Seputar Blora

Relawan Gabungan Dikerahkan Bersihkan Sampah Sungai Taman Tirtonadi


Puluhan relawan gabungan Pemerintah Kabupaten dari Bidang Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (SDA-DPUPR), Dinas Lingkungan Hidup (DLH), dan Kelurahan setempat kembali dikerahkan untuk membersihkan sampah di sungai (kali) Grojogan, tepatnya di sepanjang Kawasan Taman Tirtonadi, Kecamatan Blora, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Kamis (14/9/2023).

“Kita terjunkan Relawan dari Bidang SDA-DPUPR, kemudian turut serta juga relawan, dari; Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Kelurahan Mlangsen, dan Kedungjenar” jelas Kepala Bidang SDA DPUPR, Ir. Surat, ST. MT., mewakili Kepala DPUPR Blora, Ir. Samgautama Karnajaya, MT.

Para relawan yang diterjunkan di Kawasan Sungai Tirtonadi mengumpulkan sampah yang berserakan di sepanjang sungai dengan tanggap. Disisi lain sebagian relawan melakukan pembersihan sampah di tepi sungai Grojogan. Aksi ini sebagai bentuk edukasi guna membentuk kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan.

“Kegiatan ini sebagai upaya untuk menyadarkan masyarakat agar menjaga kebersihan lingkungan. Bersama relawan dari SDA DPUPR, DLH, Kelurahan Mlangsen, dan Kelurahan Kedungjenar kita bersihkan sungai Grojogan di kawasan Tirtonadi,” ungksp Surat.

Dikatakannya, banyak langkah telah diupayakan dari DPUPR dan dinas terkait dalam mengedukasi masyarakat terkait kebersihan lingkungan khususnya kebersihan sungai.

“Berbagai macam kegiatan, seperti, sosialisasi, pembinaan, edukasi pengelolaan sampah, upaya mitigasi hilir, pemasangan papan himbauan, dan upaya preventif lainnya telah diupayakan untuk menjaga sungai agar terjaga kebersihannya,” jelasnya.

Kabid SDA-PUPR, Surat berharap kedepannya kegiatan ini tidak berlangsung di sungai Grojogan kawasan Tirtonadi saja, namun berkembang lagi akan beralih tempat menyisir sepanjang anak sungai lusi agar edukasi masyarakat seputar kebersihan sungai semakin meluas. (Dinkominfo Kab. Blora). 






    Berita Terbaru

    Peduli Lingkungan dan Pengembangan Wisata, Warga Desa Bangowan Bentuk Bank Sampah
    29 Mei 2024 Jam 20:49:00

    Warga Desa Bangowan Kecamatan Jiken mengembangkan Bank Sampah sebagai upaya mengurangi sampah...

    Dinkominfo Blora Gelar Rakor Bersama Admin SP4N-LAPOR! Organisasi Perangkat Daerah
    29 Mei 2024 Jam 15:08:00

    Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Blora menggelar rapat koordinasi bersama...

    Indeks SPBE Meningkat, Bupati Blora : Ayo Sesarengan Bangun SPPBE yang Lebih Baik
    27 Mei 2024 Jam 20:45:00

    Bupati Blora Arief Rohman menghadiri undangan di istana negara dalam rangka mengikuti acara SPBE...