Seni dan Budaya

Perayaan Tahun Baru Imlek 2574 di Klenteng Hok Tik Bio Blora Bernuansa Religius dan Pikat Masyarakat


Yayasan Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Klenteng Hok Tik Bio Blora menyelanggarakan sembahyang menyambut tahun baru Imlek 2574 yang jatuh pada hari Minggu 22 Januari 2023.

Sebagian warga Tinghoa keturunan di Blora melakukan sembahyang dan doa bersama dengan penuh khidmat sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa di Klenteng Hok Tik Bio Blora, Sabtu (21/1/2023) petang hingga malam hari.

Ketua Yayasan Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Klenteng Hok Tik Bio Blora Budilistijo Suboko melalui Sekretaris Yayasan TITD Klenteng Hok Tik Bio Blora Bambang Suharto menjelaskan perayaan Imlek tahun ini selain ritual persembahyangan juga dihibur dengan pertunjukan Liang Liong dan Barongsai dari kelompok Naga Mustika Blora.

“Karena ritual ini tentu tidak bisa kita tingggalkan. Kita tetap melakukan ritual sembahyang, terutama pada tahun baru Imlek, adalah hari dimana kita berterimakasih, mengucapkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dan para Sing Te,” ucapnya.

Hal itu, lanjutnya, bahwasanya kita semua telah diberikan kesempatan sampai dengan hari ini menjelang tahun baru Imlek sehingga patut mengucapkan terimakasih dan rasa bersyukur baik, dengan harapan di tahun mendatang akan mendapatkan sesuatu yang lebih baik.

Baik itu kesehatan, rejeki dan lainnya. Itu yang diharapkan lebih baik dari tahun yang kemarin.

“Jadi harapannya, Imlek 2574 ini bisa membawa berkah untuk kita semua. Banyak kendala, persoalan, banyak kejadian-kejadian yang boleh dibilang itu sangat membuat bangsa dan negara kita menjadi susah, mudah-mudahan dari Imlek ini nanti tahun baru, semangat baru, harapan baru, semuanya berjalan dengan baik,” ungkap Bambang Suharto.

Dalam doa, menurutnya, juga memohon supaya pandemi COVID-19 ini benar-benar segera berlalu. Serta berdoa untuk pimpinan bangsa ini semoga dikaruniai kesehatan sehingga masih tetap terus memimpin bangsa ini ke arah kemajuan yang lebih baik.

Pihaknya menambahkan perayaan Imlek tahun ini lebih ramai pengunjung karena sudah tiga tahun tidak menggelar pertunjukan Liang Liong dan Barongsai akibat pandemi COVID-19.

“Tahun ini warga yang datang lebih ramai. Kami smapaikan terimakasih kepada seluruh masyarakat yang sudah datang dan merayakan Imlek 2574,” tambahnya.

Sementara itu Darmawan, Ketua II Yayasan TITD Klenteng Hok Tik Bio Blora menambahkan pada perayaan Imlek kali ini ada beberapa kue yang disajikan seperti lumpia, pisang goreng, kue keranjang goreng.

“Kalau kulinernya tadi soto, kita nikmati bersama,” ucap Darmawan.

Ungkapan senada disampaikan oleh Jimmy dan Vina, pasutri muda WNI keturunan itu berharap di tahun baru Imlek 2574 ini diberikan banyak rejeki, lancar usaha, jauh dari kesusahan dan malapetaka.

“Semoga panjang umur, bahagia, rejekinya tahun lebih lancar. Di tahun kelinci air ini, aku bakal melahirkan anak pertama, semoga sehat,” kata Vina yang lagi mengandung anak pertama.

Sementara itu, pemantauan dan patroli dilaksanakan secara ketat oleh aparat kepolisian Polres Blora dan TNI Kodim 0721/Blora serta Koramil Blora untuk menjaga kondusifitas dan keamanan di sejumlah Klenteng yang ada di Blora.

Gayung bersambut, pertunjukan seni Liang Liong dan Barongsai serta penampilan Ogoh-Ogoh bak magnet yang memikat pengunjung untuk menyaksikan di halaman kelenteng Hok Tik Bio Blora pada perayaan tahun baru Imlek 2023.

Seni tradisional itu ditampilkan oleh dua kelompok, yakni kelompok remaja dan kelompok dewasa baik pria dan perempuan binaan dari kelenteng setempat.

“Kesenian ini cukup menarik, banyak warga yang menyaksikan dan mengapresiasi,” kata Taufiqurrohman, salah seorang peminat seni budaya.

Pertunjukan dimulai sekitar pukul 18.15 WIB setelah beberapa warga Tionghoa keturunan melaksanakan doa dan persembahyangan di kelenteng Hok Tik Bio.

Sesekali anak-anak dan orang dewasa memberikan angpao kepada para pemain barongsai. Beberapa penonton juga merekam gambar dengan kamera gawai dan kamera digital lainnya untuk dokumentasi pribadi atau diunggah ke media sosial.

Sebagimana diinformasikan sebelumnya rangkaian acara menyambut Imlek 2023 dimulai Minggu, (15/1/2023) yakni bersih- bersih altar dan ngayak abu pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai.

Kemudian, perayaan tahun baru Imlek 2574 dilaksanakan halaman Klenteng Hok Tik Bio Blora pada Sabtu (21/1/2023) dengan hiburan atraksi Liang Liong dan Barongsai  mulai jam 18.15 WIB.

Berikutnya, Minggu (29/1/2023) dilaksanakan sembahyang King Thi Kong dan ramah tamah bertempat di Klenteng Hok Tik Bio Blora.

Selanjutnya, hari Minggu, (5/2/2023) diadakan Perayaan Cap Go Meh. Hiburan atraksi Liang Liong dan Barongsai, bertempat di halaman Klenteng Hok Tik Bio Blora. (Dinkominfo Blora).

    Berita Terbaru

    Bupati Arief Minta Pemprov Jateng Tuntaskan Jalan Provinsi di Blora
    28 Maret 2024 Jam 19:39:00

    Bupati Blora, Arief Rohman, S.IP., M.Si minta Pemprov Jateng untuk tuntaskan pembangunan jalan...

    RAPAT PARIPURNA PENYAMPAIAN LKPJ BUPATI BLORA AKHIR TAHUN ANGGARAN 2023
    28 Maret 2024 Jam 16:31:00

    Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora, Jawa Tenggah menggelar rapat paripurna...

    Pemkab Blora Gelar Musrenbang RPJPD 2025-2045 dan RKPD 2025
    28 Maret 2024 Jam 13:39:00

    Pemerintah Kabupaten Blora menggelar Musyawarah Pembangunan Daerah (Musrenbang) Rencana...