Seni dan Budaya

Ratusan Peserta Akan Ikuti Festival Layang-Layang Hias Piala Bupati Blora


Ratusan peserta akan mengikuti dan menyemarakkan Festival Layang-Layang Hias Piala Bupati Blora di jalan alternatif yang menghubungkan wilayah Kelurahan Beran, Gabus (Kelurahan Mlangsen) dan Desa Kamolan, Kecamatan Blora, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Minggu (10/9/2023).

Panitia lomba yang sekaligus narahubung, Aji, mengatakan pendaftaran sudah ditutup dengan jumlah pendaftar sebanyak 233 peserta dan tidak dipungut biaya (free pendaftaran).

“Pendaftaran sudah kami tutup, jumlahnya 233 peserta. Nanti persiapan jam 13.00 WIB. Mulai start jam 13.00 WIB hingga jam 17.00 WIB. Itu nanti ada jeda untuk menunaikan salat Ashar,” kata Aji, Kamis (7/9/2023).

Kriteria penilaian, kata Aji, meliputi Layangan Hias (bukan layangan naga), bentuk layangan merepresentasikan Blora dengan keanekaragamannya, bisa diterbangkan dan keindahan warna atau keunikan bentuk layangan.

“Acara ini dalam rangka Hari Olahraga dan meningkatkan kreativitas masyarakat,” ucapnya.

Festival Layang-layang hias itu mengulang sukses yang pernah digelar tiga tahun lalu, Minggu (6/9/2020). Hanya saja, yang menjadi pembeda dan istimewa untuk penyelenggaran tahun 2023 ini direspon dan didukung oleh Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP., M.Si.

“Kami atas nama panitia mengucapkan terimakasih kepada Pak Bupati Blora yang telah mendukung terselenggaranya Festival Layang-Layang Hias. Semoga nanti acaranya berjalan lancar, tertib dan sukses,” tambahnya.

Dikatakannya, ada sejumlah tim juri yang nanti akan melakukan penilaian di lokasi sehingga ditentukan juara sesuai dengan kriteria.

“Para juara nanti akan mendapatkan hadiah berupa piala Bupati Blora dan uang pembinaan, selain itu juga ada dooprize menarik,” jelasnya.

Berdasarkan pengalaman penyelenggaraan sebelumnya, meski cuaca terik, acara spektakuler itu menarik ribuan warga untuk datang menyaksikan. Geliat ekonomi juga berputar dengan bermunculannya para penjual makanan dan minuman di sekitar lokasi. (Dinkominfo Blora).

    Berita Terbaru

    Peduli Lingkungan dan Pengembangan Wisata, Warga Desa Bangowan Bentuk Bank Sampah
    29 Mei 2024 Jam 20:49:00

    Warga Desa Bangowan Kecamatan Jiken mengembangkan Bank Sampah sebagai upaya mengurangi sampah...

    Dinkominfo Blora Gelar Rakor Bersama Admin SP4N-LAPOR! Organisasi Perangkat Daerah
    29 Mei 2024 Jam 15:08:00

    Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Blora menggelar rapat koordinasi bersama...

    Indeks SPBE Meningkat, Bupati Blora : Ayo Sesarengan Bangun SPPBE yang Lebih Baik
    27 Mei 2024 Jam 20:45:00

    Bupati Blora Arief Rohman menghadiri undangan di istana negara dalam rangka mengikuti acara SPBE...