Seputar Blora

Menunggu Kepastian Keberangkatan 617 Jemaah Calon Haji Blora


Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Blora masih belum bisa memberikan kepastian keberangkatan jemaah calon haji tahun ini. Hal itu menyusul adanya larangan 20 negara termasuk Indonesia masuk ke Arab Saudi.

Kepala Kantor Kemenag Blora, H. Suhadi, S.Ag, M.Si mengatakan, hingga kini pihaknya belum mendapat instruksi langsung sebab sebagai lembaga vertikal di bawah Kemenag RI, pihaknya menunggu apakah ada kebijakan dari pusat terkait hal tersebut.

Kebijakan tersebut, kata Suhadi, juga menyangkut pemberangkatan jemaah calon haji ke Tanah Suci.

“Kami sebagai instansi vertikal, ketika ada komando dari atas disuruh memberangkatkan (jemaah haji) ya diberangkatkan," ucap Suhadi, di Blora, Kamis (4/2/2021).

Ia pun belum bisa memberi kepastian apakah tahun ini jemaah calon haji asal Blora diberangkatkan atau tidak. Tetapi pihaknya telah mempersiapkan segenap peranti pemberangkatan haji.

"Persiapan keberangkatan ditunda. Terus untuk paspor kami kumpulkan di sini. Jadi kalau sewaktu-waktu ada instruksi pemberangkatan kami sudah siap," kata dia.

Diketahui, tahun 2021 kalau pun toh ada pemberangkatan jemaah calon haji maka untuk Kabupaten Blora terdapat 617 jemaah yang akan berangkat. Jumlah tersebut sedianya berangkat 2020. Namun karena waktu itu tidak ada pemberangkatan jemaah haji dari Indonesia, maka rencananya pemberangkatkan diundur tahun ini.

Kemudian untuk ibadah umrah, pihaknya tidak bisa memastikan. Sebab sejauh ini terkait mekanisme umrah sepenuhnya di tangan biro perjalanan. Pihaknya sekadar memberi rekomendasi pembuatan paspor ke kantor imigrasi untuk jemaah yang akan umrah.

Sejak Januari 2021, tercatat sudah ada 12 jemaah yang mengajukan permohonan rekomendasi pembuatan paspor ke Kemenag Blora. Kemudian pada 2020 hanya sekitar 200 jemaah yang mengajukan permohonan rekomendasi.

"Kalau rekomendasi pembuatan paspor umrah, sebelum pandemi setahun itu bisa 800 permohonan," ujarnya.

Hal senada disampaikan Kepala Seksi Haji dan Umroh Kemenag Blora, Drs. H. Dwiyanto, M.Ag. Ia menambahkan bahwa menurut informasi, Menteri Agama dan Menteri Kesehatan sedang melakukan koordinasi dengan Duta Besar Arab Saudi terkait pelaksanaan ibadah haji.

“Kami tunggu informasi lebih lanjut. Menteri Agama dan Menteri Kesehatan sedang melakukan koordinasi dengan Duta Besar Arab Saudi, semoga ada solusi terbaik,” ujarnya.

Ia menyebut, larangan yang diberlakukan pemerintah Arab Saudi sampai dengan 17 Mei 2021. Padahal pada 15 Juni 2021 kloter pertama jemaah calon haji Blora diberangkatkan.

“Tanggal 15 Juni 2021 kloter pertama diberangkatkan. Semoga segera bisa dicabut larangan itu,” harapnya.

Pihaknya juga menyatakan sudah melakukan koordonasi dengan jemaah calon haji Blora jika nantinya mereka harus disuntik vaksin Covid-19 terlebih dahulu sebelum berangkat ke Tanah Suci . (Tim Dinkominfo Kab. Blora).


    Berita Terbaru

    KPU Blora Resmi Tetapkan Perolehan Kursi Parpol dan Caleg Terpilih Pemilu 2024
    03 Mei 2024 Jam 06:21:00

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blora resmi menetapkan perolehan kursi partai-partai...

    Berbusana Adat Jawa Tengah, Bupati Blora Pimpin Upacara Peringatan Hardiknas 2024
    02 Mei 2024 Jam 20:06:00

    Bupati Blora Arief Rohman memimpin upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024...

    Kesempatan Bagi ASN Isi Jabatan Dewan Pengawas Perumda Air Minum Tirta Amerta Blora
    02 Mei 2024 Jam 15:35:00

    Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Amerta Kabupaten Blora membuka kesempatan bagi...