Seputar Blora

Pelatihan Jurnalistik Bagi Kader Tim Penggerak PKK Kabupaten Blora


Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Blora menggelar pelatihan jurnalistik bagi kader Tim Penggerak PKK di wilayah kabupaten setempat.

Acara dilaksanakan di pendopo rumah dinas Bupati Blora dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19, Selasa (19/10/2021).

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Dinkominfo Blora Ignatius Ary Susanto, S.Sos, M.Si., menyampaikan maksud diselenggarakannya pelatihan jurnalistik itu untuk menambah wawasan serta meningkatkan kemampuan dan keterampilan tentang peran dan fungsi seorang jurnalis kepada para kader PKK di Kabupaten Blora.

“Tujuannya , menjalin kerjasama diseminasi informasi kepada kader PKK di Kabupaten Blora untuk ikut berperan dalam memberikan edukasi kepada masyarakat melalui karya jurnalistiknya apag pembangunan dan potensi-potrensi di daerahnyua dapat dipublikasikan melalui media sosial,” terangnya.

Peserta pelatihan, menurut Ary Susanto sebanyak 50 orang terdiri perwakilan kader TP PKK Kecamatan dan Pengurus TP PKK Kabupaten.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinkominfo Drs. Sugiyono, M.Si., berharap agar para peserta bisa mengikuti dengan baik materi yang disampaikan oleh narasumber sehingga mampu berperan dalam penyebarluasan informasi kebijakan pemerintah maupun informasi-infomasi yang mengispiratif dan tidak mudah terpengaruh dengan berita hoaks.

Hal itu dikarenakan Tim Pengegerak PKK adalah mitra kerja pemerintah dan organisasi kemasyarakatan, yang berfungsi sebagai fasilitator, perencana, pelaksana, pengendali dan penggerak pada masing-masing jenjang demi terlaksananya program PKK.

“Melalui fungsi tersebut Tim Penggerak PKK perlu dikembangkan dengan berbagai pengetahuan maupun keterampilan. Salah satunya adalah pengetahuan dan keterampilan jurnalistik,” jelas Kepala Dinkominfo Blora.

Hal itu, tambahnya, agar dapat ikut berperan dalam penyebarluasan informasi kebijakan pemerintah dalam membangun kesejahteraan masyarakat, keluarga dan lingkungan melalui media yang diminati oleh masyarakat.

Sementara itu Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Blora, Hj. Ainia Shalichah SH, M.Pd.AUD., M.Pd.BI dalam sambutan dan arahannya antara lain menyampaikan apresiasi terselenggaranya pelatihan jurnalistik itu.

“Mungkin ini yang pertama dilaksanakan. Jadi selain konsen pada stunting dan lainnya, kita juga perlu paham dengan bagiamana jurnalistik. Kami sangat mengapresiasi dan menyampaikan terimakasih kepada Dinkominfo Blora,” ucapnya.

Pihaknya optimis, kader PKK dapat bersama-sama memberikan kontribusi serta memberikan pelayanan informasi untuk meningkatkan nilai tambah sehingga diharapkan dapat tercapai masyarakat informasi.

Melalui pelatihan itu diharapkan para kader PKK Kabupaten Blora bisa memperoleh informasi dan ide baru untuk diterapkan dalam memberikan pembinaan pada warga.

Adapun narasumber yang dihadirkan dalam pelatihan, yaitu Kasiyanto, SE., Direktur LPPL Radio Gagak Rimang dengan materi Digital Jurnalism. Teguh Rudianto,S.Sn Kontributor berita dan foto Info Publik yang menyampaikan materi teknik dasar penulisan bereita daan membuat foto ilustrasi menjadi indah memikat.

Selanjutnya, Heri Purnomo, SH, Ketua PWI Blora dengan menyampaikan materi Kode Etik Jurnalistik. (Tim Dinkominfo Blora).

    Berita Terbaru

    Berusia 74 Tahun, RSUD dr. Soetijono Blora Punya 6 Inovasi Layanan Kesehatan
    25 April 2024 Jam 17:47:00

    Bertepatan dengan peringatan ulang tahunnya ke-74, Kamis (25/4/2024), RSUD dr. R. Soetijono...

    Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar PGP, Bupati Blora Minta Guru Semakin Kreatif dan Inovatif
    24 April 2024 Jam 00:58:00

    Bupati Blora H. Arief Rohman secara resmi membuka Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar, Program...

    PENGUMUMAN PENGADAAN CALON DEWAN PENGAWAS PERUMDA AIR MINUM TIRTA AMERTA KABUPATEN BLORA
    23 April 2024 Jam 10:55:00

    Perumda Air Minum Tirta Amerta Kabupaten Blora membuka kesempatan bagi ASN untuk mengisi...