Seputar Blora

Gandeng Pemuda Tanam Bibit Pohon Untuk Cegah Potensi Bencana


Pemerintah Desa Desa Sumber Kecamatan Kradenan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah bersama pemuda yang tergabung dalam Aliansi Remaja Sumber Pecinta Alam (Arsumpla) menggalakkan gerakan penghijauan untuk mencegah potensi bencana alam, Selasa (4/2/2020).

Kegiatan itu dilaksanakan sebagai upaya pencegahan bencana alam karena wilayah desa setemat dilintasi aliran sungai Wulung dan termasuk Daerah Aliran Sungai Bengawan Solo.

Kepala Desa Sumber, Aris Susanto, menyampaikan pada kegiatan ini bersama pemuda dan sejumlah stakeholder terkait melakukan penanaman bibit pohon secara massal di turus jalan sepanjang dua kilometer dari Dukuh Tambak menuju Dukuh Sambungmacan.

“Turus jalan itu merupakan bagian dari ruas jalan kabupaten yang menghubungkan desa Sumber dan Temulus,” kata dia.

Tidak hanya Arsumpala saja, namun juga melibatkan para pelajar dari SMA NU 1 Kradenan, SMK Muhammadiyah Kradenan, serta Pramuka. Acara penanaman yang bertajuk Sumber Menanam dihadiri Kepala Cabang Dinas Kehutanan Wilayah I Jawa Tengah, Heru Jatmika S.Hut, M.Si, jajaran Forkopimcam Kradenan, dan Petugas Penyuluh Kehutanan.

“Kami ingin desa ini bisa semakin hijau, asri dan sejuk. Selain untuk mencegah bencana dan meningkatkan penyerapan air,” kata Kepala Desa Sumber.

Dengan mananam pohon, menurut dia, sama artinya kita menanam investasi kesehatan untuk alam. Oleh sebab itu diajak para pemuda bersama stakeholder terkait yang dalam hal ini ada Dinas Kehutanan Wilayah I Jateng.

“Lebih baik mencegah daripada mengobati,” ucapnya.

Pada kesempatan ini, pihaknya mengucapkan terimakasih kepada Dinas Kehutanan Wilayah I Jateng yang telah memberikan bantuan bibit tanaman.
“Sebanyak 750 bibit tanaman dari Dinas Kehutanan Wilayah I Jateng kita terima dan ditanam bersama,” jelasnya.

Tidak hanya pohon keras saja namun juga pohon buah-buahan seperti bibit pohon rambutan, nangka, matoa, kawis, serta tanaman pohon tabebuya yang bunganya indah.

Dengan adanya kegiatan ini, dirinya berharap semakin banyak pemuda desa yang peduli dengan lingkungan sekitarnya dan bisa ikut merawat kelestarian alam.

“Tidak hanya menanam saja, selanjutnya akan kami ajak para pemuda untuk aktif merawat bibit-bibit pohon yang telah tertanam agar bisa tumbuh besar dengan baik menuju Sumber Mantap Berkarya,” lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Cabang Dinas Kehutanan Wilayah I Jawa Tengah, Heru Jatmika S.Hut, M.Si mengapresiasi kegiatan penghijauan desa yang dilaksanakan di Desa Sumber, Kecamatan Kradenan oleh Kades bersama para pemuda.

“Ini kegiatan yang bagus, terlebih mengajak anak-anak muda untuk cinta lingkungan. Kami berharap program ini tidak hanya sekali namun bisa berkelanjutan agar semakin banyak wilayah yang dihijaukan,” kata dia.

Salah seorang pemuda desa Sumber, Ade, mengaku senang bisa ikut menyukseskan pelaksanaan kegiatan Sumber Menanam untuk kali pertama.

“Terima kasih Pemdes Sumber, Camat dan Dinas Kehutanan atas terlaksananya program Sumber Menanan hari ini. Semoga dengan adanya kegiatan semacam ini nantinya pohon bisa tumbuh dengan baik, jalan desa terlihat hijau, tidak panas lagi saat kemarau dan bebas banjir,” kata Ade.

Sebelum dimulai penanaman, dilakukan acara penyerahan bibit pohon secara simbolis dan pembukaan gerakan Sumber Menanam yang mengangkat tema Ayo Hijaukan, Satu Pohon Sangat Berarti untuk Lingkungan. Pembukaan dilaksanakan di halaman rumah Suryo, warga setempat. (Dinkominfo Kab. Blora/Tim).

    Berita Terbaru

    Sambut Hari Bhayangkara ke-78, Polres Blora Laksanakan Giat Bakti Religi
    14 Juni 2024 Jam 15:11:00

    Polres Blora gelar personel untuk melaksanakan bakti religi dan bakti sosial di wilayah...

    Bupati Blora : Terminal Bus Cepu Jadi Terbaik di Perbatasan Jateng - Jatim, Terimakasih Pak Presiden, Pak Menteri Perhubungan
    13 Juni 2024 Jam 21:52:00

    Bupati Blora, H. Arief Rohman, terkesan dengan hasil pembangunan Terminal Bus Tipe A Cepu,...

    Puncak Hari Lingkungan Hidup 2024, Ribuan Pohon Ditanam di Sepanjang Jalan Sumber-Temulus
    13 Juni 2024 Jam 20:16:00

    Penanaman ribuan pohon di sepanjang jalan Sumber - Temulus, Kecamatan Menden menjadi puncak...