Seputar Blora

Dinas Dukcapil Sosialisasikan Pencentakan Adminduk Gunakan Kertas HVS Warna Putih


Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kabupaten Blora mulai mensosialisasikan kepada masyarakat tentang pembaharuan produk administarsi kependudukan (adminduk) seperti Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran.

Kepala Dindukcapil Blora Riyanto melalui Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Dindukcapil Blora Agus Listiyono menjelaskan mulai bulan Juni 2020 produk adminduk tidak lagi menggunakan jenis Security Printing, melainkan menggunakan kertas HVS berwarna putih 80 gram yang bisa dilakukan pencentakan sendiri oleh penduduk setelah mendapat pasword dari Dindukcapil.

“Kami sampaikan bahwa mulai Juni 2020 semua produk Dukcapil kecuali KTP Elektronik dan KIA, akan ada pembaharuan yakni tidak lagi menggunakan jenis Security Printing, melainkan menggunakan kertas HVS berwarna putih 80 gram yang bisa dilakukan pencentakan sendiri oleh penduduk setelah mendapat pasword dari Dindukcapil,” kata Agus Listiyono, di Blora, Rabu (26/2/2020).

Menurutnya, kalau sebelumnya berwarna biru menggunakan jenis Security Printing maka nanti akan berwarna putih dengan kertas kertas HVS 80 gram disertai barcode.

“Untuk menghindari kekeliruan data ketika mencetak sendiri, maka perlu pasword dari Dukcapil, sekaligus nanti ada verifikasi ulang data,” jelasnya.

Menurut Agus, hingga saat ini sosialisasi sudah dilakukan kepada petugas regristasi data di tingkat desa dan kelurahan.

“Sudah dua minggu ini kami sosialisasikan kepada petugas regristasi data di desa dan kelurahan. Sosialisasi juga akan kami sampaikan melalui sosial media,” terangnya.

Pihaknya juga membatah terkait adanya denda kepengurusan akta kelahiran.

“Tidak ada denda keterlambatan kepengurusan akta kelahiran,” tandasnya.

Namun demi ketertiban dalam pencatatan data penduduk, jika memiliki anggota keluarga baru, segera mungkin untuk mendaftarkan kelahiran anak. Selambat-lambatnya 60 hari setelah peristiwa kelahiran.  (Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    Blora Jadi Pilot Project Pendampingan Pelayanan Kesehatan Calon Pengantin
    25 Juli 2024 Jam 16:05:00

    Blora jadi pilot project program pendampingan calon pengantin (Catin) dari Kementerian...

    Layanan Aduan Wadah Bagi Masyarakat Untuk Menyampaikan Pemikiran Kritis
    25 Juli 2024 Jam 15:52:00

    Inspektur Daerah Kabupaten Blora Irfan Agustian Iswandaru, A.P, M.Si mewakili Pemkab Blora...

    KTNA Blora Ikuti Rembug Utama di Tabanan Bali
    25 Juli 2024 Jam 15:11:00

    Pengurus Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Blora berangkat ke Tabanan Bali untuk...