Seputar Blora

Bawaslu Blora Lantik 2.198 Pengawas TPS


Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Blora melantik 2.198 orang Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Blora Tahun 2020.

Pelantikan dilaksanakan oleh masing-masing Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Blora pada Minggu (15/11/2020) dan Senin (16/11/2020).

Dilakukan secara bertahap karena pandemi Covid-19 belum berakhir.

Ketua Bawaslu Kabupaten Blora, Lulus Mariyonan mengatakan dalam Pilkada Kabupaten Blora 9 Desember 2020, Bawaslu Blora merekrut sebanyak 2.198 orang Pengawas TPS yang tersebar di seluruh Kecamatan.

“Mulai hari ini kita lakukan pelantikan serentak kepada seluruh Pengawas TPS yang dilaksanakan di masing-masing Kecamatan di Blora, total sejumlah 2.198 Pengawas TPS. Proses pelantikan sendiri terbagi dalam beberapa sesi karena masih dalam keadaan pandemi Covid-19,” jelas Lulus.

Koordinator Divisi Organisasi dan SDM Bawaslu Kabupaten Blora, Achmad Rozak saat melakukan monitoring di Kecamatan Blora mengucapkan selamat kepada seluruh Pengawas TPS yang telah dilantik dan menegaskan Pengawas TPS untuk menjaga integritas dan netralitas.

Ia menjelaskan, Pengawas TPS merupakan garda terdepan dalam melakukan pengawasan pemungutan suara di TPS, sehingga Pengawas TPS wajib memiliki SIM-P dalam melaksanakan tugas, wewenang, dan kewajibannya.

Jika tidak, pengawasan bisa dinyatakan tidak berhasil.

“Seorang Pengawas TPS hukumnya wajib untuk memegang SIM-P, yaitu soliditas yang kuat, integritas yang tinggi, mentalitas teguh dan profesionalitas,” kata Rozak. (Dinkominfo Kab. Blora/Tim).

    Berita Terbaru

    FKDT Blora Siap Sukseskan Program Sekolah Sisan Ngaji
    06 Mei 2024 Jam 21:35:00

    Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) Kabupaten Blora nyatakan siap ikut serta...

    Ditarget Akhir Mei 2024 Selesai, Longsoran Desa Gadon Dipasang Plat Besi
    06 Mei 2024 Jam 21:31:00

    Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Blora, Ir. Samgautama...

    Pertandingkan 9 Cabor, Blora Tuan Rumah POPDA Eks Karesidenan Pati
    06 Mei 2024 Jam 12:46:00

    Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Blora, Iwan Setiyarso,...