Seni dan Budaya

Puncak Peringatan She Jit Kemuliaan Kongco Hok Tek Tjing Sin di Klenteng Hok Tik Bio Blora


Yayasan Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Klenteng Hok Tik Bio Blora menggelar doa bersama dan pertunjukan wayang kulit pada puncak acara perayaan Hari She Jit Kemuliaan Yang Mulia Kongco Hok Tek Tjing Sin (Pek Gwee Cap Go 2573 Imlek).

Ketua Yayasan TITD klenteng Hok Tik Bio Budilistijo Suboko menyampaikan perayaan hari She Jit Kemuliaan Yang Mulia Kongco Hok Tek Tjing Sin diselenggarakan Senin (5//9/2022) hingga Sabtu (10/9/2022).

“Dimana ada beberapa rangkaian kegiatan dan puncak pada acara ini, kita menggelar sembahyang Tiong Chiu, doa bersama, kemudian pertunjukan wayang kulit," jelas Budilistijo Suboko, Sabtu (10/9/2022) malam.

Dijelaskannya, setiap 15 bulan 8 (2573 Imlek), tepat bulan sempurna atau bulat, atau pada pertengahan musim rontok menurut penanggalan Tiongkok, adalah saat dilaksanakan sembahyang Tiong Chiu (Harvest Festival).

"Atau di tanah Jawa ini sama dengan sedekah bumi, karena pada saat ini, di jaman dahulu adalah akhir daripada musim panen," terangnya.

Sehingga, kata Suboko, masyarakat mengucapkan terimakasih kepada Tuhan Yang Maha Esa, dengan melaksanakan sembahyang Tiong Chiu.

Ciri khas dari sembahyang Tiong Chiu adalah sajian kue-kue yang bulat seperti bulan.

"Sehingga orang menyebutnya hari raya kue rembulan," ucapnya.

Dalam sembahyang Tiong Chiu, pihaknya juga mohon berkah kepada Tuhan Yang Maha Esa, dibebaskan dari penyakit, terutama yang masih ada, yaitu musibah atau wabah Covid-19.

Pada momen ini, menurut Suboko, juga melakukan bakti sosial pengobatan, yakni dengan memasak obat-obatan dan kemudian dibagikan kepada warga masyarakat yang membutuhkan.

Sedangkan pada puncak acara digelar pertunjukan wayang kulit dengan menampilkan dalang muda, Igo Ilham Sampurno dari Desa Tempellemahbang Kecamatan Jepon.

Mahasiswa jurusan Pedalangan, semester VII Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta itu mengusung cerita/lakon Gondomono Sayembara.

Sebelum wayang kulit dimulai, dilaksanakan lelang Tiong Ciu Pia dan kalung emas keberuntungan Yang Mulia Kongco Hok Tek Tjing Sin.

Sekretaris Yayasan Klenteng Hok Tik Bio Blora, Bambang Suharto, menyampaikan susunan acara yang telah disepakati yaitu Senin (5/9/2022) hingga Jumat (8/9/2022), jam 19.30 WIB sampai dengan selesai digelar Ritual Cia Shin (Bleshing Pengobatan).

Kemudian, Jumat (9/9/2022) jam 07.30 WIB, dilaksanakan penyalaan api tungku masak minyak obat.

Selanjutnya, jam 19.30 WIB, celup minyak obat dan bleshing pengobatan.

Berikutnya, Sabtu (10/9/2022) jam 18.00 WIB diselenggarakan doa bersama perayaan Hari She Jit Kemuliaan Yang Mulia Kongco Hok Tek Tjing Sin.

"Dirangkaikan, jam 19.30 WIB, lelang Tiong Ciu Pia dan kalung emas keberuntungan Yang Mulia Kongco Hok Tek Tjing Sin," kata Bambang Suharto.

Pada jam 21.00 WIB, pertunjukan wayang kulit.

Sementara itu dalang muda Blora, Igo Ilham Sampurno, tampil menawan di hadapan warga keturunan Tionghoa dan penonton lainnya. (Dinkominfo Blora).

    Berita Terbaru

    Mempertahankan dan Mengamalkan Nilai-nilai Pancasila Sebagai Ideologi Negara
    01 Oktober 2022 Jam 17:52:00

    Wakil Bupati Blora, Tri Yuli Setyowati, ST, MM, meminta seluruh pihak untuk terus berpegang...

    UCMI Yogyakarta Akan Dampingi Desa Temengeng dan Kelurahan Cepu
    01 Oktober 2022 Jam 17:45:00

    Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP, M.Si tidak berhenti untuk menggandeng sejumlah perguruan...

    Infografis Monitoring Data COVID-19 dan Update Vaksinasi, Sabtu, 1 Oktober 2022
    01 Oktober 2022 Jam 12:56:00

    Informasi terkini tentang monitoring data Covid-19 dan vaksinasi serta peta zonasi risiko...