Seni dan Budaya


Pemerintah desa Kamolan Kecamatan/Kabupaten Blora, Jawa Tengah mengadakan karnaval memperingati HUT ke-78 RI di penghujung bulan Agustus 2023, Kamis (31/8/2023) siang.

Kepala Desa Kamolan Majianto mengatakan karnaval keliling desa tahun 2023 itu melibatkan enam Dukuh (Kamolan, Bangeran, Ploso, Kadengan, Dumpul, Gosten Lor) serta sekolahan di wilayah setempat.

“Jadi ini dalam rangka memeriahkan HUT ke-78 RI. Karnaval di Desa Kamolan diikuti 18 peserta daei enam dukuhan,” kata Majianto.

Melalui kegiatan itu, intinya menghormati dan mengingat para pejuang terdahulu merebut kemerdekaan demi bangsa dan tanah air Republik Indonesia.

“Pesan saya untuk anak-anak generasi milenial khususnya generasi muda desa Kamolan saya harapkan dengan memperingati HUT ke-78 RI ini kita tingkatkan kerukunan dan selalu mengingat para leluhur, pejuang kita yang telah berjuang demi kemerdekan RI,” tegasnya.

Melalui kegiatan ini, diharapkan juga tali silaturahmi antar warga kian erat dan terawat. Rute karnaval dimulai dari lapangan Dukuh Dumpul.

Pihaknya mengucapkan terimakasih kepada semua warga Desa Kamolan yang ikut mendukung meramaikan karnaval sehingga tahun depan bisa kembali digelar, semakin meriah dengan aneka tampilan lain.

Dalam karnaval itu, Kades bersama istri mengenakan busana adat Jawa dengan naik andong.

Aneka seni budaya, seperti teatrikal, tari kreasi, marching band serta replika ditampilkan secara berurutan dengan dikawal petugas dari TNI-POLRI dibantu Linmas setempat.

Urutan peserta pawai HUT ke-78 RI di Desa Kamolan yaitu Paskibra dari SMP N 3 Blora-Pemdes Kamolan-BPD- SD N 1 Kamolan-SD N 2 Kamolan - SD N 3 Kamolan-Bina Insan - TK Pertiwi 1 Kamolan - TK Pertiwi 2 Kamolan - Madin Kamolan - Ambulance Bhina Mitra Setya -
SMP N 3 Blora - SMK Muh 1 Blora - Dk. Dumpul-Dk. Kadengan-Dk. Gusten Lor
Dk. Bangeran- Dk. Ploso-Dk. Kamolan-
Ambulance Puskesmas.

"Alhamdulilah, karnaval di Desa Kamolan ini, sangat luar biasa, semua komponen masyarakat terlibat mulai kalangan petani, pemerintahan desa, karang taruna, RT/RW, dan sekolah yang ada, semuanya bahagia, mengikuti acara ini yang digelar setiap setahun sekali," kata Khamid, salah seorang warga Desa Kamolan.

Ungkapan senada disampaikan Imam, warga Kamolan lainnya. Menurutnya karnaval merupakan ungkapan rasa syukur rakyat dalam menyambut hari istimewa. Yaitu hari Kemerdekaan Indonesia, dengan penuh kegembiraan.

Selain itu, karnaval menjadi hiburan bagi masyarakat, sekaligus memberikan semangat untuk mengisi kemerdekaan dan meneruskan perjuangan pahlawan

“Hal tersebut juga bertujuan menumbuhkan semangat mempertahankan kemerdekaan dalam jiwa setiap insan, serta membentuk rasa patriotisme dan cinta terhadap tanah air,” ungkapnya.

Selain itu seluruh rangkaian kegiatan HUT RI ke-78 RI, yang digelar di Desa Kamolan, dapat memberikan dampak bagi kebangkitan ekonomi masyarakat.

“Karnaval budaya juga bisa sebagai ajang mempromosikan potensi yang ada di setiap wilayah Desa, kecamatan bahkan kabupaten," terangnya.

Pelaksanaan karnaval di Desa Kamolan juga disiarkan secara live streaming melalui kanal YouTube Dinkominfo Blora.
(DINKOMINFO BLORA).

    Berita Terbaru

    Mendongeng, Metode Belajar yang Diminati Anak
    20 Juni 2024 Jam 18:32:00

    Mendongeng masih menjadi metode belajar yang saat ini masih diminati anak-anak selain program...

    Penyampaian Informasi Kebijakan dan Program Pembangunan Kepada Masyarakat, Dukung Keterbukaan Informasi Publik
    20 Juni 2024 Jam 16:16:00

    Hasil pembangunan maupun kebijakan yang direalisasikan pemerintah, tidak akan diketahui...

    Pemkab Serahkan Buku Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2023 Kepada DPRD Blora
    19 Juni 2024 Jam 23:32:00

    Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora secara resmi menyerahkan Buku Rancangan Peraturan Daerah...