Berita Terkini

Peresmian Gedung Rawat Inap Baru Dibarengkan HUT RSUD dr. R. Soetijono Blora


Gedung rawat inap baru Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. R. Soetijono Blora diresmikan Bupati Blora Djoko Nugroho, Minggu (1/4). Peresmian ditandai dengan pemotongan pita dan pemotongan tumpeng bertepatan HUT ke-68 rumah sakit setempat.

Peresmian gedung untuk rawat inap VIP diberi nama Ruang Mawar dan ruang rawat inap kelas I, II, III diberi nama Ruang Flamboyan, kedunya berlantai dua.

Usai memotong pita dan membuka papan nama, Bupati meninjau dan masuk ruangan baru untuk melihat hasil pembangunan yang ditujukan untuk peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat.

“Bangunan fisik sudah kita perbaiki dan terus berlanjut. Maka saya minta pelayanan kepada pasien juga harus terus ditingkatkan dan dibenahi. RSUD harus bisa kembali merebut hati masyarakat sebagai rujukan untuk memperoleh pelayanan kesehatan yang terbaik, jangan sebaliknya,” tegas Bupati.

Ia juga kembali mengingatkan tentang pentingnya bersikap ramah kepada pasien.

“Senyum saat menghadapi pasien itu sudah membantu kesembuhan lima puluh persen. Dengan tersenyum dan berperilaku ramah maka hati orang yang dilayani pasti akan merasa senang. Ketika merasa senang itulah percaya diri pasien untuk sembuh meningkat. Jangan galak kalau melayani,” kata Bupati Djoko Nugroho.

Bupati dan sejumlah tamu undangan juga menjenguk beberapa pasien RSUD yang mulai menempati gedung baru itu. Kepada para pasien diberikan bingkisan untuk penyemangat agar lekas sembuh.

Pada kesmepatan yang sama Bupati Djoko Nugroho mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun ke-68 RSUD Dr. R. Soetijono Blora.
Dikatakannya, saat ini ada perubahan yang nampak sekali di RSUD, yaitu penambahan dua gedung baru dan telah diresmikannya. Insya Allah, dengan sentuhan tersebut masyarakat Blora akan segera sembuh dan yang dari luar akan berdatangkan ke Blora.

“Setelah kita lihat, biayanya murah, hanya Rp 200 ribu. Pelayanannya juga bagus. Ini yang kita harapkan,” ucapnya.

rektur RSUD dr. R. Soetijono Blora, dr. Nugroho Adiwarso Sp.OG mengemukakan untuk ruang VIP Mawar yang terdiri dari 15 kamar.
“Satu ruang kamar berukuran cukup luas diisi satu tempat tidur modern dengan fasilitas AC, LDC TV, almari, sofa, instalasi oksigen, dan kamar mandi dalam yang menyediakan air panas dan dingin,” jelasnya.

Begitu juga dengan kelas I, II, III di ruang Flamboyan yang cukup bersih dan memiliki fasilitas lengkap. Hanya saja untuk kelas I, II dan III per ruangan diisi lebih dari 1 tempat tidur pasien.

“Pada momentum HUT ke 68 yang dibarengkan dengan peresmian Gedung Mawar dan Flamboyan, kami siap untuk terus berbenah,” ujarnya.

Dijelaskannya, cukup dengan Rp 200 ribu perhari, pasien sudah bisa menempati Gedung Mawar VIP. Gedung ini juga sudah dilengkapi dengan Lift khusus pasien. Ini adalah satu-satunya gedung fasilitas milik pemerintah di Kabupaten Blora yang memiliki Lift.

“Banyak pasien yang enggan pulang. Karena murah, hanya Rp 200 ribu bisa mendapatkan ruangan sebagus ini. Pasien dan perawat juga baik dan santun,” terang Dr. Nugroho Adiwarso, Sp.OG Direktur RSUD Dr. R. Soetijono Blora.

Selain itu di Ruang VIP Mawar telah menerapkan MAKP (Model Asuhan Keperawatan Profesional) dimana setiap pasien mulai pertama kali masuk sampai pulang dikelola oleh seorang perawat ahli (Ners) yg sama dan sudah profesional sehingga kontinuitas pelayanan tidak terputus dengan harapan kepuasan pasien bisa maksimal.

Lebih lanjut dikatakan, penambahan dua gedung ini adalah sebagai wujud perubahan di RSUD Dr. R. Soetijono Blora. Bahwa selama ini, pelayanan dan fasilitasnya sudah baik dan menyenangkan. Untuk itu diharapkan, masyarakat kembali percaya kepada rumah sakit Blora.

“Pelayanan sudah baik, dukungan masyarakat terus kami butuhkan agar pelayanan lebih baik lagi. Sekarang sudah banyak perubahan tidak seperti dulu,” jelasnya.

Kepala Bidang Pelayanan yang juga ketua Panitia HUT ke-68 RSUD Dr. R. Soetijono Blora Dr. M. Jamil Muhlisin, MM mengungkapkan bahwa RSUD Blora membuka berbagai macam pelayanan yaitu rawat jalan, rawat inap, pelayanan IGD dan penunjang.

“RSUD Dr. R. Soetijono Blora juga dilengkapi pemeriksaan laboratorium lengkap, CT Scan, TCM, Hemodialisa (HD) dan lain sebagainya,” terangnya.

RSUD Dr. R. Soetijono Blora juga dilengkapi fasilitas ambulance 118 yang memenuhi standar internasional yang tidak dimiliki rumah sakit lain di Kabupaten Blora.

Untuk pelayanan rawat jalan sendiri bisa poli penyakit dalam, poli bedah, poli orthopedi, poli anak, poli kebidanan dan penyakit kandungan. Selain itu poli THT, poli mata, poli psikiatri, poli psikologi, poli penyakit kulit dan kelamin. Ada juga poli VCT, poli gigi, poli rehabilirasi medik, poli konsultasi gizi. Dalam waktu dekat kami juga akan membuka poli nyeri dan poli eksekutif serta stroke centre. Mulai sekarang pendaftaran rawat jalan dapat melalui sms gateway dan pendaftaran online.

Hadir dalam acara tersebut Ketua DPRD Blora Ir. H Bambang Susilo, Sekda Drs. Bondan Sukarno MM, dan sejumlah anggota Komisi D DPRD Kabupaten Blora yang membidangi sektor kesehatan. (Dinkominfo Kab. Blora/Tim)

    Berita Terbaru

    Peduli Lingkungan dan Pengembangan Wisata, Warga Desa Bangowan Bentuk Bank Sampah
    29 Mei 2024 Jam 20:49:00

    Warga Desa Bangowan Kecamatan Jiken mengembangkan Bank Sampah sebagai upaya mengurangi sampah...

    Dinkominfo Blora Gelar Rakor Bersama Admin SP4N-LAPOR! Organisasi Perangkat Daerah
    29 Mei 2024 Jam 15:08:00

    Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Blora menggelar rapat koordinasi bersama...

    Indeks SPBE Meningkat, Bupati Blora : Ayo Sesarengan Bangun SPPBE yang Lebih Baik
    27 Mei 2024 Jam 20:45:00

    Bupati Blora Arief Rohman menghadiri undangan di istana negara dalam rangka mengikuti acara SPBE...