Seni dan Budaya

Jadi Perhatian, Impara Blora Iring Wisudawan UIN Walisongo Semarang dengan Barongan


Ikatan Mahasiswa dan Pelajar Blora (Impara) kembali mengadakan iring-iringan barongan untuk wisudawan Univesitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang yang berasal dari Kabupaten Blora, Rabu (23/8/2023).

Ketua Umum Impara, Raihan Fatkhur Rahman Syah, mengatakan, iring-iringan wisudawan tersebut sebagai bentuk rasa syukur atas diwisudanya putra dan putri daerah Blora.

"Kegiatan tersebut juga sebagai upaya untuk melestarikan kebudayaan Blora, yaitu barongan. Sebagai organisasi daerah, kami sadar bahwa kami mempunyai tugas untuk memperkenalkan budaya barongan Blora ke masyarakat luas," ucapnya.

Raihan mengatakan, semua pemain dari barongan, genderuwo, pujangganong, dan jaranan berasal dari mahasiswa Blora yang tergabung dalam Impara UIN Walisongo Semarang. Sehingga, persiapan untuk iring-iringan wisudawan ini membutuhkan waktu kurang lebih dua minggu.

"Ketika iring-iringan itu sangat ramai dan meriah. Bahkan, barongan yang kami bawakan menjadi pusat perhatian. Tak jarang beberapa orang meminta foto bersama dengan beberapa pemain barongan," imbuhnya.

Salah satu wisudawan asal Kecamatan Kunduran, Silvia Anggita Sari, merasa bangga ketika anak Blora membawakan budaya daerah di kampus tercinta.

"Saya bangga, berkat adek-adek Impara, akhirnya seluruh mahasiswa UIN Walisongo Semarang beserta keluarga besarnya tahu budaya barongan Blora," ucap wisudawan gelar S.Pd itu.

Diketahui, pada periode Agustus, wisudawan UIN Walisongo Semarang yang berasal dari tanah Blora berjumlah 16 orang. Sementara, untuk memenuhi segala perlengkapan dan kelengkapan barongan, Impara dibantu oleh Komunitas perantau Blora atau biasa disebut Kopra. (Tim Dinkominfo Blora)

    Berita Terbaru

    Mendongeng, Metode Belajar yang Diminati Anak
    20 Juni 2024 Jam 18:32:00

    Mendongeng masih menjadi metode belajar yang saat ini masih diminati anak-anak selain program...

    Penyampaian Informasi Kebijakan dan Program Pembangunan Kepada Masyarakat, Dukung Keterbukaan Informasi Publik
    20 Juni 2024 Jam 16:16:00

    Hasil pembangunan maupun kebijakan yang direalisasikan pemerintah, tidak akan diketahui...

    Pemkab Serahkan Buku Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2023 Kepada DPRD Blora
    19 Juni 2024 Jam 23:32:00

    Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora secara resmi menyerahkan Buku Rancangan Peraturan Daerah...