Seni dan Budaya

Sosialisasi Ketentuan di Bidang Cukai Tembakau 2022 Melalui Pagelaran Seni Kethoprak


Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Blora, Jawa Tengah bekerja sama dengan Direktorat Jendral Bea dan Cukai menggelar pertunjukan seni kethoprak di desa Blungun, Kecamatan Jepon, Selasa(14/6/2022).


Pertunjukan seni kethoprak tersebut digelar dalam rangka sosialisasi ketentuan di bidang cukai tembakau (DBHCHT) 2022 bagi warga masyarakat desa Blungun.

Kepala Desa Blungun Kuswanto mengucapkan terimakasih kepada Dinkominfo Kabupaten Blora yang berkenan memberi hiburan dan wawasan bagi warga masyarakat desanya sehingga menambah pengetahuan dan pengalaman.

“Kami atas nama pemerintah desa Blungun mengucapkan terimakasih atas pertunjukan seni kethoprak yang dipersembahkan oleh Dinkominfo Blora. Kami sampaikan terimakasih pula kepada Camat Jepon yang telah memberi arahan sehingga acara bisa berlangsung hari ini,” kata Kiswanto.

Kadinkominfo Blora Pratikto Nugroho, S.Sos., MM dalam sambutannya menyampaikan pertunjukan seni kethoprak kali ini menampilkan group seni kethoprak Tri Manggolo Budoyo dari Desa Turirejo Kec. Jepon pimpinan Ciplis.

Dijelaskan, pagelaran seni kethoprak di desa Blungun dilaksanakan yang pertama kali dalam rangka sosialisasi ketentuan di bidang cukai tembakau (DBHCHT) tahun 2022.

Kadis Kominfo Blora juga menyampaikan terimakasih atas kesediaan pemerintah desa Blungun melalui kepala desa dan masyarakat sekitarnya atas dukungan sehingga bisa bersama-sama menikmati pagelaran seni kethoprak.

“Perlu kami sampaikan, bahwa tujuan dari kegiatan ini untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat, bahwasanya salah satu kegiatan di Dinas Kominfo, bertujuan menyampaikan informasi hasil-hasil pembangunan kepada masyarakat,” jelasnya.

Pada kesempatan kali ini, kata Pratikto Nugroho, berkaitan dengan sosialisasi ketentuan di bidang cukai tembakau (DBHCHT) 2022 diharapkan agar warga masyarakat memahami dan menyadari terkait legalitas cukai tembakau.

“Kalau produk tembakau yang dijual di warung atau toko ada cukai yang resmi, berarti ada pendapatan yang masuk ke kas negara. Uang tersebut bisa dimanfaatkan untuk pembangunan seperti infrastruktur jalan atau jembatan dan gedung pemerintah,” terangnya.

Artinya, bagi pengguna produk tembakau, sudah berkontribusi kepada pemerintah untuk pembangunan melalui cukai produk tembakau yang legal, khususnya pembangunan di kabupaten Blora.

“Siang ini juga kami apresiasi bahwa warga Desa Blungun bisa berkumpul, bersilaturahmi penuh untuk menonton hiburan seni kethoprak,” ucapnya.

Ikut hadir mendampingi Kepala Dinkominfo Blora, Sekretaris Dinkominfo Blora Bambang Setya Kunanto,SE, Kepala Subbagian Program dan Keuangan Sekretariat Dinkominfo Sutrisno,S.ST., Kepala Subbagian Umum dan Kepegawaian Sekretariat Dinkominfo Dra. Merry Djatminingsih, M.Si serta sejumlah staf.

Kethoprak Tri Manggolo Budoyo mengawali acara dengan persembahan tari gambyong. Ratusan warga desa Blungun dan sekitarnya, tak bergeming menyaksikan pementasan drama tradisional.

Adegan demi adegan berlalu dari pandangan mata dan menghibur warga setempat.

Sementara pada acara lawak juga disampaikan pesan terkait ketentuan bagi warga pengguna produk tembakau.

“Mari saudara-saudara, perhatikan, teliti, jangan beli produk tembakau yang tidak bercukai resmi,” kata pelawak seni kethoprak di atas panggung.

Sejumlah penjual makanan dan minuman serta mainan juga tak ketinggalan menjajakan dagangan untuk mendulang pendapatan. (Tim Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    Bupati Arief Minta Pemprov Jateng Tuntaskan Jalan Provinsi di Blora
    28 Maret 2024 Jam 19:39:00

    Bupati Blora, Arief Rohman, S.IP., M.Si minta Pemprov Jateng untuk tuntaskan pembangunan jalan...

    RAPAT PARIPURNA PENYAMPAIAN LKPJ BUPATI BLORA AKHIR TAHUN ANGGARAN 2023
    28 Maret 2024 Jam 16:31:00

    Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora, Jawa Tenggah menggelar rapat paripurna...

    Pemkab Blora Gelar Musrenbang RPJPD 2025-2045 dan RKPD 2025
    28 Maret 2024 Jam 13:39:00

    Pemerintah Kabupaten Blora menggelar Musyawarah Pembangunan Daerah (Musrenbang) Rencana...