SMKN 1 Blora Menyelenggarakan Kelas Inspiratif, How To Become A Successful Entrepreneur


Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Blora menyelenggarakan sekolah pencetak wirausaha melalui program kelas inspiratif, Rabu (4/8/2021).

Kegiatan dilaksanakan secara daring dan luring dengan menghadirkan sejumlah nara sumber yang disentralkan dari ruang pertemuan sekolah setempat.

Adapun narasumber yang dihadirkan adalah Sodikun, ST,MM, MT alumni sekolah setempat (STM), dosen tetap Universitas Pancasila Jakarta, dan telah sukses memimpin perusahaan besar.

Kemudian Noor Fitrihana, ST, S.Pd, M.Eg, Dosen Tata Busana Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang juga konsultan trainer. Acara dibuka oleh Kepala Cabang Dinas Wilayah IV, Budi Santosa, S.Pd, M.Pd, M.Si.

Kepala Cabang Dinas Wilayah IV, Budi Santosa, S.Pd, M.Pd, M.Si. mengatakan, selaku perwakilan pemerintah provinsi Jawa Tengah mengapresiasi terselenggaranya webinar yang diselenggarakan di SMKN 1 Blora.

“Kami berterimakasih atas partisipasi yang sangat aktif dari para alumni sehingga terselenggara acara yang sangat prestisius ini. Acara ini sangat luar biasa, nampak di layar saya ada 864 peserta yang mengikuti acara webinar ini. Semoga acara ini memberi manfaat bagi kita semua. Karena semua sama misinya yakni meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan di tanah air tercinta ini,” ungkapnya.

Dikatakannya, judul webinar ini sangat tepat sekali yakni “How To Become A Successful Entrepreneur”, dimana tema itu lagi hangat di tanah air kita.

“Kalau semua murid mengharapkan jadi ASN adalah sesuatu yang sangat sulit sekali dan menjadi Entrepreneur, tidak kalah gagahnya dengan ASN. Oleh karena itu kami sangat apresiasi sekali yang ditempuh oleh SMKN 1 Blora,” tambahnya.

Pihaknya berharap semoga upaya dan langkah yang ditempuh SMKN 1 Blora ini dimudahkan dan dimampukan oleh Allah SWT, sehingga nantinya siswa-siswinya bisa lulus, sukses. Tidak hanya melanjutkan ke perguruan tinggi dan bekerja tetapi juga menjadi Successful Entrepreneur.

Sementara itu Sodikun, ST,MM, MT di sela penyampaian paparannya mengajak kepada para siswa untuk tidak menyerah. Semakin sulit proses yang dilalui maka kelak akan semakin hebat. Sebaliknya, semakin mudah di kehidupan sekarang, maka suatu saat akan ada kesulitan kedepannya.

“Makanya harus siap dengan kegagalan saat ini, biar nanti yang tersisa adalah kesuksesannya. Kalau kalian pingin jadi Bupati, persiapkan diri kalian dari sekarang Kalau kalian ingin jadi pengusaha persiapkan diri kalian dari sekarang. Kalau kalian ingin jadi tentara atau polisi, latihan fisik dari sekarang. Jadi kalian harus tentukan, harus fokus,” kata Sodikun.

Narasumber berikutnya, Noor Fitrihana, ST, S.Pd, M.Eg, Dosen Tata Busana Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dalam paparannya antara laian menyampaikan bahwa di era digital, adik-adik akan diberi kemudahan.

“Dimana kita membuka usaha bisa hanya bermodalkan infrastruktur digital yang sangat-sangat cenderung murah. Kemudian bisa dijangkau, dan semua koneksi bisa kita cari dalam genggaman tangan kita dengan smartphone,” ujarnya.

Kepala Sekolah SMKN 1 Blora Miftahul Ulum, SPd. MPd, dalam penutupan acara menyampaikan bahwa kelas inspiratif akan dilaksanakan kembali pada tiga minggu kedepan bersama alumni sekolah setempat, yakni Letkol Agus Supriyono, anggota TNI yang berprestasi dan bersama taruna cendikia dengan tema Bagaimana Meraih Sukses di Sekolah Kedinasan.

“Jadi nanti akan berbagi tips-tips sekolah kedinasan dan informasi lainnya terkait sekolah kedinasan. Untuk itu kami harapkan bagi anak-anak siswa SMKN 1 Blora untuk berpartisipasi aktif,” tutupnya.

Sebelum acara webinar dimulai ditampilkan tutorial pembuatan buket bunga dari alumni siswa setempat yang telah ditekuni sejak tahun 2018 dan meraih sukses hingga sekarang. (Tim Dinkominfo Blora).


    Berita Terbaru

    Wabup Minta Industri Kecil Menengah di Blora Terus Berinovasi
    17 September 2021 Jam 19:09:00

    Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati, ST., MM secara simbolis menyerahkan bantuan untuk kegiatan...

    Infografis Monitoring Data COVID-19, Jumat 17 September 2021
    17 September 2021 Jam 18:22:00

    Infografis monitoring data COVID-19 diharapkan menjadi perhatian seluruh warga masyarakat Blora...

    World Cleanup Day 2021, Wabup Ingatkan Resik Iku Becik
    17 September 2021 Jam 18:20:00

    Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati,ST.,MM., memimpin apel World Cleanup Day 2021 di kawasan...