Seni dan Budaya

Pengelola Wisata Diimbau Patuhi Prokes


Dinas Kepemudaan Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten (Dinporabudpar) Blora mengimbau pada pengelola tempat wisata selalu menerapkan Protokol Kesehatan, hal ini untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di bidang pariwisata.

"Imbuan ini untuk antisipasi membludaknya pengunjung di tempat wisata pada libur hari raya Idulfitri, " jelas Kepala Dinporabudpar Kabupaten Blora Slamet Pamudji, SH,M.Hum, Minggu (16/5/2021).

Selain menerepkan protokol kesehatan dan pengunjung bisa dibatasi.

"Kami nanti pantau dan salalu komunikasi dengan para pengurus tempat wisata, tempat wisata juga diimbau bisa menyiapkan tempat cuci tangan dan selalu membersihkan lokasi wisata sebelum buka dan setelah tutup, " kata dia.

Hanif Masadini (30), salah seorang pengurus destinasi wisata bukit Kunci mengatakan pihaknya telah mengantisipasi jika terjadi membludaknya pengunjung selama libur ini.

“Sebelum masuk lokasi, para pengunjung kita cek suhu tubuhnya, kemudian kita minta untuk cuci tangan, bahkan nanti kami akan membatasi pengunjung yang ada di lokasi wisata,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga menyiapkan disinfektan untuk membersihkan lokasi wisata setiap pagi atau sore hari pada sejumlah fasilitas wisata bukit Kunci.

“Semua fasilitas disemprot disinfektan, ini terus kami lakukan sejak pademi Covid-19,” katanya.

Untuk menjaga agar tidak kerumunan, pengurus wisata Bukit Kunci juga dibantu Babinsa dan Bhabinkamtibmas untuk menjaga situasi di tempat wisata.

"Kami juga bersinergi dengan Babinsa dan Bhabinkamtibmas, untuk mensosialisasikan protokol kesehatan, serta agar para pengunjung tidak berkerumun," terangnya.

Seperti diketahui wisata Bukit Kunci dikelola oleh para pemuda setempat dengan menjual view alam yang menarik dan memesona untuk mempromosikan potensi wisata desa.

Untuk menuju ke Bukit Kunci relatif mudah ditempuh dengan kendaraan sepeda motor atau mobil.

Jika cuaca cerah, pada jam tertentu pengunjung bisa menyaksikan keindahan Gunung Lawu yang tampak jelas dari jauh.

Kemudian, hamparan hutan, pemukiman dan persawahan hijau yang ada di bawah lokasi bukit Kunci, membuat mata memandang terkesima diterpa semilir angin yang membuat rindu dan betah berada di Bukit Kunci.

Di lokasi tersebut juga dikembangkan tanaman secara hidroponik oleh pemuda desa Bangowan sehingga menginspirasi para pengunjung khususnya para remaja. (Tim Dinkominfo Blora).

    Berita Terbaru

    Perempuan Diajak Ikut Berperan Dalam Pembangunan Politik di Indonesia
    13 Agustus 2022 Jam 18:00:00

    Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati, ST, MM membagikan pengalamannya selama berkecimpung dalam...

    Sebanyak 288 Jemaah Haji Kabupaten Blora Tiba dengan Selamat dan Sehat di Kampung Halaman
    13 Agustus 2022 Jam 17:44:00

    Sebanyak 288 jemaah haji Kabupaten Blora tahun 2022 akhirnya tiba kembali di kampung halaman....

    Infografis Monitoring Data COVID-19 dan Update Vaksinasi, Sabtu 13 Agustus 2022
    13 Agustus 2022 Jam 16:45:00

    Informasi terkini tentang monitoring data Covid-19 dan vaksinasi serta peta zonasi risiko...