Posyantek Desa Nglobo Raih Juara 2 TTG XXII 2021


Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna "Wadah Karya Lestari" pimpinan Muhammad Ilham, dari Desa Nglobo berhasil memperoleh juara kedua tingkat nasional dalam acara Gebyar Teknologi Tepat Guna (TTG) ke XXII di Kementerian Desa dan PDTT.

Kabar ini disampaikan langsung oleh Bupati H. Arief Rohman, S.IP., M.Si ketika dihubungi Senin (20/9/2021).

"Iya, alhamdulillah Blora dapat juara kedua nasional kategori Posyantek Desa Berprestasi 2021. Yakni Posyantek Desa Nglobo, yang kemarin kita dampingi untuk menerima penghargaan dari Gus Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar di Gedung Makarti, Kalibata Jakarta. Juara satunya dari Sumedang, dan juara ketiga dari Riau," ungkap Bupati.

Dengan memanfaatkan limbah kayu, limbah plastik dan lain-lain yang dijadikan berbagai macam aksesories, Posyantek ini kedepan diharapkan Bupati bisa mendukung Desa Nglobo menjadi desa wisata.

Lebih lanjut Bupati menyampaikan harapan dan optimismenya bahwa Posyantekdes Wadah Karya Lestari dapat membantu Pemerintah Kab. Blora dalam menggerakkan roda perekonomian.

"Posyantekdes ini membantu pemerintah mengurangi pengangguran dan menggerakkan perekonomian desa. Pemkab mendukung perkembangan posyantekdes baik dari sisi modal maupun pemasaran, salah satunya melalui Dekranasda," kata Bupati.

"Semoga prestasi yang telah dicapai Posyantek Nglobo bisa ditiru oleh desa-desa lainnya. Mari kita kembangkan potensi desa masing-masing," ujar Bupati.

Sementara itu, terpisah Muhammad Ilham mengaku senang dan bahagia atas capaian prestasi di tingkat nasional ini.

"Alhamdulillah, maturnuwun atas dukungan dari Pemkab dan Pemprov maupun Dinas terkait. Semoga penghargaan ini bisa terus memotivasi kami untuk lebih maju dan bermanfaat untuk masyarakat Blora umumnya. Kita ingin Nglobo bisa menjadi desa unggulan di Kabupaten Blora dengan teknologi pengolahan limbah nya," ujar Ilham.

Dirinya mengaku saat menerima penghargaan didampingi langsung oleh Bupati H. Arief Rohman, S.IP., M.Si, dan diantar Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD).

Sedangkan Menteri Desa PDTT terus mendorong inovasi dan teknologi tepat guna berperan mempercepat laju kemajuan desa. Percepatan laju pembangunan ini menurutnya menjadi ukuran peningkatan daya saing desa.

"Daya inovasi dan pengembangan teknologi tepat guna menjadi salah satu fokus dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT). Saat ini, puluhan ribu teknologi tepat guna telah ditemukan dan diterapkan oleh para inovator untuk membantu mengembangkan produk unggulan maupun memenuhi kebutuhan infrastruktur desa. Kami harap ini terus dikembangkan. Selamat kepada para pemenang," pesan Menteri.

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Blora, Kepala Dinas PMD, dan Kades Nglobo. (Tim Dinkominfo/Prokompim Blora).

    Berita Terbaru

    Kalaksa BPBD Blora : Pos Komando Tanggap Darurat Bencana 2024 Dilaksanakan Lintas Sektoral
    15 April 2024 Jam 13:43:00

    Pemerintah Kabupaten Blora mendirikan pos komando tanggap darurat bencana banjir, tanah longsor...

    Jelang Lebaran Ketupat 2024, Penjual Janur Kelapa Bermunculan di Pasar Tradisional
    12 April 2024 Jam 12:24:00

    Penjual janur kelapa mulai bermunculan di pasar tradisional Blora, Jawa Tengah menjelang Lebaran...

    Aman dan Lancar, Pengamanan Idulftri 1445 H dan Arus Mudik Polres Blora Diapresiasi Bupati
    11 April 2024 Jam 09:49:00

    Bupati Blora Dr. (Chand) H. Arief Rohman, SIP, M. Si menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan...