Seni dan Budaya

Sambut Tahun Baru Imlek 2574, TITD Klenteng Hok Tik Bio Blora Bersih-bersih dan Ayak Abu


Yayasan Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Klenteng Hok Tik Bio Blora menyelenggarakan bersih-bersih altar, mengayak abu dan penyucian Kim Sin (Patung Dewa). Tradisi itu dilaksanakan menjelang tahun baru Imlek 2574 yang jatuh pada hari Minggu 22 Januari 2023.

Tradisi itu dilaksanakan secara gotong royong dalam nuansa hari persaudaraan di lingkungan Klenteng setempat, Minggu (15/1/2023).

Abu sisa dupa ini terkumpul setiap tahun atau tidak dibuang, kemudian dibersihkan setiap memasuki tahun baru Imlek. Abu yang berada dalam Yulho diambil dan diayak dengan saringan untuk memisahkan dengan kotoran lain. Biasanya abu tersebut tercampur dengan sisa batang dupa.

"Tidak pernah dibuang abu ini, setiap tahun dibersihkan dan dimasukkan kembali ke Yulho untuk keperluan sembahyang umat," kata Ketua TITD Klenteng Hok Tik Bio Blora, Budilistijo Suboko, Minggu (15/1/2023).

Selain itu juga dilaksanakan penyucian Kim Sin (Patung Dewa) yang ada di Klenteng Hok Tik Bio Blora. WNI keturunan Tionghoa penganut agama Konghucu mempercayai, seminggu sebelum tahun baru Imlek, Dewa Dewi dan Para Suci menghadap ke penguasa langit (Tuhan) dan turun lagi ke dunia pada hari keempat.

Budilistijo Suboko menyebutkan, memandikan rupang (patung) dilakukan setelah roh Dewa-Dewi diyakini pergi ke langit menghadap Tuhan untuk melaporkan amal perbuatan manusia di bumi selama satu tahun.

“Para Suci naik ke langit seminggu sebelum tahun baru, dan turun lagi ke dunia pada hari ke empat, bulan pertama Imlek," ujar Budilistijo Suboko.

Rupang atau patung kemudian dimandikan dengan maksud menyiapkan kembali tempat yang bersih untuk para roh dewa-dewi ketika kembali turun ke bumi.

Perlahan, patung-patung itu kemudian dibasuh dengan air yang sudah dicampur dengan bunga-bungaan, setelah itu diberi pakaian sehingga lebih menawan dan bermakna.

Ia menjelaskan, makna dari ritual penyucian Kim Sin ini adalah membersihkan kembali jiwa dan raga.

"Ini untuk penyucian diri menjelang Tahun Baru Imlek agar saat memasuki tahun baru, jiwa dan raga suci dari berbagai kesalahan dan penyakit hati," ucapnya.

Sementara itu Sekretaris Yayasan TITD Klenteng Hok Tik Bio Blora Bambang Suharto menjelaskan rangkaian acara akan dimulai Minggu, (15/1/2023) yakni bersih- bersih altar dan ngayak abu pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai.

"Kemudian, perayaan tahun baru Imlek 2574 dilaksanakan halaman Klenteng Hok Tik Bio Blora pada Sabtu (21/1/2023) dengan hiburan Atraksi Liong dan Barongsai mulai jam 18.15 WIB," jelas Bambang Suharto.

Berikutnya, Minggu (29/1/2023) dilaksanakan sembahyang King Thi Kong dan ramah tamah bertempat di Klenteng Hok Tik Bio Blora.

"Selanjutnya, hari Minggu, (5/2/2023) diadakan Perayaan Cap Go Meh. Hiburan atraksi Liong dan Barongsai, tempat di halaman Klenteng Hok Tik Bio Blora," terangnya. (Tim Dinkominfo Blora)

    Berita Terbaru

    Tebar Keberkahan Ramadan, PWI dan LazisMU Berbagi Ratusan Bungkus Takjil
    29 Maret 2024 Jam 20:39:00

    Ratusan bungkus takjil dibagikan kepada masyarakat oleh Lembaga Zakat Infaq dan Shadaqah...

    Jurnalis Diajak Bersinergi Jaga Situasi Kamtibmas Agar Tetap Aman dan Kondusif di Blora
    29 Maret 2024 Jam 19:39:00

    Wakapolres Blora Kompol Riwayat Sosiyanto, SH, M. Si, mengajak jurnalis bersinergi untuk menjaga...

    Umat Katolik Blora Mengenang Sengsara dan Wafat Yesus Kristus Dalam Ibadat Visualisasi Jalan Salib
    29 Maret 2024 Jam 10:04:00

    Umat Katolik Blora mengikuti visualisasi Jalan Salib yang digelar di Gereja Paroki Santo Pius X...