Berita Terkini

Bupati Blora Resmikan TPS 3R dan Bank Sampah Tambahrejo


Bupati Blora H. Arif Rohman,S.IP., M.Si menyatakan keberadaan Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, dan Recycle (TPS 3R) di Kelurahan Tambahrejo, Kecamatan Blora diharapkan menjadi percontohan kelurahan lainnya di wilayah setempat.

Hal itu disampaikan Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.I.P., M.Si, Selasa (21/2/2023) pada peresmian gedung tempat keberadaan TPS 3R yang diberi nama “Sami Kagem” dan Bank Sampah “Arto Moro” yang selesai dibangun di akhir 2022.

Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita oleh Bupati Arief itu sempat dilakukan demo pengolahan sampah oleh Ketua Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Tambahrejo, Slamet.

Turut mendampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Forkopimcam Blora Kota, dan Lurah Tambahrejo. Tokoh masyarakat dan seluruh Ketua RT-RW se Kelurahan Tambahrejo juga hadir.

Di sela-sela peresmian, Bupati Arief menyatakan, pihaknya sangat berharap TPS 3R dan Bank Sampah di Kelurahan Tambahrejo bisa dikelola dengan baik. Dengan demikian nantinya dapat menjadi percontohan bagi kelurahan lainnya di wilayah Kecamatan Blora Kota.

“Sesuai namanya, TPS 3R “Sami Kagem” dan Bank Sampah “Arto Moro, tidak sekedar nama. Namun benar benar dilaksanakan, digunakan bersama-sama untuk mengolah sampah sehingga bisa menghasilkan rupiah. Mendatangkan keuntungan bagi masyarakat sekitar,” pesan Bupati.

Meskipun dikelola oleh KSM Tambahrejo, Bupati yang akrab dipanggil Mas Arief itu berharap sampah dari Kelurahan sekitarnya juga bisa diolah disini.

Jika nantinya berhasil dan berjalan dengan baik, maka akan dilaporkan ke Kementerian agar tahun depan program TPS 3R di Tambahrejo bisa diduplikasi ke Kelurahan lainnya. Apalagi Tambahrejo menjadi Kelurahan pertama di Blora yang punya TPS 3R.

Dengan keberadaan Melalui TPS 3R dan Bank Sampah itu diharapkan volume sampah di kabupaten Blora cukup diolah sampai tingkat kelurahan. Sehingga tidak sampai ke TPA dan mengurangi volume sampah di TPA.

“Dikelola masyarakat sendiri. Dipilih dan diolah secara mandiri dengan dampingan DLH. Bisa dijadikan pupuk kompos dijual untuk tanaman hias, diolah jadi biogas, dll. Sampah plastiknya juga bisa didaur ulang menjadi aneka produk bernilai ekonomi,” pesan Bupati.

Sementara itu, Kepala DLH Kabupaten Blora, Istadi Rusmanto, ST., MM., menerangkan, TPS 3R dan Bank Sampah di Tambahrejo ini dibangun pada 2022 dengan anggaran DAK dari Kementerian PUPR.

“Ini merupakan TPS 3R pertama di tingkat Kelurahan. Sebelumnya ada TPS 3R di Dea Purwosari, dan Desa Wado, Kecamatan Kedungtuban. Dengan adanya TPS 3R dan bank Sampah, kami berharap volume sampah di TPA bisa berkurang. Selaras dengan harapan Bupati, cukup diolah di tingkat kelurahan dan bisa memberdayakan masyarakat sekitar untuk berpenghasilan,” ungkap Istadi.

Pihaknya menyatakan siap mengupayakan pendampingan operasional TPS 3R dan Bank Sampah di Kelurahan Tambahrejo ini.

Lurah Tambahrejo, Marthin Ukie Andhana, SE., M.Si., mengucapkan terimakasih kepada Bupati Blora dan DLH yang telah memfasilitasi pembangunan TPS 3R dan Bank Sampah di wilayahnya.

“Maturnuwun Pak Bupati dan DLH, insyaAllah kami siap melaksanakan dan memanfaatkan fasilitas ini untuk mengolah sampah yang dihasilkan masyarakat. Mengubah sampah menjadi berkah. Wilayah kami terdiri dari dua dukuhan yakni Plotot dan Bangking, total ada 784 KK. Sehingga setiap hari aka nada petugas dari KSM keliling mengumpulkan sampah untuk diolah disini,” terangnya.

Dikatakannya ada fasilitas tiga motor yang disiapkan dan dirancang sedemikian rupa untuk mengangkut sampah rumah tangga. Disertai alat pemisah sampah, pengering, pencacah dan sebagainya.

Usai meresmikan, Bupati Arief juga melaksanakan penanaman pohon buah-buahan di sekitar lokasi TPS 3R dan Bank Sampah, diikuti Kepala DLH dan Forkopimcam Blora Kota. Beberapa tanaman yang ditanam adalah bibit pohon Mangga, Alpukat, dan Matoa. (Dinkominfo Blora/Prokompim Blora).

    Berita Terbaru

    Berusia 74 Tahun, RSUD dr. Soetijono Blora Punya 6 Inovasi Layanan Kesehatan
    25 April 2024 Jam 17:47:00

    Bertepatan dengan peringatan ulang tahunnya ke-74, Kamis (25/4/2024), RSUD dr. R. Soetijono...

    Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar PGP, Bupati Blora Minta Guru Semakin Kreatif dan Inovatif
    24 April 2024 Jam 00:58:00

    Bupati Blora H. Arief Rohman secara resmi membuka Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar, Program...

    PENGUMUMAN PENGADAAN CALON DEWAN PENGAWAS PERUMDA AIR MINUM TIRTA AMERTA KABUPATEN BLORA
    23 April 2024 Jam 10:55:00

    Perumda Air Minum Tirta Amerta Kabupaten Blora membuka kesempatan bagi ASN untuk mengisi...