Berita Terkini

Penerbangan Jakarta - Ngloram Akan Kembangkan Kawasan Ratubangnegoro


Wings Air secara resmi telah melayani penerbangan dengan rute Jakarta - Bandara Pondok Cabe (PCB), Tangerang Selatan - Cepu - Bandara Ngloram Cepu (CPF), Blora, dan sebaliknya, Jumat (5/8/2022).


Penerbangan perdana Wings Air dengan rute dari dan ke Pondok Cabe ini bahkan diresmikan langsung oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo.

Bupati Blora H. Arief Rohman, yang ikut menjadi salah satu penumpang pada penerbangan perdana Wings Air itu, berharap, adanya penerbangan tersebut dapat mendukung pengembangan kawasan Blora – Tuban – Rembang – Bojonegoro (RATUBANGNEGORO). Termasuk kabupaten Ngawi, Grobogan, dan Pati.

Untuk sementara penerbangan pesawat ATR 72 Wings Air dari Bandara Pondok Cabe ke Bandara Ngloram maupun sebaliknya, akan dilayani selama satu kali dalam seminggu yakni pada hari Jumat.

Untuk rute Pondok Cabe - Ngloram, Cepu, keberangkatan pesawat pada pukul 11.20 WIB. sedangkan untuk rute Ngloram-Pondok Cabe keberangkatan pesawat pada pukul 13.15 WIB.

Menurut Bupati Arief Rohman, sejumlah kabupaten di sekitar Blora, yakni Bojonegoro, Tuban, Ngawi, Rembang, Pati, Grobogan, diharapkan bisa menggunakan fasilitas penerbangan dari Bandara Cepu menuju Pondok Cabe.

‘’Kita harapkan nanti dampak ekonomi dan dari sisi pariwisata kunjungan untuk Cepu dan sekitarnya ini bisa melalui jalur penerbangan," tambahnya.

Dikemukakan, di wilayah Cepu, Blora, dan kabupaten sekitarnya memiliki potensi penumpang dari berbagai kalangan, dan diharapkan dapat turut memanfaatkan layanan penerbangan ini. Sehingga berbagai sektor semakin berkembang.

"Di Cepu dan kabupaten sekitar ada beberapa perusahaan minyak, ada sekolah migas, beberapa sektor yang mungkin punya tujuan ke Cepu. Juga ada bisnis, pendidikan. Kita harapkan juga kedepan merambah ke pariwisata," harap Bupati.

Bupati yang akrab disapa Mas Arief tersebut menyampaikan apresiasinya kepada Kementerian Perhubungan dan Wings Air yang telah membuka penerbangan dari dan menuju Bandara Ngloram Cepu, Blora.

"Saya sampaikan terima kasih kepada Kementerian Perhubungan dan juga kepada Wings Air yang pada hari ini melakukan penerbangan perdana untuk rute dari Pondok Cabe ke Bandara Ngloram Cepu kita berharap dengan adanya penerbangan ini akan mempermudah akses transportasi orang yang mau menuju ke Cepu Blora dan sekitarnya," ungkap Bupati

Mas Arief berharap agar nantinya penerbangan Wings Air ini berjalan dengan baik, dan diharapkan kedepan dapat layanan penerbangan dapat dilakukan lebih dari satu kali dalam seminggu.

Di penerbangan perdana Wings Air, dilakukan prosesi pemotongan tumpeng oleh Presiden Direktur Lion Air Grup, Daniel Putut Kuncoro Adi yang diserahkan kepada Ketua MPR RI.

Selanjutnya, Ketua MPR RI melakukan pemotongan pita di depan pesawat, sebagai tanda beroperasinya penerbangan.

Bupati Blora menjadi salah satu penumpang pesawat Wings Air berjenis ATR 72 registrasi PK-WGI dengan kode penerbangan IW. Pesawat tersebut lepas landas dengan lancar dari Bandara Pondok Cabe sekitar pukul 13.00 WIB menuju Bandara Ngloram, Cepu, Kabupaten Blora.

