Berita Terkini

Bupati Djoko Nugroho Buka Gelar Potensi Pertanian Blora 2017


Bupati Blora Djoko Nugroho mengatakan produk pertanian yang dipamerkan bisa dinikmati untuk kepentingan dan kebutuhan warga masyarakat serta memantu pendapatan petani sebagai puncak hasil kegiatan pembinaan selama satu tahun yang dilaksanakan.

Demikian hal itu disampaikan oleh Bupati Djoko Nugroho pada sambuatan dan pembukaan gelar potensi pertanian Blora 2017 di Blok T Blora, Jumat (15/9). Acara diselenggarakan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Blora.

“Pameran seperti ini merupakan puncak hasil kegiatan pembinaan selama satu tahun, ini banyak manfaatnya. Kita harus berani tampil tidak hanya di pameran seperti ini tetapi juga di luar kota Blora. Kita harus percaya diri, ketika kita tidak bernai tampil, orang lain tidak akan tau potensi kita, ” tegas Bupati Djoko Nugroho.

Masih menurut Bupati Djoko Nugroho, melalui pameran dinilai bisa membantu pendapatan petani dengan harga produk pertanian yang terjangkau oleh masyarakat.

Bupati berharap pada pelaksanaan dua hari ini harus penuh, tidak hanya ramai di pembukaan saja. Sebab, kata Bupati, momen itu adalah kesempatan membantu masyarakat, memperlihatkan potensi pertanian Blora.

“Saya tau mulai tadi malam sudah banyak yang habis, bahkan ada yang tidak boleh dibeli karena takut tidak dapat nilai. Itu kebalik. Justru sebelum ditata sudah habis, itu juaranya karena diminati masayarakat,” ujar Bupati Djoko Nugroho.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Blora Ir. Hj. Reni Miharti mengemukakan, tujuan diadakan kegiatan yaitu dalam rangka memeriahkan peringatan hari pangan sedunia (HPS) ke 37 dan Hari Ulang Tahun RI ke 72 tingkat Kabupaten Blora.

“Tema dari kegiatan ini, Diversifikasi Produk Pertanian Dan Pelestarian Kearifan Lokal Menuju Blora Berdaulat Pangan” jelas Reni Miharti.

Lebih lanjut disampaikan, diversifikasi pangan atau keragaman konsumsi pangan merupakan salah satu strategi untuk mencapai ketahanan pangan secara berkelanjutan.

“Dengan adanya Gelar Potensi Pertanian Blora ini dapat menjadi momentum pernyataan kembali mewujudkan kemandirian pangan yang berkelanjutan, yang pada gilirannya akan tercapai kedaulatan pangan yang mensejahterakan rakyat Indonesia pada umumnya dan masyarakat Kabupaten Blora pada khususnya,” jelasnya.

Dengan tema tersebut, menurut Reni Miharti, sangat tepat bagi masyarakat Blora yang saat ini sedang bergeliat mengembangkan potensi pangan lokal di tengah berbagai keterbatasan yang ada.

“Dengan tidak tergantung pada satu bahan pangan khususnya nasi, maka ketahanan pangan bisa semakin terjamin ditengah sulitnya memperluas areal tanaman pangan akibat banyak faktor,” ujarnya.

Peserta pameran terdiri dari, 16 UPT Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan Kecamatan, Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Saka Taruna Bumi, PT. Gendis Multi Manis (GMM), Bioson, Perusahaan Yanmar, Petrosida, Petrokimia, Bisi, PT. Angkasa, Bulog, UMKM yang bergerak bidang pertanian dan Kelompok UMKM Difabel binaan Bappeda Blora.

Kegiatan yang diadakan selama pelaksanaan pameran, yaitu Lomba stand dan kreasi oleh-oleh khas Blora antar UPT Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan Kecamatan se-Kabupaten Blora.

Lomba gerak dan lagu modernisasi desa antar SMA/SMK se-Kabupaten Blora dengan jumlah peserta 11 kelompok.

Lomba merangkai produk pertanian lokal antar SMA/SMK se-Kabupaten Blora dengan jumlah peserta 14 kelompok.

Lomba mewarnai tingkat TK dengan jumlah peserta sebanyak 865 peserta. Hiburan : cokean dan Alphard Band.

Penyerahan secara simbolis Cultivator sebanyak 4 unit dan Power Threser sebanyak 8 unit yang bersumber dana dari APBD Provinsi Jawa Tengah 2017. Corn Sheller sebanyak 4 dan Combine Harvester kecil sebanyak 2 unit yang bersumber dana dari APBN 2017.

Penyerahan hadiah kepada pemenang lomba kategori Gapoktan dan Kelompok Tani berprestasi, Kelompok Tani Pelaksana Pajale berprestasi, PPL PNS, THL TB-PP dan Penyuluh Pertanian Swadaya berprestasi, BPP berprestasi, dimana penilaiannya telah dilakukan pada bulan Juni sampai dengan Agustus 2017.

Hadir pada pembukaan gelar potensi pertanian Blora 2017, antara lain Sekda Blora Bondan Sukarno, Pimpinan OPD Blora, Pimpinan UPT, kelompok tani, KTNA dan tokoh masyarakat. (Dinkominfo Kab. Blora/tg).

    Berita Terbaru

    Pemkab Blora Rakor Bersama BPKP Tingkatkan Kualitas dan Efektivitas Melalui SPIP
    28 Februari 2024 Jam 14:45:00

    Pemerintah Kabupaten Blora menggelar rapat koordinasi bersama Perwakilan Badan Pemeriksa...

    Mahasiswa Institut Agama Islam Al Muhammad Cepu Diminta Ikut Merancang Program SSN
    26 Februari 2024 Jam 17:16:00

    Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.I.P, M.Si, terus menggaungkan kebijakan Sekolah Sisan Ngaji...

    Haul Kedua, Makam Eyang Dipojoedo Direncanakan Jadi Destinasi Wisata Religi
    25 Februari 2024 Jam 17:05:00

    Makam Eyang Dipojoedo di Desa Tambaksari Kecamatan Blora. Kabupaten Blora, Jawa Tengah...