Berita Terkini

Sidomulyo Bakal Jadi Model Desa Binaan Pengentasan Kemiskinan dari IAIN Pekalongan


Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP, M.Si dan Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati, ST, MM, melakukan diskusi secara virtual ‘Ngobrol Bareng’ dengan Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan, Zaenal Mustakim, dari tempat masing-masing, Rabu (21/7/2021) malam.

Agenda diskusi tersebut membahas tindaklanjut kerjasama di bidang pendidikan maupun pendampingan desa.

Salah satunya melalui rencana pendampingan di Desa Sidomulyo, Kecamatan Banjarejo sebagai modelnya atau pilot project perdana. Sekaligus untuk menyerap masukan-masukan dari Kepala OPD Pemkab Blora terkait untuk mematangkan rencana.

Sebelumnya, implementasi kerjasama di bidang pendidikan sudah mulai dilaksanakan.

“Sebagai bentuk tindak lanjut Mou Pemkab dengan Pak Rektor, kita sudah mewujudkan dalam bentuk konkret, yang pertama, terkait penerimaan mahasiswa yang nanti akan kita fasilitasi bersama Pak Rektor juga. Supaya anak-anak Blora bisa kuliah di IAIN Pekalongan” ungkap Bupati.

Selain di bidang pendidikan, Bupati berharap, agar IAIN Pekalongan juga dapat membimbing desa-desa yang ada di Kabupaten Blora agar mereka bisa bangkit dan lebih maju. Mengingat jumlah desa yang dikategorikan miskin di Blora terbilang cukup banyak.

“Selain beasiswa, kami ingin Pak Rektor, untuk bisa dibimbing dan dibantu terkait pendampingan desa-desa yang ada di Kab. Blora. Kita ingin fokus, sebagai awal umpamanya disepakati dengan Desa sidomulyo, Kecamatan Banjarejo yang juga kampung halaman Pak Rektor,” ucapnya.

Disampaikannya, Desa Sidomulyo merupakan pedesaan yang berada didaerah pinggiran hutan. Dalam catatan Bappeda maupun Dinas Sosial, Desa Sidomulyo merupakan salah satu desa miskin.

“Kita ingin Desa Sidomulyo ini menjadi percontohoan, prototype, dalam satu kecamatan ada satu desa yang didampingi perguruan tinggi dalam hal ini IAIN Pekalongan,” harap Bupati.

"Tentunya, dengan bersinergi dengan kades dengan para pihak lain yang bisa digandeng untuk “keroyok” ramai-ramai mengatasi permasalahan di Sidomulyo yang sekarang tercatat sebagai desa miskin, nantinya agar bisa kelaur dari kemiskinan,” sambungnya.

Sementara itu Rektor IAIN Pekalongan, Zaenal Mustakim mengungkapkan, bahwa pihaknya siap mendukung Pemkab Blora dengana melakukan pendampingan di Desa Sidomulyo.

“Kita mencoba akan mengimplementasikan MoU yang kedua yaitu untuk penelitaian dan pengabdfian masyarakat, Kita akan membuat dua tim yang akan di Sidomulyo kalau bisa Agustus atau September ini diterjunkan, itu tim yang terdiri dari dosen dan mahasiswa, " ungkapnya.

Rencananya, untuk mahasiswa akan ada KKN tematik di desa tersebut dan untuk dosen akan melakukan pengabdian masyarakat. Rencananya pendampingan akan dilakukan secara berkelanjutan.

“Yang ini tidak akan cukup dalam satu tahun, ini kita rencananya akan dua tiga tahun berturut-turut disana” jelasnya.

Menindaklanjuti hal tersebut, Imam K. Nafy dari IAIN Pekalongan, memaparkan bahwa konsep pemberdayaan masyarakat dengan membersamai masyarakat.

“Kita akan membersamai masyaarakat untuk bisa mengetahui potensi yang ada, mendampingi masyarakat untuk melakukan perencanaan yang baik, dan kemudian pengembangan kedepannya” ungkapnya.

Menurutnya, kegiatan pengabdian tersebut tidak hanya kegiatan pada umumnya saja. Rencananya IAIN akan menjadikan Desa Sidomulyo sekaligus menjadi laboratorium sosial keagamaan.

Imam menjelaskan, setelah ini tim nya akan melakukan survey pendahuluan ke lapangan melakukan pemetaan sosial, potensi-potensi desa. Baru kemudian melakukan treatment.

“Akhir Agustus atau maksimal awal September inshaallah bisa dimulai untuk eksekusi, sementara ini Desa Sidomulyo akan menjadi pilot projectnya. Kedepannya kalau pandemi ini mereda, kita bisa kirim mahasiswa secara kontinyu ke desa tertinggal yang kita pilih,” paparnya.

Berdasarkan data dari Dinas Sosial terdapat 1946 Kepala Keluarga di Desa Sidomulyo. Dari data tersebut, sebanyak 1141 menerima BPNT dari Kemensos dan 564 KK menerima PKH.

Diskusi secara virtual tersebut diikuti oleh Sekda Blora, Kepala Bappeda Blora beserta Kabid, Kepala DInas Sosial P3A Blora, Kepala Dinkominfo Blora, Kepala Dinas Pendidikan Blora, Kepala Dinas PMD Blora, Wakil Rektor IAIN Pekalongan, LP2M IAIN Pekalongan, Camat Banjarejo, Kepala Desa Sidomulyo dan Ketua BUMDES Sidomulyo. (Tim Dinkominfo/Tim Liputan Prokompim).

    Berita Terbaru

    Bupati Apresiasi Peran Aktif KPK RI Dampingi Kabupaten Blora Dalam Upaya Pencegahan Korupsi
    28 Juli 2021 Jam 17:15:00

    Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP, M.Si mengapresiasi peran aktif KPK RI yang telah mendampingi...

    Infografis Monitoring Data Covid-19, Rabu, 28 Juli 2021
    28 Juli 2021 Jam 12:46:00

    Infografis monitoring data COVID-19 diharapkan menjadi perhatian seluruh warga masyarakat Blora...

    Bupati Mendorong Masyarakat Ikut Vaksinasi Untuk Perangi Penyebaran Virus Corona
    27 Juli 2021 Jam 19:30:00

    Bupati H. Arief Rohman, S.IP, M.Si bersama Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati, ST, MM, Kapolres...