Radio Sebagai Media Informasi yang Efektif


Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Blora Drs. Sugiyono,M.Si mengajak warga masyarakat untuk memanfaatkan radio sebagai salah satu media yang efektif dan praktis untuk mengakses informasi.

“Radio kami nilai masih diminati warga. Kita ajak warga untuk memanfaatkan radio sebagai media untuk mangakses aneka informasi dan isi siaran yang baik,” kata Kepala Dinkominfo Blora, Jumat (23/10/2020).

Menurut Kepala Dinkominfo Blora, radio masih menjadi media favorit di masyarakat. Dengan mendengarkan radio, bisa mendapatkan berita terupdate setiap jam-nya. 

Seperti berita capaian pembangunan, berita seni budaya, hiburan hingga berita ter-update tentang apa yang sedang terjadi di Indonesia.

“Semua informasi bisa didapatkan dengan mendengarkan. Jadi tetap bisa fokus mengerjakan aktivitas tanpa mengalihkan pandangan.Terlebih pada masa pandemi Covid-19,” jelasnya.   

Tidak hanya informasi atau berita saja yang disiarkan. Namun radio juga sebagai media hiburan, media informasi dan tentu saja media yang mendidik bagi pendengarnya.

Menurutnya, seiring berjalannya waktu, radio semakin mengikuti perkembangan teknologi. Bahkan sekarang tidak perlu bawa radio fisik kemana-mana. Cukup dari smartphone yang dimiliki sudah bisa langsung streaming radio kesayangan seperti LPPL Radio Gagakrimang.  

Diungkapkannya, sekarang ini beberapa radio melakukan siaran itu live seperti melalui instagram atau youtube sehingga pendengar tidak hanya menyimak suara saja, tapi bisa juga melihat muka dan ekspresi para penyiarnya.

Sementara itu Direktur LPPL Radio Gagakrimang Blora, Kasiyanto, menyampaikan saat ini studio radio legendaris yang memancar melalui pancaran gelombang 105,9 FM kini telah memperluas jangkauan ke dalam hingga ke luar kabupaten Blora seperti Rembang, Pati, Kudus, Grobogan hingga Jepara.

“Kami telah memperluas jangkauan, bisa didengarkan baik melalui radio mobil atau fisik. Dengan aneka acara yang menarik dan informasi terkini,” terangnya.

Pihaknya juga memberi kesempatan kepada publik yang bermaksud mengisi acara langsung di studio LPPL Radio Gagakrimang Blora.

“Silahkan, kami terbuka untuk publik,” ucapnya. (Dinkominfo Kab. Blora).       

    Berita Terbaru

    Bupati Arief Minta Pemprov Jateng Tuntaskan Jalan Provinsi di Blora
    28 Maret 2024 Jam 19:39:00

    Bupati Blora, Arief Rohman, S.IP., M.Si minta Pemprov Jateng untuk tuntaskan pembangunan jalan...

    RAPAT PARIPURNA PENYAMPAIAN LKPJ BUPATI BLORA AKHIR TAHUN ANGGARAN 2023
    28 Maret 2024 Jam 16:31:00

    Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora, Jawa Tenggah menggelar rapat paripurna...

    Pemkab Blora Gelar Musrenbang RPJPD 2025-2045 dan RKPD 2025
    28 Maret 2024 Jam 13:39:00

    Pemerintah Kabupaten Blora menggelar Musyawarah Pembangunan Daerah (Musrenbang) Rencana...