Seputar Blora

Cek Keberadaan NIK dan Nomor KK Sebelum Berpartisipasi di Sensus Penduduk Online


Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Blora mengimbau warga masyarakat agar mengetahui dan mengecek Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK) ada dalam database untuk memastikan bisa berpartisipasi di Sensus Penduduk (SP) 2020 Online.

Kepala BPS Blora, Drs. Heru Prasetyo mengemukakan sehubungan dengan pelaksanaan Sensus Penduduk Online mulai tanggal 15 Februari - 31 Maret 2020 yang menggunakan data dasar administrasi penduduk (adminduk) yang sudah terkonsolidasi nasional per Juni 2019 maka partisipasi publik sangat ditentukan oleh keberadaan penduduk di data adminduk.

Namun demikian konsolidasi nasional tidak berarti bahwa semua data di bawah Juni 2019 sudah berada di database, karena periode konsolidasi untuk masing-masing daerah bisa berbeda.

“Untuk itu penting sekali mengetahui apakah NIK dan Nomor KK kita ada di dalam database untuk memastikan bisa berpartisipasi di Sensus Penduduk Online 2020,” kata Kepala BPS Blora, Drs. Heru Prasetyo, di Blora, Jumat (7/2/2020).

Dijelaskannya, Badan Pusat Statistik menyediakan fasilitas cek keberadaan melalui laman sensus.bps.go.id/cek yang dapat dimanfaatkan untuk memeriksa terlebih dahulu keberadaan seseorang di dalam database.

“Ini akan menentukan apakah yang bersangkutan dapat berpartisipasi di Sensus Penduduk Online atau tidak,” jelasnya.

Karena laman cek NIK menjadi bagian dari alur Sensus Penduduk Online, maka laman sensus.bps.go.id/cek akan dinonaktifkan pada tanggal 14 Februari 2020.

Jika keberadaan NIK dan Nomor KK ditemukan berarti bisa mengisi Sensus Penduduk Online mulai 15 Februari - 31 Maret 2020. Jika tidak ditemukan, maka bersiaplah didatangi petugas Sensus Penduduk pada tanggal 1 hingga 31 Juli 2020.

“Informasi ini mohon bisa disebarluasakan kepada seluruh sahabat, rekan kerja, lingkungan komunitas, lingkungan keluarga, tetangga, dan seluruh kontak atau group medsos,” ujarnya. (Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    Sambut Hari Bhayangkara ke-78, Polres Blora Laksanakan Giat Bakti Religi
    14 Juni 2024 Jam 15:11:00

    Polres Blora gelar personel untuk melaksanakan bakti religi dan bakti sosial di wilayah...

    Bupati Blora : Terminal Bus Cepu Jadi Terbaik di Perbatasan Jateng - Jatim, Terimakasih Pak Presiden, Pak Menteri Perhubungan
    13 Juni 2024 Jam 21:52:00

    Bupati Blora, H. Arief Rohman, terkesan dengan hasil pembangunan Terminal Bus Tipe A Cepu,...

    Puncak Hari Lingkungan Hidup 2024, Ribuan Pohon Ditanam di Sepanjang Jalan Sumber-Temulus
    13 Juni 2024 Jam 20:16:00

    Penanaman ribuan pohon di sepanjang jalan Sumber - Temulus, Kecamatan Menden menjadi puncak...