Seni dan Budaya

Parade Seni Barongan Blora 2022 Jadi Hiburan Warga Masyarakat


Blora  - Parade seni barongan Blora menjadi hiburan spektakuler bagi warga masyarakat di Kabupaten Blora dan sekitarnya, Sabtu (26/11/2022).

Helatan seni budaya tradisional secara kolosal itu diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Bloera dalam rangka menyemarakkan dan memeriahkan peringatan Hari Jadi ke-273 Kabupaten Blora.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora, Drs. Kunto Aji melalui Kepala Bidang Kebudayaan Dinporabudpar Budi Riyanto, S.Pd., MA., menjelaskan acara yang dikemas bertajuk Festival Barongan Nusantara 2022 itu dalam rangka Hari Jadi ke-273 Kabupaten Blora.

“Untuk parade seni barongan Blora diikuti 32 group peserta. Start dari Alun-alun, sesuai rencana  pukul 08.00 WIB, kemudian melintasi jalan Pemuda, menuju ke Lapangan Kridosono  lewat jalan Ahmad Yani, ada tampilan tiga menit di simpang tiga Kejaksaan Negeri Blora, dilanjutkan ke lapangan Kridosono,” kata Budi Riyanto.

Selain parade barongan, tambah Budi Riyanto, ada Rampak Rancak (Flashmop tari Kepala Barongan) dimulai pukul 13.00 WIB, di Kridosono.

Pukul 19.00 WIB ada tampilan 4 Barongan di panggung lokasi lapangan Kridosono terdiri dari RGS Blora, penampil juara 1 parade Barongan, Barongan Caplok Nganjuk dan Barong Bali dari ISI Surakarta.

“Dengan semangat Sesarengan Mbangun Blora berkelanjutan. Mari kita meriahkan Hari Jadi ke-273 kabupaten Blora tahun 2022,” ucapnya. 

Adapun acara malam hari mulai pukul 19.00 WIB. Rangkaiannya, pembukaan oleh MC dilanjutkan melantunkan sholawat nariyah bersama. Laporan Ketua Panitia. Sambutan Bapak Bupati sekaligus membuka acara. Penganugrahan pemenang Parade Barongan dan Menyaksikan penampilan Barongan Jawa –Bali.

Sementara itu, Ega Candra, salah seorang penonton parade seni barongan mengaku sangat senang dan menghibur.

“Sangat senang, menghibur sekaligus sambil momong anak, mengenalkan seni barongan Blora dan ikut melestarikan,” kata Ega. 

Dalam parade seni barongan tersebut juga membawa berkah bagi penjual makanan, minuman, mainan hingga alas plastik untuk duduk penonton sehingga perputaran ekonomi menggeliat.

Sejak pagi, suasana dari start dan tepi jalan yang dilalui parade seni barongan sudah mulai dipadati penonton hingga acara selesai.  Beberapa penonton juga asik membuat dokomentasi foto dan video menggunakan kamera gawai.  (Tim Dinbkominfo Blora). 

    Berita Terbaru

    Indeks SPBE Meningkat, Bupati Blora : Ayo Sesarengan Bangun SPPBE yang Lebih Baik
    27 Mei 2024 Jam 20:45:00

    Bupati Blora Arief Rohman menghadiri undangan di istana negara dalam rangka mengikuti acara SPBE...

    KIPAS PAKAI SDA, Inovasi Penanganan Longsoran di Dukuh Kali Klampok Desa Jomblang
    27 Mei 2024 Jam 14:13:00

    Pemerintah Kabupaten Blora melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) berkolaborasi...

    Setelah Tembus 100, Kini Dewis Bangowan Lolos 50 Besar ADWI 2024
    27 Mei 2024 Jam 06:34:00

    Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf ) mulai melakukan penilaian dalam...