Seni dan Budaya

Pesona Bonsai Samin Kabupaten Blora 2022 Diharapkan Dukung Pertumbuhan Ekonomi


Kontes dan Pameran bertajuk Pesona Bonsai Samin Kabupaten Blora 2022 secara resmi dibuka dan dilakukan penjurian di halaman GOR Mustika Blora, Senis (12/9/2022).

Helatan acara yang spektakuler itu berlangsung selama tujuh hari, Sabtu (10/9/2022) hingga Jum'at (16/9/2022).

Acara dibuka secara resmi oleh Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan Pariwisata (Dinporabudpar) Budi Riyanto,S.Pd., MA mewakili Kepala Dinporabudpar Drs. Kunto Aji.

Sejatinya Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP., M.Si dan Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati, ST,MM., berkenan hadir untuk membuka secara langsung, namun karena ada tugas dinas yang tidak bisa ditinggalkan, maka orang nomor satu di Kabupaten Blora mohon izin dan menugaskan Kepala Dinporabudpar Blora.

Ketua Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PBBI) Cabang Blora, Umbaran Wibowo dalam sambutannya menyampaikan, sekitar sepuluh atau sebelas tahun yang lalu acara ini pernah kita laksanakan.

“Dan alhamdulillah pelaksanaan hari ini, kita sangat bersyukur karena pesertanya sempat melebihi ekspektasi kami,” kata Umbaran Wibowo.

Dikatakannya, pada hari pertama, ditargetkan 150 peserta, tetapi ternyata panitia dibuat untuk kerja keras.

“Di hari pertama itu sudah kita dapat peserta sekitar 300, di hari kedua dapat tambahan 150 pohon lagi, jadi total ada sekitar 450 buah pohon dan siap berkompetisi untuk meraih best in show, setelah penjurian yang dilakukan Pak Gunadi dan Pak Eko Sumarjono, yang keduanya adalah juri nasional, sudah bersetifikat dan sangat ahli di bidangnya,” ucapnya.

Kalau nanti hasil penjurian mendapat juara, kata Umbaran Wibowo, tentu selain menjadi kebanggaan tersendiri bagi pemiliknya, kalau dirupiahkan akan sangat tinggi.

“Setelah selesai penjurian nanti kita buka untuk umum, bisa dinikmati noleh masyarakat kabupaten Blora, supaya memicu kecintaan masyarakat Blora ini terhadap seni kreatif, tanaman bonsai,” kata Umbaran Wibowo.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan Pariwisata (Dinporabudpar) Budi Riyanto,S.Pd., MA mewakili Kepala Dinporabudpar Drs. Kunto Aji dalam sambutannya mengatakan, dalam kegiatan Pesona Bonsai Samin Blora 2022 yang dibarengi dengan pameran tosan aji diharapkan bisa berjalan lancar, diberkahi, damai, nyaman dan dapat berkah dari Allah SWT.

“Kami dari jajaran Pemkab, menyampaikan apresiasi serta selamat kepada para peserta, khususnya kepada panitia yang kali ini telah bisa melaksanakan kegiatan, yang memang benar-benar ditunggu,” ucapnya.

Menurutnya, kegiatan itu dinilai sebagai hiburan warga masyarakat di Kabupaten Blora, baik itu yang mencintai bonsai maupun pusaka.

Untuk pesona ini, kata Budi Riyanto, ada tiga point. Yang pertama adalah sebagai ajang silaturahim untuk menyambung ikatan persaudaraan.

“Ketika kita sempat terbelenggu adanya pandemi Covid-19 yang mana para pecinta bonsai mengerjakan di rumah masing-masing, dan hanya bisa berkomunikasi melalui hand phone, maka sekarang ini bisa bertatap muka secara langsung,” katanya.

Sehingga dengan adanya tatap muka seperti ini, tambah Budi Riyanto, bisa melakukan sharing, bisa saling mengenal.

Kemudian, yang kedua mengambil dari unsur nilai seni. Karena bonsai itu, bisa dinikmati baik oleh pecinta dan yang tidak paham tentang bonsai secara khusus.

Berikutnya, yang ketiga adalah menjanjikan. Karena kita akui atau tidak, kata-kata menjajikan adalah dalam kehidupan kita.

“Karena apa, dengan bonsai ketika kita jajar seperti ini, berarti mempunyai nilai finansial. Sehingga bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah yang luar biasa,” ungkapnya.

Pihaknya berharap, dari kegiatan itu, nanti masyarakat Blora bisa menikmati.

“Syukur ada yang dijual, semoga pembelinya banyak, nilai jualnya bisa mencapai sesuai harapan, sehingga bisa merubah ekonomi kita,” harapnya.

Harapan lain disampaikan Budi Riyanto, bisa membantu meningkatkan ekonomi UMKM, khususnya masyarakat Blora, karena adanya pameran seperti itu mau tidak mau memicu para penjual baik kuliner maupun produk home industri, sehingga ada perputaran ekonomi.

Sementara itu, peresmian pembukaan ditandai dengan pengguntingan pita oleh Kabid Kebudayaan Budi Riyanto didampingi oleh Ketua PBBI Cabang Blora serta sejumlah panitia dilanjutkan peninjauan pameran serta swafoto.

Sebelumnya, di awal acara Ahma Mufid, selaku Ketua Panitia menyampaikan laporan terkait pelaksanaan kegiatan itu. (Dinkominfo Blora). 





    Berita Terbaru

    Umat Katolik Blora Mengenang Sengsara dan Wafat Yesus Kristus Dalam Ibadat Visualisasi Jalan Salib
    29 Maret 2024 Jam 10:04:00

    Umat Katolik Blora mengikuti visualisasi Jalan Salib yang digelar di Gereja Paroki Santo Pius X...

    Bupati Arief Minta Pemprov Jateng Tuntaskan Jalan Provinsi di Blora
    28 Maret 2024 Jam 19:39:00

    Bupati Blora, Arief Rohman, S.IP., M.Si minta Pemprov Jateng untuk tuntaskan pembangunan jalan...

    RAPAT PARIPURNA PENYAMPAIAN LKPJ BUPATI BLORA AKHIR TAHUN ANGGARAN 2023
    28 Maret 2024 Jam 16:31:00

    Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora, Jawa Tenggah menggelar rapat paripurna...