Direncanakan, Wakil Bupati Blora, Tri Yuli menjadi penumpang pesawat Wings Air untuk penerbangan dari Ngloram, menuju Bandara Pondok Cabe pada pada sore harinya.

Presiden Direktur Lion Air Group Daniel Putut Kuncoro Adi, berharap Bandara Pondok Cabe menjadi salah satu gerbang udara Jabodetabek menuju Jawa Tengah.

"Wings Air sangat optimis dengan operasional layanan penerbangan dari dan ke destinasi baru tersebut, harapan kami akan mendukung kelancaran transportasi udara serta berkontribusi terhadap kegiatan perekonomian dan menjadi nilai lebih bagi masyarakat wisatawan dan pelaku bisnis," paparnya

Daniel Putut mengemukakan, penerbangan tersebut diharapkan semakin memperpendek jarak antar daerah, mempersingkat waktu perjalanan. Sehingga akan menarik pebisnis dan wisatawan dan mengembangkan potensi daerah berbasis kearifan lokal.

Ketut Agus P, dari PPSDM Migas Cepu, salah satu penumpang pesawat berjenis ATR 72 yang memiliki kapasitas angkut hingga sebanyak 72 penumpang dengan seat 2-2 itu, menyambut baik adanya penerbangan Wings tersebut.

"Saya pertama kali naik Wings Air menuju Ngloram, saya menyambut baik adanya penerbangan ini, apalagi sering mobilitas ada kegiatan di pusat, ini bisa jadi pilihan transportasi yang cepat dan tidak memakan waktu," ungkapnya

Dia mengatakan, adanya penerbangan itu, tentu akan memudahkan dirinya, karena mobilitas dari Jakarta ke Cepu atau sebaliknya akan mudah. Semoga kedepannya jadwal dan rute penerbangan ini bisa terus berkembang," tambah Agus.

Hadir dalam acara peresmian penerbangan di Bandara Pondok Cabe, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo; Anggota Komisi V DPR RI, Novita Wijayanti, Rita Amelia, Sudewo; Staf Ahli Bidang Keselamatan dan Konektivitas Hubungan Kementerian Perhubungan, Direktur Angkutan Udara Kemenhub, Deputi Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf, Aspers Kepala Staf Angkatan Udara, Wadanpuspnerbad.

Hadir juga, Presiden Direktur Lion Air Group Daniel Putut Kuncoro Adi, Plt. Direktur Utama Wings Air, Fitzgerald Julian Rachman, Direktur Utama PT Pelita Air Service/Kepala Bandara Pondok Cabe, Dendy Kurniawan, Director Commercial Service dan Director Operational PT Angkasa Pura II.

Sementara itu, turut menjadi penumpang penerbangan perdana, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Blora, Kepala BPPKAD Blora, Kepala Bappeda Blora, Kepala Dinas Pendidikan Blora, Kepala Dinrumkimhub, Kepala Bagian Pemerintahan, DPUPR Blora. (DINKOMINFO BLORA/ Prokompim).

    Berita Terbaru

    Perempuan Diajak Ikut Berperan Dalam Pembangunan Politik di Indonesia
    13 Agustus 2022 Jam 18:00:00

    Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati, ST, MM membagikan pengalamannya selama berkecimpung dalam...

    Sebanyak 288 Jemaah Haji Kabupaten Blora Tiba dengan Selamat dan Sehat di Kampung Halaman
    13 Agustus 2022 Jam 17:44:00

    Sebanyak 288 jemaah haji Kabupaten Blora tahun 2022 akhirnya tiba kembali di kampung halaman....

    Infografis Monitoring Data COVID-19 dan Update Vaksinasi, Sabtu 13 Agustus 2022
    13 Agustus 2022 Jam 16:45:00

    Informasi terkini tentang monitoring data Covid-19 dan vaksinasi serta peta zonasi risiko...