Seni dan Budaya

Festival Layang-Layang Hias Piala Bupati Blora Sukses Digelar, Ini Juaranya


Festival Layang-Layang Hias Piala Bupati Blora sukses digelar di jalan alternatif yang menghubungkan wilayah Kelurahan Beran, Gabus (Kelurahan Mlangsen) dan Desa Kamolan, Kecamatan Blora, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Minggu (10/9/2023) siang.

Cuaca terik membalut adrenalin ratusan peserta yang antusias mengikuti lomba dengan berbagai kresasi dan keunikan. Tidak hanya dari dalam Kabupaten Blora, tapi juga ada peserta yang ikut menyemarakkan event spektakuler itu datang dari luar daerah, seperti Kabupaten Bojonegoro dan Tuban, Jawa Timur serta Kabupaten Grobogan dan lainnya.

Ribuan penonton pun tak peduli panasnya matahari, mereka menyaksikan dan membuat dokumentasi penampilan 235 layangan yang ditampilkan peserta. Tidak terkecuali penjual makanan dan minuman bermunculan memantik perputaran ekonomi.

Acara itu dihadiri langsung Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP., M.Si dan Ketua TP PKK/Ketua Dekranasda Kabupaten Blora Hj. Ainia Sholichah, SH., M.Pd.AUD., M.Pd.BI serta Kepala Kelurahan Mlangsen Evi Kartikasari, SE., MM.

Salah satu panitia lomba, Aji menjelaskan, di ajang Festival Layang-Layang Hias Piala Bupati Blora 2023 itu terbagi dalam 12 kelompok, masing-masing kelompok 20 peserta sesuai nomor undi.

“Jadi dari 235 peserta itu kita bagi dalam 12 kelompok, masing-masing kelompok 20 peserta. Durasi menerbangkan layang-layang, mulai persiapan hingga bisa terbang 15 menit. Semuanya mulai start pukul 13.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB,” jelas Aji.

Aji menambahkan ratusan peserta tidak dipungut biaya (free pendaftaran). Para juara mendapatkan hadiah berupa piagam dari Bupati Blora dan uang pembinaan, selain itu juga ada dooprize menarik.

Festival Layang-layang hias itu mengulang sukses yang pernah digelar tiga tahun lalu, Minggu (6/9/2020). Hanya saja, yang menjadi pembeda dan istimewa untuk penyelenggaran tahun 2023 ini direspon dan didukung oleh Bupati Blora Arief Rohman dan Ketua Dekranasda Kabupaten Blora

“Kami atas nama panitia mengucapkan terimakasih kepada Pak Bupati Blora, Dekranasda Blora dan semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya Festival Layang-Layang Hias, sehingga acaranya berjalan lancar, tertib dan sukses,” tambahnya.

Dari hasil penilaian dewan juri yang terdiri akademisi dan pemerhati layang-layang, diputuskan :

Juara I Nomor Undi 53 dari Kelurahan Tegalgunung dengan menampilkan layang-layang (tiga dimensi) Sate Blora.

Juara II Nomor Undi 12 dari Kelurahan Beran dengan menampilkan layang-layang hias Barongan.

Juura III Nomor Undi 207 dari Kabupaten Tuban, Jawa Timur dengan menampilkan layang-layang berukuruan jumbo Rama Sinta.

Juara Harapan I Nomor Undi 32 dari Kelurahan Mlangsen dengan menampilkan layang-layang (tiga dimensi) Becak.

Juara Harapan II dari Kecamatan Kunduran dengan menampilkan layang-layang hias tokoh wayang Semar.

Juara Harapan III dari Desa Jeruk Kecamatan Randublatung dengan menampilkan layang-layang naga sayap.

Kriteria penilaian, meliputi Layangan Hias (bukan layangan naga), bentuk layangan merepresentasikan Blora dengan keanekaragamannya, bisa diterbangkan, keindahan warna atau keunikan bentuk layangan.

Piagam dan uang pembinaan diserahkan langsung oleh Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP., M.Si dan Ketua TP PKK/Ketua Dekranasda Kabupaten Blora Hj. Ainia Sholichah, SH., M.Pd.AUD., M.Pd.BI kepada para peserta.

Sebelumnya, di sela-sela lomba, Bupati Blora yang akrab disapa Mas Arief menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya acara tersebut.

“Jadi acara ini adalah ide dari Bu Ketua Dekranasda Kabupaten Blora dan teman-teman pemuda. Dan kita umumkan 7 sampai dengan 8 Oktober 2023 akan ada lomba layang-layang lagi, nanti kategori adu putus atau sambitan. Saya ucapkan terimakasih, ini luar biasa,” kata Bupati Blora.

Semoga, harap Bupati Blora, acara tersebut menjadi penggerak ekonomi dan inspirasi seluruh peserta.


“Kita, Insya Allah, akan sering mengadakan event seperti ini. Terimakasih kepada para pendukung dan sponsor serta seluruh panitia yang terlibat. Selamat untuk yang juara, semoga nanti kita bisa bertemu lagi di lain kesempatan,” ucapnya.

Meski hari menuju petang, bupati Blora masih sempat wawancara dengan para juara dan foto bersama.

“Layang-layang Sate ini menunjukan ikon Blora, selamat ya,” ucapnya. (Dinkominfo Blora).






    Berita Terbaru

    Kalaksa BPBD Blora : Pos Komando Tanggap Darurat Bencana 2024 Dilaksanakan Lintas Sektoral
    15 April 2024 Jam 13:43:00

    Pemerintah Kabupaten Blora mendirikan pos komando tanggap darurat bencana banjir, tanah longsor...

    Jelang Lebaran Ketupat 2024, Penjual Janur Kelapa Bermunculan di Pasar Tradisional
    12 April 2024 Jam 12:24:00

    Penjual janur kelapa mulai bermunculan di pasar tradisional Blora, Jawa Tengah menjelang Lebaran...

    Aman dan Lancar, Pengamanan Idulftri 1445 H dan Arus Mudik Polres Blora Diapresiasi Bupati
    11 April 2024 Jam 09:49:00

    Bupati Blora Dr. (Chand) H. Arief Rohman, SIP, M. Si menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan...