Seni dan Budaya

Jelang Hari Jadi ke-272 Dilaksanakan Ziarah Makam Bupati Blora Terdahulu di Luar Kabupaten


Mengusung tema "Bangkit Berjuang Sesarengan Mbangun Blora" rangkaian kegiatan peringatan Hari Jadi ke-272 Kabupaten Blora tanggal 11 Desember 2021 dilaksanakan.

Setelah diawali acara pembuka dengan pertunjukan wayang kulit secara virtual
yang dihelat Dinas Kominfo Blora di balai desa Jipang, Kecamatan Cepu Minggu (28/11/2021), kemudian dilanjutkan rangkaian kegiatan kedua yakni ziarah dan tabur bunga ke makam Bupati Blora terdahulu di luar kabupaten setempat, Rabu (1/12/2021).

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Blora, A. Mahbub Djunaidi,S.Pd., M.Si mengemukakan kegiatan ziarah dan tabur bunga ke makam Bupati Blora yang berada di luar kabupaten Blora telah disepakati Sekretaris Daerah Kabupaten Blora Komang Gede Irawadi, SE, M.Si selaku ketua panitia peringatan Hari Jadi Kabupaten Blora ke-272.

“Kegiatan ziarah dan tabur telah disepakati Sekretaris Daerah Kabupaten Blora selaku ketua panitia peringatan Hari Jadi ke-272 Kabupaten Blora. Koordinatornya dari Bagian Kesra. Seperti tahun sebelumnya, kita gelar doa bersama di masing-masing makam," jelasnya di Blora, Rabu (1/12/2021).

Menurutnya, ziarah dan tabur bunga telah menjadi agenda rutin tahunan menjelang peringatan Hari Jadi Blora.Namun pada tahun ini berbeda dari sebelumnya karena dilaksanakan di massa pandemi Covid-19.

“Tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya, kita tetap mengedepankan protokol kesehatan dan membatasi peserta. Ziarah dan tabur bunga ini dilaksanakan sebagai bentuk penghormatan atas jasa almarhum Bupati yang telah memimpin Blora. Selain itu untuk mempererat tali silaturahmi dengan keluarga,” jelasnya.

Kabag Kesra Setda Blora menyebut, rundown acara telah disusun untuk kegiatan ziarah dan tabur bunga ke sejumlah makam bupati Blora terdahulu.

“Rundownnya sudah kita susun. Berangkat hari Rabu (1/12/2021) pukul 06.30 WIB. Titik kumpul di kantor Bupati Blora,” jelasnya.

Dari kantor Bupati Blora perjalanan menuju Semarang ke makam almarhum Bupati Blora Soekardi Hardjoprawiro, MBA yang menjabat bupati 1989-1999 di TPU Salaman Moyo Kec. Semarang Barat.

Kemudian dilanjutkan ke makam Almarhum Bupati Soekirno Sastro Dimejo yang menjabat Bupati Blora tahun 1960-1966 di TPU Jangkang Kelurahan Jomblang Kec Candisari, Semarang.

Dari Semarang, dilanjutkan ziarah dan tabur bunga menuju kabupaten Temanggung ke makam almarhum Bupati H. Soemarno, SH yang menjabat Bupati Blora tahun 1979-1989.

Setelah itu, pada Kamis (2/12/2021) ziarah dan tabur bunga dilanjutkan ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusumanegara Yogyakarta.

Yaitu makam almarhum Bupati Soepadhi Joedodarmo yang menjabat Bupati Blora tahun 1973-1979.

Berikutnya menuju ke TMP Kusuma Bhakti Kecamatan Jebres, Kota Surakarta untuk melaksanakan kegiatan yang sama di makam almarhum bupati Srinardi, yang menjabat Bupati Blora tahun 1966-1973.

"Semoga Allah SWT selalu memberkahi kita semua, berkat kita mendoakan pimpinan kita, Allah SWT juga memberkati pimipinan kita yang sekarang, sehingga tujuan Bapak Bupati kita yang sekarang untuk menjadikan Blora yang unggul dan berdaya saing diijabah (dikabulkan) Allah SWT, Amin," ungkap A. Mahbub Djunaidi,S.Pd., M.Si.

Ziarah dan tabur bunga diikuti perwakilan dari Kementerian Agama Blora, Kesbangpol, Setda Blora, Dinkominfo Blora. (Tim Dinkominfo Blora).

    Berita Terbaru

    Infografis Monitoring Data COVID-19 dan Update Vaksinasi, Senin, 23 Mei 2022
    23 Mei 2022 Jam 14:55:00

    Informasi terkini tentang monitoring data Covid-19 dan vaksinasi serta peta zonasi risiko...

    Infografis Monitoring Data COVID-19 dan Update Vaksinasi, Minggu, 22 Mei 2022
    22 Mei 2022 Jam 15:40:00

    Informasi terkini tentang monitoring data Covid-19 dan vaksinasi serta peta zonasi risiko...

    Sebagai Ungkapan Bangga dan Apresiasi, Bupati Blora Akan Kunjungi Peraih Medali Sea Games Vietnam
    22 Mei 2022 Jam 13:24:00

    Dua anak Blora, Yasin dan Siti Nafisatul Hariroh (20), atlet angkat besi asal Blora, berhasil...