Seputar Blora

Ibu Hamil Diminta Rutin Periksa Kandungan


Panitia Peringatan Hari Kartini Tingkat Kabupaten Blora menggelar bakti sosial donor darah, pemeriksaan ibu hamil dan pembagian sembako bagi ibu hamil beresiko tinggi di Kecamatan Japah. Kegiatan dipusatkan di Puskesmas Japah.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Blora, Dra. Umi Kulsum menjelaskan bahwa kegiatan bakti sosial merupakan wujud kepedulian ibu-ibu dan untuk memperingati Hari Kartini yang tangal 21 April 2018.

“Sejumlah kegiatan nantinya juga akan kami lakukan, sehingga tidak hanya bakti sosial saja,” ujar Umi Kulsum, di Blora, Rabu (4/4/2018).

Menurutnya selain melakukan bakti sosial, juga melakukan arahan, serta bimbingan kepada para ibu hamil dan para ibu hamil dengan resiko tinggi saat melahirkan agar mereka nantinya bisa tahu resiko serta bisa melakukan pencegahannya.

“Kami imbau agar mereka tidak terburu buru nikah muda, karena itu nanti akan berdampak bagi perkembangan bayi serta pada ibu yang hamil,” ungkapnya.

Oleh sebab itu, lanjut Umi, untuk memberikan wawasan terhadap masyarakat, utamanya ibu ibu hamil, pihaknya mengajak kepada masyarakat, agar selalu melakukan pemeriksaan rutin kandungannya. Selain itu Umi juga meminta agar masyarakat tidak terlalu terburu buru menikah, jika usianya belum mencukupi.

“Dijumpai ada yang usia masih muda, tentu itu juga bahaya. Oleh sebab itu perlu adanya pendampingan serta pemahaman kepada masyarakat,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama Camat Japah Minar Ami mengatakan, presentase kematian ibu dan bayi di Kecamatan Japah dari tahun 2017 dan periode 2018 tidak begitu banyak. Namun demikian pihaknya bersama Puskesmas selalu memberikan sosialisasi dan pendampingan terhadap kepada ibu hamil serta ibu hamil resiko tinggi.

“Pada tahun 2017 di Kecamatan Japah kematian bayi sebanyak 4 anak. Sedangkan di tahun 2018 ini ada 3 anak yang meninggal,” jelasnya .

Sedangkan untuk ibu yang meninggal, di Kecamatan Japah pada 2017 ada 3 orang ibu meninggal dan anaknya selamat.

“Untuk mengurangi kejadian tersebut, kami lakukan pendampingan kepada 60 orang ibu hamil yang memiliki resiko tinggi saat melahirkan. Dengan harapan saat melahirkan nanti ibu dan anak bisa selamat,” terangnya.

Dalam baksos kali ini, juga di lakukan pemeriksaan gratis pada ibu hamil. Direncanakan, Kemacatan Japah nantinya akan dilakukan pemeriksaa gratis dengan dua gelombang. Untuk gelombang pertama di lakukan April ini, sedangkan gelombang kedua di lakukan bulan Juni 2018. (Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    Bertepatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Puncak HUT ke-81 PSM Randublatung Gelar Sholawatan, Pengajian dan Bagi Beasiswa Puluhan Juta
    16 September 2024 Jam 17:52:00

    Ketua Yayasan Perguruan Islam Pesantren Sabilil Muttaqien (YPI PSM) Kecamatan Randublatung...

    Ilusa Gelontorkan Ratusan Tangki Air Bersih ke Desa Terdampak Kekeringan
    16 September 2024 Jam 15:51:00

     Ikatan Alumni SMA Negeri 1 Blora (ILUSA) lintas generasi, gelontorkan ratusan tangki air...

    Bazar UMKM PKKP di Wisata Noyo Gimbal
    15 September 2024 Jam 21:28:00

    Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah, melalui program Pengembangan...