik dan mendukung kegiatan sosialisasi saber pungli.

Aiptu Bambang mengatakan tujuan diselenggarakannya sosialisasi ini untuk dapat memberantas praktik pungutan liar (pungli) yang terjadi di tengah masyarakat desa.

Pihaknya juga mengimbau kepada Kepala Desa dan perangkatnya untuk menghindari pungutan liar yang dapat menguntungkan pribadi dan merugikan masyarakat.

Menurutnnya, ada beberapa pelayanan masyarakat yang ada di tingkat desa seperti pelayanan pembuatan permohonan nikah, pembuatan Kartu Keluarga (KK), pembuatan Akte Lahir dan lainnya.

Dalam pelayanan masyarakat tersebut berpotensi menimbulkan aksi pungutan liar. Salah satunya dengan memberikan uang kepada petugas agar proses dipercepat.

“Hal ini justru akan membahayakan petugas itu sendiri. Disitu tugas Kepala Desa untuk memberikan petunjuk dan pemberitahuan kepada petugas pelayananan masyarakat tersebut," ucap Bambang.

Dengan adanya sosialisasi saber pungli yang diadakan oleh Polres Blora ini diharapkan para Kepala Desa lebih mengerti dan memahami apa itu pungutan liar, dan bagaimana ancaman hukuman apabila seseorang telah tertangkap tangan melakukan pungutan liar.

“Tidak hanya kepolisian saja yang berperan, semua unsur pemerintahan dan elemen masyarakat juga harus mendukung hal ini karena ini merupakan salah satu cara perbaikan pelayanan publik,” tegasnya.

Sementara itu, Bunari, perangkat desa Sukorejo mengatakan bahwa, pihaknya akan mendukung penuh kegiatan saber pungli di desanya.

"Kita dukung penuh kegiatan Saber Pungli ini, untuk mewujudkan pelayanan yang baik bagi warga desa," ucap Bunari. (Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    Perpanjangan Dua Tahun Jabatan, Kades di Blora Diminta Wujudkan Janji Politik
    25 Juli 2024 Jam 16:40:00

    Bupati Blora, H. Arief Rohman kepada seluruh Kepala Desa ( Kades) di Blora berpesan, terkait...

    Blora Jadi Pilot Project Pendampingan Pelayanan Kesehatan Calon Pengantin
    25 Juli 2024 Jam 16:05:00

    Blora jadi pilot project program pendampingan calon pengantin (Catin) dari Kementerian...

    Layanan Aduan Wadah Bagi Masyarakat Untuk Menyampaikan Pemikiran Kritis
    25 Juli 2024 Jam 15:52:00

    Inspektur Daerah Kabupaten Blora Irfan Agustian Iswandaru, A.P, M.Si mewakili Pemkab Blora...