Seputar Blora

Perpustakaan Umum Daerah Difasilitasi Al-Quran Huruf Braille


Perpustakaan Umum Daerah yang dikelola Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Blora, kini memiliki koleksi mushaf Al-Quran huruf braille sebanyak dua paket. Al-Quran tersebut merupakan donasi dari masyarakat umum sebagai bentuk dukungan penambahan koleksi buku keagamaan di Perpustakaan Umum Daerah.

Bedanya, Al-Qur’an ini tidak berbentuk tulisan arab sebagaimana umumnya. Namun terdiri dari huruf braille berupa titik titik yang timbul sehingga bisa diraba oleh para penyandang tuna netra ketika membacanya.

Kepala DPK Blora, Aunur Rofiq, SE, M.Si, melalui Kepala Bidang Perpustakaan, Nugraheni Wahyu Utami, SP, menyampaikan rasa terimakasihnya kepada masyarakat yang telah peduli untuk menambah koleksi bahan pustaka di Perpustakaan.

“Al-Quran braille ini merupakan donasi dari Pak Ahmad Bisri, warga Desa Gedongsari, Kecamatan Banjarejo. Beberapa hari lalu diserahkan langsung kepada kami di rumahnya. Alhamdulillah, terimakasih atas donasinya, semoga Al-Qur’an braille ini bisa bermanfaat dan membawa keberkahan bagi setiap pembacanya,” ungkap Nugraheni, Senin (9/11/2020).

Menurut Nugraheni, satu paket Al-Quran braille ini terdiri dari 30 buah buku, yang mana masing-masing buku terdiri dari 1 juz Al-Quran. Sehingga Al-Quran ini bisa menjadi bahan koleksi pustaka apabila ada pemustaka difabel tunanetra, buku sudah tersedia.

“Kebetulan kami dari Bidang Perpustakaan juga sudah menjalin kerjasama dengan komunitas difabel dalam bentuk layanan perpustakaan pada tanggal 15 di setiap bulannya. Untuk komunitas difabel biasanya kita bawakan buku-buku tentang ketrampilan, seni batik, pertanian dan hobi lainnya,” tambah Nugraheni.

Pihaknya juga akan mencoba koordinasi dengan seluruh sekolah luar biasa yang ada di Kabupaten Blora, sehingga bisa mengakomodir kebutuhan buku untuk para penyandang disabilitas yang masih duduk di bangku sekolah.

“Kami juga membuka kesempatan untuk masyarakat yang mempunyai beragam koleksi buku, bisa mendonasikan bukunya ke Perpustakaan Umum Daerah agar bisa lebih banyak dibaca. Kami juga sedang mencari koleksi buku-buku lama tentang sejarah Blora,” sambungnya.

Sementara itu, Ahmad Bisri mengaku senang bisa mendonasikan buku mushaf Al-Quran huruf braille yang ia miliki untuk tambahan koleksi Perpustakaan Umum Daerah Blora.

“Saya memang sudah lama ingin menyumbangkan Al-Qur’an, ada nadzar tersendiri. Alhamdulillah sudah saya tunaikan. Semoga bermanfaat, lebih-lebih nantinya bisa dimanfaatkan untuk penyandang disabilitas tuna netra,” singkatnya. (Dinkominfo Kab Blora/Humas DPK). 

    Berita Terbaru

    KPU Blora Resmi Tetapkan Perolehan Kursi Parpol dan Caleg Terpilih Pemilu 2024
    03 Mei 2024 Jam 06:21:00

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blora resmi menetapkan perolehan kursi partai-partai...

    Berbusana Adat Jawa Tengah, Bupati Blora Pimpin Upacara Peringatan Hardiknas 2024
    02 Mei 2024 Jam 20:06:00

    Bupati Blora Arief Rohman memimpin upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024...

    Kesempatan Bagi ASN Isi Jabatan Dewan Pengawas Perumda Air Minum Tirta Amerta Blora
    02 Mei 2024 Jam 15:35:00

    Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Amerta Kabupaten Blora membuka kesempatan bagi...