Seputar Blora

Ziarah Makam Bupati Wujud Hormat dan Perhatian Pemkab Blora Kepada Pemimpin Terdahulu


Ziarah dan tabur bunga di makam almarhum Bupati Blora yang dilakukan Pemkab Blora di Yogyakarta dan Surakarta disambut baik oleh putra-putri serta keluarga almarhum Bupati Blora, Kolonel Inf. Purn. Soepadhi Joedodarmo dan Kolonel Inf. Purn. Srinardi, Rabu (30/11/2022).

Kegiatan itu dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-273 Kabupaten Blora.

Setiba di ruang TMP Kusuma Negara (Semaki) Yogyakarta, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Blora Hariyanto, S.IP., M.Si selaku Koordinator Seksi Ziarah dan Kegiatan Keagaman bersama rombongan langsung menyapa dan menyampaikan maksud dan tujuan kepada putra-putri Bupati Soepadhi Joedodarmo.

Rombongan diterima oleh Herlambang dan Wuri Utami, putra putri Soepadhi Joedodarmo mewakili keluarga serta sejumlah saudara lainnya.

"Alhamdulillah, kita bisa kembali ziarah, berdoa dan tabur bunga ke makam Bupati Blora terdahulu di luar kabupaten Blora. Kegiatan ini juga bertujuan menjalin silaturahmi antara Pemkab Blora dan keluarga Bupati Blora terdahulu," kata Hariyanto.

Dalam kesempatan itu Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Blora Hariyanto, S.IP., M.Si l menyerahkan buku bacaan Tahlil dan Yasin serta oleh-oleh khas Blora.

"Kami juga mohon, supaya Bapak Bupati dan Ibu Wakil Bupati Blora serta kita semua selalu diberikan kesehatan dan keberkahan," ujarnya.

Selain itu, dalam menjalankan tugas diberi hidayah Allah SWT. Dan kabupaten Blora selalu kondusif.

"Sebagaimana tema Hari Jadi ke-273, Sesarengan Bangun Blora Berkelanjutan, agar kedepan lebih maju dan sejahtera," ungkapnya.

Putra-putri almarhum Bupati Blora ke-22, Kolonel Infanteri Purnawirawan Soepadhi Joedodarmo memberi apresiasi kegiatan tahunan menjelang peringatan hari jadi Kabupaten Blora.

Apresiasi disampaikan Herlambang setelah dilaksanakan ziarah dan tabur di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Negara (Semaki) Yogyakarta.

"Pertama, saya sangat bahagia sekali, Pemerintah Kabupaten Blora masih memperhatikan pemimpin yang terdahulu yang pernah menjabat di Blora. Selain itu merasa haru dan bangga sekali," ungkap Herlambang.

Pihaknya berharap tradisi semacam ini kedepannya tetap terus berlangsung, menghargai pemimpin terdahulu.

"Semoga Blora semakin maju dan berjaya. Tentunya itu juga harapan dari Bapak saya ketika menjadi Bupati di Blora, pembangunan tetap terus berjalan, siapapun pemimpinnya nanti," kata Herlambang.

Hal senada disampaikan oleh Wuri Utami, putri Soepadhi Joedodarmo.

“Selamat Hari Jadi Kabupaten Blora yang ke-273, semoga semakin maju dan semakin jaya,” kata Wuri Utami.

Almarhum Bupati Soepadhi Joedodarmo menjabat sebagai Bupati Blora tahun 1973 hingga 1979. Lahir 11 Desember 1923 dan Wafat tanggal 13 Juni 1998.

Doa ziarah dan tabur bunga dilaksanakan dengan khidmat bersama tim tahlil Kemenag Blora.

Setelah ziarah di makam almarhum Bupati Soepadhi Joedodarmo dilanjutkan dengan agenda yang sama, yakni ziarah di makam Bupati Srinardi di TMP Kusuma Bhakti di Surakarta.

Setibanya di gapura TMP Kusuma Bhakti Surakarta, rombongan dari Blora diterima Sri Danujo (Nunung), putra alm. Bupati Blora Srinardi.

Dirinya, mewakili keluarga Srinardi menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemkab Blora.

"Terimakasih atas kunjungan Pemkab Blora. Tentunya ini dalam rangka uri-uri semangat, upaya pemimpin daerah dahulu meningkatkan daerahnya, sosok Srinardi itu kan terkenalnya Daendels nya Blora," ungkapnya.

Sri Danujo berharap mudah-mudahan kegiatan tahunan itu memberikan semangat kepada pimpinan daerah sekarang supaya Blora lebih makmur dengan semangat Sesarengan mBangun Blora Berkelanjutan hingga ke pelosok desa.

Sebelumnya, Selasa (29/11/2022)  dan tabur bunga dilaksanakan dengan khidmat di makam almarhum Bupati Blora Soekardi Hardjoprawiro, MBA, yang menjabat bupati 1989-1999. Makamnya di TPU Salaman Moyo Kec. Semarang Barat.

Ziarah selanjutnya dilakukan ke makam almarhum Bupati Soekirno Sastro Dimejo
di TPU Jangkang Kelurahan Jomblang Kec Candisari, Semarang.

Soekirno menjabat Bupati Blora tahun 1960-1966.
Dari Semarang, kemudian dilanjutkan ziarah dan tabur bunga menuju kabupaten Temanggung.

Yakni ke makam almarhum Bupati H. Soemarno Tjokro Saputro, SH yang menjabat Bupati Blora tahun 1979-1989. (DINKOMINFO BLORA).

    Berita Terbaru

    Umat Katolik Blora Mengenang Sengsara dan Wafat Yesus Kristus Dalam Ibadat Visualisasi Jalan Salib
    29 Maret 2024 Jam 10:04:00

    Umat Katolik Blora mengikuti visualisasi Jalan Salib yang digelar di Gereja Paroki Santo Pius X...

    Bupati Arief Minta Pemprov Jateng Tuntaskan Jalan Provinsi di Blora
    28 Maret 2024 Jam 19:39:00

    Bupati Blora, Arief Rohman, S.IP., M.Si minta Pemprov Jateng untuk tuntaskan pembangunan jalan...

    RAPAT PARIPURNA PENYAMPAIAN LKPJ BUPATI BLORA AKHIR TAHUN ANGGARAN 2023
    28 Maret 2024 Jam 16:31:00

    Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora, Jawa Tenggah menggelar rapat paripurna...