Pelaku Usaha dan Pemuda Kelurahan Beran Ikuti Pelatihan Digital Marketing


Puluhan pelaku usaha dan pemuda di kelurahan Beran, Kecamatan Blora, Kabupaten Blora mengikuti pelatihan digital marketing dalam rangka kegiatan pengembangan usaha mikro dengan orientasi peningkatan skala usaha menjadi usaha kecil di kelurahan setempat.

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah (Dindagkop UKM), Sarmidi, SP, MM melalui Kepala Seksi Usaha Kecil Dan Menengah, Sri Raharjo, SE, MM menjelaskan pelatihan dilaksanakan selama dua hari, Senin (29/3/2021) hingga Selasa (29/3/2021) di kantor Kelurahan Beran.

“Kegiatan ini dilaksanakan Dindagkop UKM bekerjasama dengan Komis A dan B DPRD Kabupaten Blora,” jelasnya, di Blora, Senin (29/3/2021).

Sejumlah narasumber yang dihadirkan, kata dia, meliputi pegiat, praktisi dan akademisi digital marketing. Yakni, Taufik Nurhidayat, Joko Handoyo dan Edy Yulianto. Adapun peserta yang ikut dalam pelatihan sebanyak 40 orang terdiri pelaku usaha dan pemuda di kelurahan Beran.

Kepala Kelurahan Beran Suratno, SE, MA menyambut baik terselenggaranya pelatihan bagi pelaku usaha di wilayahnya. Ia berharap, peserta bisa mengikuti dengan sungguh-sungguh sehingga hasil dari pelatihan nantinya bisa diimplementasikan dalam pengembangan usaha mandiri.

“Kami harapkan pelatihan ini diikuti dengan baik dan serius hingga selesai,” ucapnya.

Anggota Komisi A DPRD Blora M. Ahmad Faishol, selaku aspirator, antara lain menyampaikan, bonus demografi akan menjadi peluang bagi pelaku digital bisnis untuk mengembangkan usaha.

Dengan demikian, melalui pelatihan itu diupayakan untuk memotivasi pemuda untuk belajar binis melalui digital marketing.

“Intinya kita harus memulai, bahwa selain kritis dan informatif maka harus produktif. Bonus demografi mendorong kita untuk produktif, keterampilan apa saja, asal jalan, sekecil apapun, menghasilkan uang, tentu sangat diharapkan sudah bisa memberikan sumbangsih kepada bangsa dan negara,” kata dia.

Ia mencontohkan, ada seorang warga Blora, alumni UGM, yang namanya Yoyok, telah berhasil mengembangkan digital marketing hingga merambah pasar di dalam hingga luar negeri.

“Produk yang dijual adalah kerajinan jam kayu dari Blora,” kata dia.

Hal itu, lanjutnya, sungguh luar biasa. Sebab, mau tidak mau pada era sekarang ini, masyarakat harus pandai mencari dan mengembangkan peluang bisnis melalui teknologi.

“Dari rumah, sudah bisa mengembangkan usahanya. Jadi, digital marketing adalah solusi,” tegas dia.

Ketua Komisi B DPRD Blora (Bidang Perekonomian dan Keuangan) Yuyus Waluyo menyampaikan apresiasi pelatihan yang dilaksanakan dan mengucapkan terimakasih kepada aspirator, yakni M. Ahmad Faishol.

“Pengembangan pasar saat ini tidak hanya melalui pasar tradisional saja, tetapi melalui digital marketing, dari rumah, sudah bisa secara mandiri untuk bisa menghasilkan pendapatan,” ungkapnya.

Hal senada disampaikan oleh anggota Komisi B DPRD Blora, Jayadi. Menurut dia, program kegiatan itu harus dilanjutkan yang lebih bagus.

“Kami berharap kedepan, dari sekian peserta ini ada salah satu, bahkan semuanya, menjadi pengusaha yang sukses,” harapnya.

Pada kesempatan yang sama Wakil Ketua DPRD Blora, Mustofa, setelah menerima masukan dari perwakilan peserta pelatihan, mengatakan akan menampung semua aspirasi warga setempat sehingga nanti bisa dianggarkan.

“Aspirasinya akan kita tampung, dan nanti dianggarkan,” kata dia.

Sementara itu, peserta yang ikut bimtek antusias mengikuti kegiatan dan paparan narasumber. Pelatihan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan berlansung tertib dan lancar.

Turut hadir pada acara itu, sejumlah anggota DPRD Blora, di antaranya Munawar, Lina Hartini, Donny Kurniawan dan Siswanto. (Tim Dinkominfo Blora).

    Berita Terbaru

    Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar PGP, Bupati Blora Minta Guru Semakin Kreatif dan Inovatif
    24 April 2024 Jam 00:58:00

    Bupati Blora H. Arief Rohman secara resmi membuka Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar, Program...

    PENGUMUMAN PENGADAAN CALON DEWAN PENGAWAS PERUMDA AIR MINUM TIRTA AMERTA KABUPATEN BLORA
    23 April 2024 Jam 10:55:00

    Perumda Air Minum Tirta Amerta Kabupaten Blora membuka kesempatan bagi ASN untuk mengisi...

    Kolaborasi, BBWS Bengawan Solo dan DPUPR Blora Atasi Longsoran Sungai di Desa Panolan, Gadon dan Kelurahan Ngelo
    22 April 2024 Jam 18:35:00

    Jajaran Bidang Operasi dan Pemeliharaan (OP) Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo...