Seputar Blora

Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar Bagi Mahasiswa


Blora - Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Blora menyelenggarakan pelatihan jurnalistik tingkat dasar bagi mahasiswa tahun 2022.

Pelatihan mengusung tema “Tantangan Jurnalistik di Era Milenial 2022/2023” dilaksanakan selama dua hari, Selasa (28/6/2022) hingga Rabu (29/6/2022), terselenggara bekerja sama dengan salah satu perusahaan media online di Blora (Bloranews.com).

Acara dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Blora Pratikto Nugroho, S.Sos., MM bertempat di Gedung BBS Cepu, Selasa (28/6/2022).

Sebelum secara resmi pelatihan dibuka, diawali terlebih dahulu laporan pelaksanaan kegiatan pelatihan jurnalistik tingkat dasar bagi mahasiswa tahun 2022 oleh Sekretaris Dinkominfo Blora Bambang Setya Kunanto, SE.

Disebutkan dalam laporan bahwa dasar pelaksanaan adalah Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Peraturan Daerah Kabupaten Ablora Noomor 11 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Blora.

Kemudian, Peraturan Bupati Blora Nomor 76 Tahunn 2022 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Dinkominfo Kabupaten Blora.

Selanjutnya, Peraturan Bupati Blora Nomor 39 tahun 2017 tentang Pedoman Pengembangan dan Pemberdayaan Lembaga Komunikasi Sosial di Kabupaten Blora.

Berikutnya, Dokumen Pelaksanaan Anggaran Kabupaten Blora Tahun 2022 Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Blora.

“Maksud diselenggarakan kegiatan ini adalah menambah wawasan serta meningkatkan kemampuan dan keterampilan tentang peran dan fungsi jurnalis kepada para mahasiswa,” jelas Sekdin Kominfo Blora Bambang Setya Kunanto, SE.

Sedangkan tujuannya, membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan skill di bidang jurnalistik. Mewadahi bakat minat mahasiswa di bidang jurnalistik. Mendorong mahasiswa untuk berfikir kritis, kreatif dan mandiri.

“Peserta sebanyak 60 orang terdri dari unsur mahasiswa Kabupaten Blora. Narasumber /penceramah sejumlah wartawan Kabupaten Blora,” terangnya.

Dikatakannya, pelaksanaan kegiatan tersebut dibebankan pada APBD 2022 program Informasi dan Komunikasi Publik untuk kegiatan Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota.

Pada kesempatan itu Kepala Dinkominfo Blora Pratikto Nugroho, S.Sos, MM, dalam arahannya di hadapan para mahasiwa peserta pelatihan jurnalistik tingkat dasar, mengatakan sejak tahun 2019, bagi insan Komunikasi dan Informatika, ternyata COVID-19 membawa berkah.

“Sebab terjadinya COVID-19 yang menyebabkan tidak hanya di Indonesia, namun semuanya, aspek kehidupan kita, lumpuh. Betul tidak. Tapi ada satu hal yang sangat positif, mau tidak mau orang berperilaku menggunakan media lain, yang pada saat itu memang diharap untuk bertemu, bertatap muka, apalagi besilaturahmi. Masih ingat ya, saat Hari Raya tidak bisa pulang, untuk silaturahmi. Yang suka belanja di mall juga tidak boleh,” ungkap Kapala Dinkominfo Blora.

Dari situlah, lanjutnya, berkembang sarana lain yang semuanya digital. Semunya menggunakan smartphone yang sangat luar biasa, sehingga ini memberikan dampak pemajuan yang sangat luar biasa pula terhadap penggunaan teknologi kita.

“Dan perlu adik-adik ketahui bahwa sekarang ini menjadi luar biasa kita karena di dalam sistem perubahan digitalisasi ini berdampak kepada semua aspek. Penggunaan sarana komunikasi smartphone sudah mencapai 170 juta orang. Kalau prosentase dari populasi jumlah penduduk yaitu ada sekitar 62 persen,” tambahnya.

Dengan penggunaan sarana komunikasi smartphone memudahkan seseorang untuk menyampaikan informasi, terlebih dengan menggunakan aneka konten media sosial.

“Sehingga, kami dari Kominfo merasa sangat bertanggung jawab, supaya teknologi yang kita miliki, yang kita pergunakan, jangan sampai disalahgunakan. Jangan sampai, jarimu menjadi harimaumu. Apalagi dalam sistem pengelolaan berita,” tegasnya.

Maka, kata Kepala Dinkominfo Blora, menyangkut pelatihan jurnalistik, pihaknya berharap bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya.

“Bagaimana caranya, kita mengetahui dan memahami, menyebarluaskan satu konten tertentu atau satu informasi tertentu yang baik. Karena dalam jurnalistik, pasti ada namanya etika jurnalistik,” tegasnya.

Pihaknya berharap, tentunya para peserta pelatihan semakin banyak potensi generasi muda kita yang sering berkonten, karena akan memotivasi lebih aktif dan inovatif.

“Sehingga, pada intinya, kami berharap pertemuan ini bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin. Kami titip kepada Bloranews, bisa menghadirkan narasumber yang berkompeten,” ucapnya.

Minimal diberikan praktik, misalnya cara edit video menggunakan aplikasi apa. Agar peserta yang hadir tidak hanya berkemampuan jurnalistik saja tetapi juga berkemampuan di bidang yang lain. Kerena informasi yang kita berikan melalui media sosial ini banyak.

“Itu sangat membantu kami dalam hal informasi yang menarik dan positif dalam rangka pengembangan pembangunan di Kabupaten Blora,” kata Pratikto Nugroho Kepala Dinkominfo Blora dilanjutkan membuka pelatihan jurnalistik tingkat dasar bagi mahasiswa.

Sementara itu disela acara dirangkaikan dengan pengukuhan anggota Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Jurnalistik Sekolah Tingi Agama Islam (STAI) Al Muhammad Cepu.

Hadir dalam pembukaan pelatihan jurnalistik tingkat dasar bagi mahasiswa tahun 2022, Fongsional/Sub Koordinator Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Dinnkominfo Blora, yakni Jarwati,SP dan Sofia Cahyaningrum, SE., MM, Pimpinan Redaksi media Bloranews serta perwakilan dari STAI Al Muhammad Cepu. (Tim Dinkominfo Blora).

    Berita Terbaru

    Ditinjau Tim Wasev Sterad, Progres TMMD Reguler 122 Kodim Blora Maksimal
    17 Oktober 2024 Jam 18:24:00

    Progres pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-122 Kodim 0721/Blora di Desa...

    Pengucapan Sumpah/Janji Pimpinan DPRD Kabupaten Blora Masa Jabatan 2024-2029 Khidmat Dilaksanakan
    17 Oktober 2024 Jam 14:04:00

    Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora menyelenggarakan rapat paripurna dalam...

    Sebanyak 4.715 ATS Blora Dikembalikan ke Sekolah
    15 Oktober 2024 Jam 18:52:00

    Sebanyak 4.715 Anak Tidak Sekolah (ATS) di Kabupaten Blora telah dikembalikan ke Sekolah sesuai...