Internet Of Things Griya Cerdas Estensi, Inovasi Siswa Jurusan TITL SMKN 1 Blora


Siswa SMK Negeri 1 Blora jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) membuat inovasi baru dalam bidang Internet Of Things (IOT) yang bisa digunakan untuk mengendalikan sejumlah peralatan dengan menggunakan aplikasi. Alat itu diberi nama Griya Cerdas Estensi.

“Dalam masa pandemi, siswa SMKN 1 Blora jurusan TITPL membuat inovasi baru dalam bidang Internet Of Things (IOT),” terang guru pembimbing Produk Kreatif dan Kewirausahaan sekaligus pembimbing Krenova SMKN 1 Blora, Nunuk Sutristityanti, M.Pd, di Blora, Sabtu (5/12/2020).

Menurut Nunuk, alat tersebut dapat digunakan untuk mengendalikan lampu, AC, kipas angin, pompa air, menyiram bunga, tanpa menekan saklar, tetapi cukup menggunakan aplikasi.

“Sehingga dapat mempermudah semua kegiatan walau tidak berada di rumah. Alat ini di ikutkan dalam lomba Kamp Kreatif SMK Indonesia (KKSI) 2020. Alat itu namanya Griya Cerdas Estensi. Jadi di tengah pandemi siswa SMKN 1 Blora tetap berkarya. Tentu saja dengan menerapkan protokol kesehatan,” jelasnya.

Nunuk menyebut, karya inovatif ini sudah dipesan oleh PT ACL Metal Indonesia Bekasi. Bahkan kemungkinan besar ada beberapa perusahaan lain yang juga memesan produk itu. (Dinkominfo Kab. Blora). 


    Berita Terbaru

    Pemkab Blora Rakor Bersama BPKP Tingkatkan Kualitas dan Efektivitas Melalui SPIP
    28 Februari 2024 Jam 14:45:00

    Pemerintah Kabupaten Blora menggelar rapat koordinasi bersama Perwakilan Badan Pemeriksa...

    Mahasiswa Institut Agama Islam Al Muhammad Cepu Diminta Ikut Merancang Program SSN
    26 Februari 2024 Jam 17:16:00

    Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.I.P, M.Si, terus menggaungkan kebijakan Sekolah Sisan Ngaji...

    Haul Kedua, Makam Eyang Dipojoedo Direncanakan Jadi Destinasi Wisata Religi
    25 Februari 2024 Jam 17:05:00

    Makam Eyang Dipojoedo di Desa Tambaksari Kecamatan Blora. Kabupaten Blora, Jawa Tengah...