Warga Blora Diimbau Waspada Modus Penipuan Melalui Media Sosial


Polres Blora Polda Jawa Tengah, melalui Subbag Humas mengimbau kepada warga masyarakat kabupaten Blora waspadai dugaan modus penipuan melalui media sosial.

Terutama yang menggunakan media sosial seperti Whats Apps Facebook, Instagram, Twitter ataupun media sosial lainnya agar berhati-hati dan waspada untuk antisipasi terjadinya tindak pidana penipuan.

Kapolres Blora AKBP Wiraga Dimas Tama,SIK melalui Kasubbag Humas AKP H. Soeparlan,SH mengungkapkan bahwa kemajuan teknologi dan informasi terutama dalam media sosial ibarat dua mata pisau yang berbeda.

Pada satu sisi, kemajuan teknologi informasi bisa mempermudah masyarakat dalam kehidupan, namun demikian tak jarang media sosial dijadikan alat oleh oknum yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan penipuan.

Menurutnya, baru-baru ini beredar beberapa pesan di Whats Apps yang meresahkan warga, diduga ada nomor baru yang menghubungi, dengan mengatasnamakan sebagai teman atau saudara yang mengaku ganti nomor.

Namun demikian pada chatingan atau obrolan di WA ujung-ujung nya meminta kiriman uang ataupun pulsa.

Bahkan ada juga yang diduga bermodus menawarkan barang dengan cicilan tanpa bunga, dan ujungnyapun meminta agar mentrasnfer sejumlah uang terlebih dahulu, padahal barangnya belum dikirim.

Menyikapi hal tersebut, Kasubbag Humas AKP H. Soeparlan menegaskan kepada warga agar selalu hati hati dan waspada terutama dalam bermedia sosial.

"Kita harus waspada, jika ada chatingan masuk yang sekiranya janggal, atau mencurigakan maka jangan mudah percaya. Meskipun itu mengatas namakan sodara ataupun keluarga. Lebih baik dikonfirmasi dulu kepada yang bersangkutan, apalagi itu nomor baru," ucap Kasubbag Humas Polres Blora, Rabu, (20/1/2021).

AKP Soeparlan mengajak warga terutama para netizen agar lebih bijak dan waspada dalam bermedia sosial. Apalagi jika ada nomor baru ataupun akun baru yang meminta uang ataupun pulsa dengan dalih apapun.

"Pesan saya, konfirmasi dan pastikan dulu kepada yang bersangkutan, apalagi kalau itu menyangkut uang. Jangan sampai kita menjadi korban, apalagi melalui media sosial," lanjut AKP Soeparlan.

Sementara itu untuk di wilayah hukum Polres Blora, di awal tahun 2021 ini belum ada laporan warga yang dirugikan, namun demikian Polres Blora mengimbau agar warga selalu waspada. (Tim Dinkominfo Blora/Tim Humas Polres Blora).

    Berita Terbaru

    Pemkab Blora Rakor Bersama BPKP Tingkatkan Kualitas dan Efektivitas Melalui SPIP
    28 Februari 2024 Jam 14:45:00

    Pemerintah Kabupaten Blora menggelar rapat koordinasi bersama Perwakilan Badan Pemeriksa...

    Mahasiswa Institut Agama Islam Al Muhammad Cepu Diminta Ikut Merancang Program SSN
    26 Februari 2024 Jam 17:16:00

    Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.I.P, M.Si, terus menggaungkan kebijakan Sekolah Sisan Ngaji...

    Haul Kedua, Makam Eyang Dipojoedo Direncanakan Jadi Destinasi Wisata Religi
    25 Februari 2024 Jam 17:05:00

    Makam Eyang Dipojoedo di Desa Tambaksari Kecamatan Blora. Kabupaten Blora, Jawa Tengah...