Seni dan Budaya

Serunya Lomba Tongtek di Perumda Kelurahan Kunden


Warga Perumda Kelurahan Kunden Kecamatan Blora Kabupaten Blora, Jawa Tengah menggandeng Ikatan Remaja Masjid (Irma) Masjid Ar Rahman menggelar lomba tongtek penggugah sahur bagi anak dan remaja emaja, Sabtu (15/4/2023) malam.

Lomba tongtek dalam rangka menyemarakkan Ramadan 1444 Hijiriah sekaligus penggugah sahur ini digelar pertama kali setelah Covid-19. Start dan Finish di Masjid Ar Rahman dengan rute keliling perumahan.

Ketua RW IV Kelurahan Kunden Sugiyanto mengatakan lomba ini sejatinya agenda tahunan, namun karena pandemi yang lalu, lantas ditiadakan, dan baru sekarang diadakan lagi.

"Pesertanya bukan dari Kelurahan Kunden, saja, namun ada dari desa Gempolrejo, dan Kelurahan Sonorejo. Tongtek ini tujuanya untuk menggugah sahur," kata Sugiyanto.

Ditambahkan Sugiyanto, lomba ini adalah inisiatif dari remaja Masjid Ar Rahman, dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan.

Kepala Kelurahan Kunden Fiqri Hidayat yang hadir dalam acara tersebut sangat mengapresiasi inisiatif warganya, di bulan suci Ramadan ini.

"Terimakasih kepada pak RW IV, yang telah menggelar kegiatan ini, sebagai bentuk inisiatif warga menyambut bulan suci Ramadan dan Idulfitri," ungkap Fiqri.

Fiqri berharap agar kedepan kegiatan ini lebih meriah lagi, pesertanya lebih banyak lagi, kalau perlu tingkat Kecamatan namun dipusatkan di Kelurahan Kunden.

Tampak peserta antusias dan penonton pun memenuhi halaman masjid. Usai keliling dilanjutkan dengan pembagian hadiah bagi para pemenang lomba.

Tongtek adal alat musik tradisional menyerupai perkusi yang terbuat dari bambu. Cara memainkan dipukul secara ritmis beraturan hingga menghasilkan suara nyaring. (Tim Dinkominfo Blora/Foto : Ist).

    Berita Terbaru

    OJK Selenggarakan Edukasi, Bupati Blora : Pelajar Perlu Waspada Investasi Bodong dan Pinjol Ilegal
    24 Juli 2024 Jam 21:59:00

    Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Jateng - DIY menyelenggarakan edukasi dalam rangka meningkatkan...

    Program TMMD Sengkuyung Tahap III di Desa Bogorejo Resmi Dibuka
    24 Juli 2024 Jam 14:50:00

    Komando Distrik Militer (Kodim) 0721/Blora menggelar upacara pembukaan program TNI Manunggal...

    Gladi Bersih Pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap III 2024 di Desa Bogorejo
    22 Juli 2024 Jam 19:17:00

    Kodim 0721/Blora gelar gladi bersih dalam rangka persiapan pembukaan Upacara TNI Manunggal...