Seputar Blora

Desa Geneng Jadi Pelopor Kampung Siaga Covid-19


Kapolres Blora AKBP Ferry Irawan,S.I.K. meresmikan kampung siaga virus covid-19 di desa Geneng Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora, Selasa, (14/4/2020).

Peresmian kampung siaga Covid - 19 dihadiri oleh pejabat utama Polres Blora serta Forkompincam Jepon beserta kepala desa dan perangkat desa setempat. Dengan tetap melaksanakan protokoler kesehatan, kegiatan berjalan aman dan tertib.

Kapolres Blora menjelaskan bahwa kampung siaga antisipasi virus covid-19 merupakan salah satu bentuk kesiapan warga dalam menghadapi wabah virus corona agar tidak menular di wilayah desa setempat.

"Desa ini akan kita jadikan desa pelopor sebagai percontohan untuk desa-desa yang lain di Kabupaten Blora, dimana di desa Geneng ini telah mempunyai SOP terkait pencegahan penularan virus covid – 19," terang Kapolres Blora.

Kapolres menilai di desa Geneng sudah cukup baik dalam mempersiapkan prosedur dan sarana prasarana penanganan Covid - 19, seperti pembentukan posko 24 jam, pemberlakukan SOP kepulangan warga yang merantau, gerakan wajib masker dan penyiapan alat cuci tangan di depan rumah warga.

Kepada seluruh warga, Kapolres berpesan agar selalu menaati instruksi dan kebijakan dari pemerintah terkait Covid-19.

"Mari kita antisipasi bersama penyebaran covid - 19, dengan mematuhi dan menaati kebijakan pemerintah yang ada," ucap Kapolres.
Kapolres menekankan jika ada saudara atau keluarga yang masih dalam perantauan, disarankan agar tidak mudik dulu ke kampung halaman.

Tujuannya untuk menjaga kesehatan bersama, namun demikian jika terlanjur mudik, harus patuh dan taat pada prosedur kesehatan yang ada.

"Mari kita jaga bersama agar desa ini khususnya, dan seluruh Kabupaten Blora pada umumnya semoga steril dari Covid - 19," tandas Kapolres Blora.

Dalam kegiatan tersebut Kapolres menyerahkan bantuan sarana prasarana seperti ember, sabun cuci tangan, hand sanitizer dan juga, masker.

Sementara itu, Jati, kepala desa Geneng mengaku senang dengan adanya program desa siaga Covid - 19 yang diprakarsai oleh Polres Blora sehingga warga desanya menjadi lebih peduli dan disiplin untuk bersama menjaga kesehatan dalam antisipasi penularan virus corona.

"Alhamdulilah di desa Geneng sudah kita terapkan prosedur kesehatan, dan rata rata warga sudah paham dan sadar untuk menerapkannya," ucapnya.

Kepala Desa mengapresiasi kekompakan dan kesolidan dari aparat baik Polri, TNI, Kecamatan dan tenaga kesehatan yang selalu bersinergi untuk memberikan edukasi ataupun imbauan kepada warganya terkait Covid-19.

"Kami ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang peduli dan sangat open terhadap warga desa Geneng terutama dalam antisipasi wabah virus corona ini," kata Kepala Desa. (Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    Longsoran di Desa Brumbung Mulai Ditangani Secara Kolaborasi
    17 Mei 2024 Jam 16:40:00

    Longsoran tanah di RT 05/RW 1 Desa Brumbung Kecamatan Jepon ditangani secara kolaborsi antara...

    Ketua HMI Cabang Blora : Terapkan Proses Demokrasi Secara Selection, Election, dan Legacy
    17 Mei 2024 Jam 16:39:00

    Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) bekerja sama dengan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik...

    UDD PMI Blora Kini Punya Gedung Baru Untuk Pusat Pelayanan Kemanusiaan
    16 Mei 2024 Jam 13:44:00

    Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Blora. Ir. Sutikno Slamet menjelaskan sebagaimana...