Seni dan Budaya

Sebanyak 32 Finalis Kakang Mbakyu Duwis Blora Akan Ikuti Grand Final di Stadium Budaya


Sebanyak 32 finalis Kakang Mbakyu Duta Wisata 2022 Kabupaten Blora, Jawa Tengah, akan mengikuti grand final yang dihelat Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) di panggung terbuka Stadium Budaya Tirtonadi Blora, Sabtu (3/9/2022) malam pukul 19.00 WIB.

Kepala Dinporabudpar Kabupaten Blora, Drs. Kunto Aji menjelaskan pemilihan Kakang Mbakyu Duta Wisata Kabupaten Blora kembali digelar di tahun 2022 setelah terjeda pandemi Covid-19.

"Jadi terakhir itu 2019. Karena ada pandemi Covid-19, maka pemilihan Kakang Mbakyu Duta Wisata Kabupaten Blora untuk tahun 2020 dan 2021 ditiadakan, kemudian di tahun 2022 ini dilaksanakan kembali," kata Kunto Aji, di Blora, Kamis (1/9/2022).

Sejak dibuka pendaftaran, terang Kunto Aji, ratusan peserta telah ikut berpartisipasi.

Tak hanya warga asli Blora, beberapa pendaftar adalah pendatang yang saat ini berdomisili di wilayah Kabupaten Blora, Jateng.

"Tapi, setelah dilakukan seleksi lagi sesuai tahapan yang ditentukan, tinggal 32 peserta dinyatakan bisa mengikuti grand final, direncanakan di Stadium Budaya Tirtonadi, pada Sabtu (3/9/2022) malam pukul 19.00 WIB," jelasnya.

Jumlah tersebut terdiri 16 peserta putri dan 16 peserta putra dari berbagai SMA, Perguruan Tinggi dan umum.

"Melalui pemilihan Kakang Mbakyu Duta Wisata Kabupaten Blora 2022, sebagai event untuk Guncang Prestasi, prestasinya ya duta wisata Blora," kata Kepala Dinporabudpar Blora.

Pada grand final nanti, menurut Kunto Aji, dimohon Bupati Blora H. Arief Rohman berkenan hadir untuk memberikan spirit, pengarahan dan menyaksikan.

Kepala Dinporabudpar Blora menambahkan Duta Wisata 2022 yang nanti terpilih diharapkan dapat mempromosikan potensi Kabupaten Blora di tingkat regional, nasional maupun internasional.

Baik potensi alam, kebudayaan, parisiwata dan produk unggulan. Kemudian berperan aktif Sesarengan mBangun Blora.

“Dengan pemilihan Kakang Mbakyu Duta Wisata Kabupaten Blora diharapkan generasi penerus kita akan lebih berkualitas, memiliki kepribadian, mandiri, kreatif, inovatif dan bertanggungjawab,” ungkapnya.

Sejumlah juri, lanjutnya, dihadirkan untuk memberi penilaian yang obyektif kepada para finalis.

Dijelaskan, grand final nanti merupakan acara puncak dari seluruh rangkaian tahapan pemilihan Kakang Mbakyu Duta Wisata 2022.

Mulai dari pendaftaran, tes tertulis, karantina dengan agenda kunjungan lapangan, tes wawancara, uji talenta hingga grand final.

"Warga masyarakat bisa menyaksikan langsung di Stadium Budaya Tirtonadi Blora," katanya.

Sementara itu, sebuah baliho berukuran 8 x 6 meter dipasang Pemkab Blora di Alun-alun sebelah timur.

Baliho bergambar Duta Wisata Kabupaten Blora tahun 2019 serta berisi informasi tentang penyelenggaraan Grand Final Duta Wisata 2022 dipasang sebagai media informasi supaya diketahui publik. (Dinkominfo Blora).

    Berita Terbaru

    Berusia 74 Tahun, RSUD dr. Soetijono Blora Punya 6 Inovasi Layanan Kesehatan
    25 April 2024 Jam 17:47:00

    Bertepatan dengan peringatan ulang tahunnya ke-74, Kamis (25/4/2024), RSUD dr. R. Soetijono...

    Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar PGP, Bupati Blora Minta Guru Semakin Kreatif dan Inovatif
    24 April 2024 Jam 00:58:00

    Bupati Blora H. Arief Rohman secara resmi membuka Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar, Program...

    PENGUMUMAN PENGADAAN CALON DEWAN PENGAWAS PERUMDA AIR MINUM TIRTA AMERTA KABUPATEN BLORA
    23 April 2024 Jam 10:55:00

    Perumda Air Minum Tirta Amerta Kabupaten Blora membuka kesempatan bagi ASN untuk mengisi...