Seni dan Budaya

Blora Tampilkan Loco Tour Cepu dan Koreografi Seni Tradisional di Event Bersama PAKUDJEMBARA


Heritage Loco Tour di Cepu akan ditampilkan dalam even bersama pagelaran seni pariwisata Provinsi Jawa Tengah yang dihelat melalui event bersama PAKUDJEMBARA, yaitu kabupaten Pati, Kudus, Demak, Jepara, Rembang dan Blora pada Selasa, (17/11/2020) pukul 09.00 WIB

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Dinporabudpar) Blora Slamet Pamuji, SH,M.Hum melalui Kepala Bidangg Pariwisata Dinporabudpar, Wahyu Tri Mulyani,AP mengungkapkan, konsep dari agenda tersebut yakni masing-masing kabupaten menampilkan pertunjukan di masing-masing daerah.

”Karena masih pandemi, pertunjukan dilaksanakan secara virtual di lokasi wisata yang sudah menerapkan protokol kesehatan di masing-masing kabupaten. Kami pilih Loco Tour Cepu, karena ada pohon besar yang rindang dan sudah menerapkan protokol kesehatan. Jadi antar kabupaten dan provinsi secara virtual bisa menonton,” terangnya di Blora, Senin (16/11/2020).

Dalam pertunjukan tersebut, nantinya Dinporabudpar akan menampilkan tari tradisional yang sudah dikoreografi (Barongan Nara Singa Lodra). Sehingga, bisa klop dengan konsep latar belakangnya.

”Supaya bisa nyambung dengan konsep tari tradisional dan latar background lokasinya, kami memilih Loco Tour,” jelas Wahyu.

Dalam gelaran tersebut, pihaknya akan menerapkan protokol kesehatan sehingga para pemain tetap aman di tengah pandemi.
Heritge Loco Tour tersebut dimiliki dan dikelola oleh KPH Perhutani Cepu. Lokasinya berada di Jalan Sorogo Cepu. Loco Tour pada mulanya adalah Bengkel Traksi atau Depo Loco tempat bersemayam loco-loco tua milik Perhutani yang dibangun sejak tahun 1911.

Sedangkan jaringan relnya dibangun pada tahun 1915. Kini, lokasi tersebut menjadi tempat wisata yang cukup ramai. Dalam dua bulan setelah dibuka kembali dalam suasana pandemi, pengunjugnya ada sekitar 1000 orang. (Dinkominfo Kab. Blora).


    Berita Terbaru

    FKDT Blora Siap Sukseskan Program Sekolah Sisan Ngaji
    06 Mei 2024 Jam 21:35:00

    Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) Kabupaten Blora nyatakan siap ikut serta...

    Ditarget Akhir Mei 2024 Selesai, Longsoran Desa Gadon Dipasang Plat Besi
    06 Mei 2024 Jam 21:31:00

    Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Blora, Ir. Samgautama...

    Pertandingkan 9 Cabor, Blora Tuan Rumah POPDA Eks Karesidenan Pati
    06 Mei 2024 Jam 12:46:00

    Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Blora, Iwan Setiyarso,...