Seni dan Budaya

Ziarah Tiga Makam Bupati Blora di Semarang dan Temanggung Khidmat Dilaksanakan


Ziarah di tiga makam almarhum Bupati Blora di Semarang dan Temanggung telah dilaksanakan dengan khidmat oleh perwakilan rombongan Pemkab Blora, Rabu (1/12/2021).

Kegiatan tahunan itu menjadi agenda rutin menjelang peringatan Hariari Jadi Kabupaten Blora 11 Desember.

Untuk ziarah dan tabur bunga makam Bupati Blora di luar kabupaten kali ini dilaksanakan lebih awal pada bulan Desember 2021 secara maraton.

Hari pertama, Rabu (1/12/2021) dilaksanakan di tiga makam almarhum Bupati Blora.

Yaitu, di makam almarhum Bupati Blora Soekardi Hardjoprawiro, MBA, yang menjabat bupati 1989-1999. Makamnya di TPU Salaman Moyo Kec. Semarang Barat.

Kedatangan rombongan disambut dengan baik oleh Kombes Polisi Purnawirawan Hj. Tien Supartini istri almarhum Bupati Blora Soekardi Hardjoprawiro dan keluarga.

Dirinya mengatakan rasa syukur dan haru atas perhatian dari Pemkab Blora.

"Sebenarnya pada 11 Desember nanti Bapak akan ke Blora. Tapi Allah berkehendak lain. Dan pada 11 Desember nanti genap 100 hari Pak Soekardi," ungkapnya.

Menjelang hari jadi ke-272 Kab. Blora, Hj.Tien Supartini mengungkapkan semoga para pejabat dan rakyat Blora selalu bahagia, guyub rukun, supaya mendapatkan pahala yang baik dari Allah SWT.

"Biasanya ada lomba-lomba ya. Mudah-mudahan saling mencintai, saling membantu, sehingga tidak ada yang kurang sesuai. Saya mendoakan semoga kita semua diberi panjang umur oleh Allah SWT, bapak-bapak sampai pensiun," ucapnya.

Menanggapi Hj. Tien, Kabag Kesra Setda Blora A. Mahbub Djunaidi,S.Pd., M.Si menyampaikan dalam acara Dzikir Bersama, (5/12/2021) nanti akan disampaikan doa dan diperingati 100 hari alm Bupati Blora Soekardi Hardjoprawiro.

"Kita doakan semoga Bapak Husnul Khatimah. Nanti, insyaallah,kita peringati 100 hari Bapak Soekardi. Karena pas tanggal 5 nanti kita adakan doa bersama untuk para Bupati," ucapnya.

Setelah silaturahmi beberapa saat, Rombongan dari Blora bersama Hj. Tien Supartini dan keluarga, kemudian melanjutkan ziarah dan tabur bunga di makam almarhum Bupati Soekardi.

Ziarah selanjutnya dilakukan ke makam almarhum Bupati Soekirno Sastro Dimejo
di TPU Jangkang Kelurahan Jomblang Kec Candisari, Semarang.

Soekirno menjabat Bupati Blora tahun 1960-1966 di TPU Jangkang Kelurahan Jomblang Kec Candisari, Semarang.

Kedatangan rombongan dari Blora diterima salah satu cucu Soekirno dan keluarga lainnya di gapura masuk TPU setempat.

Sementara Kepala Kemenag Blora H.M Kafit, S.Pd., M.Pd didampingi Plt Asisten Administrasi Setda Blora Drs. Sugiyanto, M.Si, Asisten Ekonomi Pembangunan Hariyanto, S.IP., M.Si., dan Kabag Kesra Setda Blora A. Mahbub Djunaidi,S.Pd., M.Si., menyampaikan maksud dan tujuan kedatangan rombongan dari Blora.

"Jadi kedatangan kami ingin melakukan ziarah dan mempererat hubungan silaturahim," ujarnya.

HM Kafit mendoakan, mudah-mudahan almarhum Bupati Soekirno diberi ampunan dan ditempatkan di surganya Allah SWT, sedangkan warga dan keluarga yang ditinggalkan diberi kesehatan, sakinah mawadah warahmah.

"Demikian juga kami yang ada di Blora, yang dalam menjalankan tugas diberi hidayah Allah SWT. Dan kabupaten Blora selalu kondusif, Sesarengan Mbangun Blora, agar kedepan lebih maju dan megah," ungkapnya.

Acara dilanjutkan dengan doa dan tabur bunga di makam alm Bupati Soekirno.

Dari Semarang, kemudian dilanjutkan ziarah dan tabur bunga menuju kabupaten Temanggung.
Yakni ke makam almarhum Bupati H. Soemarno Tjokro Saputro, SH yang menjabat Bupati Blora tahun 1979-1989.

Di tengah guyuran air hujan, kedatangan rombongan dari Blora memang sudah ditunggu pihak keluarga dan putra almarhum Bupati Soemarno.

Sejenak saling sapa, sambil berpayung agar terlindungi hujan, rombongan dari Blora dan keluarga almarhum Bupati Soemarno akhirnya melakukan ziarah dan tabur bunga di makam keluarga Wolodono Temanggung. Doa dipimpin oleh Kepala Kemenag Blora.

"Kami mewakili keluarga, mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Blora. Semoga warga Blora semuanya selalu sehat dan tetap ber-Mustika. Selamat Hari Jadi ke-272 Kabupaten Blora, semangat Sesarengan Mbangun Blora yang unggul dan berdaya saing," kata Sony, salah satu putra almarhum H. Soemarno Tjokro Saputro.

Setelah berpamitan, rombongan ziarah dari Blora meluncur ke Yogyakarta untuk bermalam, menunggu datangnya pagi di hari Kamis (2/12/2021) guna melanjutkan ziarah tabur bunga ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusumanegara Yogyakarta.

Yaitu makam almarhum Bupati Soepadhi Joedodarmo yang menjabat Bupati Blora tahun 1973-1979.

Berikutnya menuju ke TMP Kusuma Bhakti Kecamatan Jebres, Kota Surakarta untuk melaksanakan kegiatan yang sama di makam almarhum bupati Srinardi, yang menjabat Bupati Blora tahun 1966-1973.

"Semoga Allah SWT selalu memberkahi kita semua, berkat kita mendoakan pimpinan kita, Allah SWT juga memberkati pimipinan kita yang sekarang, sehingga tujuan Bapak Bupati kita yang sekarang untuk menjadikan Blora yang unggul dan berdaya saing diijabah (dikabulkan) Allah SWT, Amin," ungkap A. Mahbub Djunaidi, S.Pd., M.Si, Kabag Kesra Setda Blora. (Tim Dinkominfo Blora).

    Berita Terbaru

    Infografis Monitoring Data COVID-19 dan Update Vaksinasi, Senin, 23 Mei 2022
    23 Mei 2022 Jam 14:55:00

    Informasi terkini tentang monitoring data Covid-19 dan vaksinasi serta peta zonasi risiko...

    Infografis Monitoring Data COVID-19 dan Update Vaksinasi, Minggu, 22 Mei 2022
    22 Mei 2022 Jam 15:40:00

    Informasi terkini tentang monitoring data Covid-19 dan vaksinasi serta peta zonasi risiko...

    Sebagai Ungkapan Bangga dan Apresiasi, Bupati Blora Akan Kunjungi Peraih Medali Sea Games Vietnam
    22 Mei 2022 Jam 13:24:00

    Dua anak Blora, Yasin dan Siti Nafisatul Hariroh (20), atlet angkat besi asal Blora, berhasil...