Seni dan Budaya

Kirab dan Pagelaran Seni Akan Meriahkan Festival Budaya Pasar Blora 2023


Festival Budaya Pasar Blora  2023 akan digelar Asosiasi Paguyuban Pedagang Pasar Blora bekerja sama dengan Yayasan Purbo Saloka dan Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, di pasar Sido Makmur Blora, Sabtu 16 September 2023.

Ketua Asosiasi Paguyuban Pedagang Pasar Blora Endah Muji Handayani menjelaskan perwakilan pedagang dari masing-masing blok di pasar tradisional Sido Makmur Blora akan ikut menyemarakkan acara tersebut.

“Jadi kita akan menggelar ruwatan atau weton pasar. Itu acara kirab kita. Dari masing-masing Blok di Pasar Sido Makmur sudah masuk datanya. Yaitu, Blok A 50 orang, Blok B 25 orang, Blok C 25-30 orang, Blok D 14-15 orang pedagang. Itu masih bisa tambah pesertanya. Rute kirab, dari eks pasar lama menuju pasar Sido Makmur Blora,” kata Endah, di Blora, Kamis (14/9/2023).

Tujuan diadakannya kirab itu, kata Endah, memohon kepada Tuhan supaya kesejahteraan pedagang lebih baik, pendapatan meningkat, pasar ramai pembeli, lancar, nyaman dan aman.

“Selama pindah pasar ini, saya sendiri merasakan terkesan sepi, mungkin karena tempatnya lebih luas ya. Jadi intinya yang kirab itu acara kita, semoga menjadi berkah bagi kita semua,” ucapnya.

Diperoleh informasi, dalam Festival Budaya Pasar Blora itu ada dua acara, yaitu kirab dari eks pasar lama menuju pasar Sido Makmur Sabtu (16/9/2023) sore dan pageleran Seni Budaya pada malamnya.
Sejumlah sanggar seni di Blora yang dilatih ISI Surakarta akan tampil di acara yang disentralkan di halaman pasar Sido Makmur Blora.

“Ini acara yang sangat menarik, sekaligus mengeksplore pasar Sido Makmur dan seni budaya Blora, semoga berkah dan menjadi daya tarik warga untuk berbelanja,” kata Putra salah satu warga Blora. (Dinkominfo Blora).

    Berita Terbaru

    Peduli Lingkungan dan Pengembangan Wisata, Warga Desa Bangowan Bentuk Bank Sampah
    29 Mei 2024 Jam 20:49:00

    Warga Desa Bangowan Kecamatan Jiken mengembangkan Bank Sampah sebagai upaya mengurangi sampah...

    Dinkominfo Blora Gelar Rakor Bersama Admin SP4N-LAPOR! Organisasi Perangkat Daerah
    29 Mei 2024 Jam 15:08:00

    Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Blora menggelar rapat koordinasi bersama...

    Indeks SPBE Meningkat, Bupati Blora : Ayo Sesarengan Bangun SPPBE yang Lebih Baik
    27 Mei 2024 Jam 20:45:00

    Bupati Blora Arief Rohman menghadiri undangan di istana negara dalam rangka mengikuti acara SPBE...